07 August 2017

Cara Memasang Speaker Mobil Dengan Tepat

 

Cara memasang speaker mobil yang benar nyatanya sangat berpengaruh terhadap performa audio mobil yang akan dihasilkan. Tak sedikit orang yang berpikir bahwa untuk mendapatkan performa audio secara optimal, mereka harus mengeluarkan kocek mahal demi mendapatkan alat- alat stereo set untuk kendaraan mereka. Harga mahal belum tentu menjamin mutu dan kualitas suara yang dihasilkan. Ada beberapa faktor pendukung yang bisa mempengaruhi tata suara stereo mobil yang Anda miliki. Untuk lebih mengetahui bagaimana cara memasang dan instalasi speaker mobil dengan teknik yang benar, berikut sedikit ulasannya.

Panduan Instalasi Kabel Audio Mobil


Salah satu faktor penting dalam rangkaian cara memasang speaker mobilyang benar adalah dengan memperhatikan pemasangan kabel audio mobil. Jika Anda salah dalam melakukan pemasangan kabel audio mobil ini, kemungkinan storing juga akan makin tinggi. Anda harus memastikan jika ukuran kabel sudah sesuai agar korsleting arus pendek tak terjadi. Kabel yang direkomendasikan untuk kabel kelistrikan dari sumber Acc yaitu yang berukuran minimal 2 AWG. Ukuran kabel akan makin bertambah jika daya yang dibutuhkan juga makin besar. Dalam pemasangan kabel ini, kerapian juga menjadi hal yang sangat penting. Jika Anda menggunakan speaker split, usahakan letak pasive crossover berdekatan dengan jalur kelistrikan. Letakkan pasive crossover tersebut di bawah kursi kendaraan. Meskipun terbilang cukup mahal, tapi usahakan tetap menggunakan kabel RCA yang bermaterial kawat tembaga oksigen.

Instalasi dan mengenal jenis Speaker mobil

Sebelum instalasi, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu jenis speaker yang akan Anda pasang. Kebanyakan pengendara yang menggunakan amplifier, speaker mobil jenis split paling sering digunakan. Speaker jenis ini masuk dala kategori 2 way, dimana ada sepasang tweeter serta crossover pasive yang melengkapinya. Saat instalasi, pilar dashboard kiri dan kanan mobil menjadi tempat untuk tweeter tersebut. Sedangkan tugas dari crossover pasive yaitu membagi jalur ke amplifier. Namun jika Anda menggunakan jenis speaker coaxial, maka tugas Anda akan lebih mudah. Karena untuk memasang speaker ini, Anda hanya perlu mengganti kabel speaker standart. Pemasangannya sendiri biasanya ada di belakang pintu mobil dan sifatnya hanya sebagai pelengkap saja. Ada pula jenis speaker 3 way yang instalasinya lebih rumit jika dibandingkan dengan dua speaker sebelumnya.

Menggunakan power amplfier audio mobil

Jika Anda menggunakan power amplifier, yang perlu Anda perhatikan yaitu kebutuhan daya speaker yang harus sesuai. Fungsi amplifier sendiri yaitu untuk menambahkan daya lebih yang tidak dapat diperoleh dari head unit mobil Anda. Pemilihan amplifier yang sesuai ini sangatlah penting untuk dilakukan. Anda bisa menggunakan amplifier 4 kanal kelas AB atau power monoblok. Jenis ini dikenal lebih praktis dan efisien karena bersifat multi fungsi. Masih ada amplifier 5 kanal yang memiliki fungsi untuk merepro speaker belakang dan depan serta subwoofer.

Menambahkan peredam untuk Kendaraan

Untuk menghilangkan gangguan suara dari luar, Anda bisa menggunakan peredam. Jika Anda mendengar suara dari luar, maka suara audio mobil tidak akan terdengar secara maksimal. Bahkan, jika Anda menggunakan subwoofer, badan mobil dapat bergetar karena hentakan suara bass. Pemasangan peredam ini biasanya terletak pada interior serta pintu kendaraan.

Sekali lagi, cara memasang speaker mobil dengan benar tersebut akan sangat mempengaruhi kualitas dari audio yang akan dihasilkan. Jadi Anda perlu mempelajari cara memasang speaker mobil ini sebelum  mencoba memasang speaker di mobil kesayangan Anda.


No comments:
Write comments