14 August 2017

Cara Menghilangkan Suara Dengung Speaker Aktif

 

Cara menghilangkan suara dengung speaker aktif - Speaker aktif memang lebih rawan gangguan audio daripada amplifier. Alasannya sangat logis yaitu masalah grounding. Amplifier dan tone control pada speaker aktif tidak terlindung oleh grounding. Berbeda dengan amplifier yang rata-rata menggunakan box besi selain sebagai tempat rakitan box besi berfungsi sebagai grounding atau pelindung dari frekuensi liar.

Baca juga;  panduan cara memperbaiki speaker aktif

Mengenai cara menghilangkan suara dengung pada speaker aktif kita harus mencari apa sih, penyebabnya terlebih dahulu. Berikut kita bahas dari mana asal mula gangguan dengung pada speaker aktif.

#1. Kabel input

Sebelum menginjak ke dalam mesin kita meski meneliti sumber input terlebih dahulu terutama kabel input. Peran utama kabel input adalah menyalurkan sinyal dari sumber input. Kabel yang bagus untuk input audio adalah kabel yang memiliki serabut tembaga yang dilindungi oleh ground. Untuk mengetahui kabel rusak atau tidak yaitu dengan cara menyentuh pada bagian isolator/plastik. Jika pada bagian isolasi disentuh ada dengung maka kabel tersebut buruk sangat rawan terhadap gangguan frekuensi liar dan juga sumber input tidak tersalurkan secara sempurna.

#2. Power Suplai

Penyebab Yang paling sering terjadi pada speaker aktif berdengung adalah  power Suplai, terutama pada speaker aktif yang masih menggunakan trafo konvensional/belum menggunakan rangkaian SPMS. Trafo konvensional lebih rawan mengandung gangguan audio terutama dengung. Hal ini disebabkan oleh lilitan yang kurang baik. Dan juga karena beban berlebihan. Selain trafo yaitu elco dan dioda yang berfungsi sebagai pengubah arus AC ke DC.  Hal yang sering memengaruhi gangguan audio terutama adalah elco. Biasanya elco ini , kering sehingga proses pemfilteran tidak sempurna. Tapi saya pernah mencoba mengganti elco yang lebih besar ukuran dari aslinya malah dengung timbul berlebihan. Mungkin hal tersebut sudah di perhitungan oleh pabrik. Namun tidak semua, kadang elco di ganti lebih besar dari aslinya malah dengung menjadi hilang.

*kejadian aneh pernah waktu itu saya merakit sebuah reverb echo yang mana reverb rakitan sangat rawan sekali berdengung. Aneh nya disini adalah kadang dengung kadang tidak ternyata yang terjadi ketika membalikkan streker di stopkontak. Saat posisi pertama reverb dengung, namun setelah saya membalikkan streker , dengung pada reverb hilang. Mungkin arah lilitan pada trafo sangat berpengaruh pada saat ground dan plus pada jala-jala salah berputar. Itu ogika saya. Mungkin jika menggunakan SPMS lebih baik dari segi minim gangguan psu dari pada menggunakan trafo konvensional. Kejadian ini membuat saya menjadi tau cara menghilangkan dengung pada saat di sound sistem lapangan ternyata terkadang cara ini work tapi kada juga tidak hehehe.  *

#3. Tone Control

Tone control sangat berperan dalam hal gangguan dengung, karena sumber pengolahan audio diproses melalui tone control. Terutama pada bagian potensio. Karena disini audio sering terganggu terutama pada bagian bass. Jika pada speaker aktif anda belum menggroundkan body potensio maka perlu untuk digrounkan terlebih dahulu sebelum menginjak ke bagian lainnya. Dengan cara menghubungkan semua  body potensio dengan ground.

Jika dilihat sekarang ini ada macam bentuk potensio. Menurut saya pribadi yang paling baik sistem ground nya adalah potensio yang digunakan oleh speaker aktif polytron. Karena body potensio terhubung secara langsung dengan ground.

Selain potensio yaitu elco pada filter penyuplay tone control. Biasanya elco ini melambung sehingga menyebabkan pemfilteran arus DC kurang sempurna. Gantian sesuai dengan ukuran elco original. Karena elco tersebut sangat penting.

#4. Blog Amplifier

Sebenarnya pada bagian blog amplifier ada perbedaan terhadap gejala speaker aktif berdengung, Yaitu suara yang di timbulkan.

Jika suara speaker dengung lebih keras dari input atau bahkan hanya dengung keras tidak ada respon pada saat di beri input maka dipastikan blog amplifier yang bermasalah

Jika suara dengung hanya sebatas wajar penyebabnya berarti dari sumber lain.

Penyebab paling sering adalah bocoran arus DC ke output speaker amplifier. Komponen yang rusak atau bocor adalah komponen aktif seperti , transistor dan ic. Bagi yang menggunakan transistor sebagai penguatan akhir yang perlu di teliti lebih intensif adalah transistor final, transistor driver ,dioda bias,.

Sedangkan bagi yang menggunakan IC coba cek terlebih dahulu outpit pada amplifier menggunakan tester DC. Jika terukur ada arus DC maka ganti ic.

Sampai disini dulu ya, cara menghilangkan suara dengung speaker aktif semoga dapat membantu menemukan penyebabnya. Experimen sangat berperan penting dalam elektronika, slamat mencoba!
  
Artikel terkait: cara mengatasi speaker aktif serak

No comments:
Write comments