16 August 2017

Cara Mencuci Ricecooker yang Baik dan Aman

 

Cara mencuci ricecooker - Artikel tentang cara membersihkan ricecooker ini saya buat dengan alasan keprihatinan saya terhadap beberapa user ricecooker yang menyerviskan ricecooker kepada saya yaitu rata-rata sebagian besar dari mereka ricecookernya terlihat kotor. Ini mungkin mereka pikir yang penting pancinya saja yang meski dibersihkan. Padahal perangkat pemanasnya pun perlu dibersihkan. Mungkin mereka takut perangkat akan mati jika dibersihkan menggunakan air. karena itulah demi kesehatan dan keselamatan pengguna saya akan membagikan cara tips membersihkan ricecooker dengan cara aman untuk perangkat.

1. Persiapkan alat

Sederhana saja alat yang digunakan untuk membersihkan ricecooker yaitu dua kain lap.
Sikat kecil.

2. Cara kerja

Basahi salah satu lap dengan menggunakan sabun pencuci piring yang sebelumnya sudah dilarutkan dalam air. Kemudian gosok kain ke seluruh bagian ricecooker. Setelah semua sudah di gosok dengan air sabun kemudian dibasuh dengan air sedang atau menggunakan kain yang tidak mengandung sabun untuk membilas.

Untuk membersihkan dalamnya, bisa membuka pada bagian bawah perangkat. Dengan cara membuka buat pengunci terlebih dahulu kemudian congkel pada bagian bawah casing. Jika sudah dapat membuka bagian bawah cuci penutup bawah ricecooker menggunakan air sabun kemudian di basuh. Biasanya penutup bawah adalah bagian terkotor dari ricecooker sehingga menyebabkan Bau-Bau yang tidak sedap.

Mencuci pada bagian bawah panci bisa menggunakan sikat gigi yang telah di lemari dengan air sabun. Biasanya di bawah panci ada piringan bulat bergerigi yang berfungsi sebagai pemasak. Karena bergerigi maka jika hanya di lap saja tidak akan bersih.

Ketika membersihkan bagian dalam mesin, Usahakan air jangan sampai mengendap di dalam sambungan kabel dan juga elemen pemanas. Elemen pemanas menyerupai tembel panci aluminium mengkilat yang menempel melingkar di samping.

Langkah terakhir setelah mencuci semua di pastikan sudah bersih , jangan tutup casing dulu , jemur di bawah terik matahari sampai benar-benar kering sebelum di tutup kembali. Saat menjemur usaha kan pada posisi terbalik.

Sebelum ricecooker digunakan usahakan perangkat sudah benar-benar kering. Jika tidak maka bisa jadi ricecooker akan mati atau bisa nyetrum saat kita menyentuh body ricecooker.

Itulah info mengenai cara mencuci ricecooker  sedikit dari saya. Mudah-mudahan bermanfaat bagi semua. Semoga ricecooker bersih tanpa berbau.

No comments:
Write comments