13 August 2017

Cara Merakit Power Amplifier Sederhana

 

Cara merakit power amplifier ternyata  tak hanya bisa dilakukan oleh orang profesional saja tapi juga Anda.  Dengan modal niat dan sedikit ketelatenan, ternyata Anda juga bisa membuat power amplifier sederhana dengan tangan Anda sendiri. Dengan merakitnya secara mandiri, uang yang Anda keluarkan pun tak akan banyak. Selain itu, apabila suatu saat power tersebut mengalami kerusakan, Anda juga bisa melakukan perbaikan ini dengan mudah. Kali ini, Anda akan belajar merakit power 10watt (power mini). Sebelum mengetahui cara merakit powerampli sederhana dan melakukan proses perakitan, Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang akan digunakan.

Alat dan Bahan Untuk Merakit Power Amplifier 10 Watt



1.      Box; box berfungsi untuk menampung semua rakitan agar terlihat rapi dari luar.
2.      Power Amplifier KIT (sudah jadi); bahan ini bisa Anda dapatkan di toko-toko elektronik. Fungsinya yaitu sebagai penguat gelombang suara agar menjadi besar.
3.      Transformator; yang dibutuhkan yaitu transformator yang memiliki daya hingga 12 volt. Fungsinya yaitu sebagai pengubah tegangan listrik rumahan 220 volt AC menjadi 1-12 volt AC atau ukuran lainnya.
4.      Diode Brigde Kotak (Kiprok) 5 A; fungsinya untuk merubah tegangan AC menjadi DC. Perlu bahan ini karena power amplifier memerlukan tegangan searah (DC).
5.      Elco (kapasitor elektrolit); ini merupakan komponen yang bisa menyetabilkan listrik DC dan menyimpan muatan listrik. Ini akan sangat berguna saat listrik dicabut atau tiba-tiba listrik mati, power tersebut masih bisa menyimpan daya atau masih ada suara walaupun hanya sebentar.
6.      Kabel jack; untuk power mono, Anda hanya perlu kabel dengan 2 strip yang isinya kabel (+) dan (-).
7.      Speaker; Anda bisa menggunakan size 4 atau 6 inci.
8.      Kabel penghubung listrik.
9.      Potensioner; fungsinya untuk mengatur besar atau kcilnya inputan dari sumber musik. Jika dalam power kit sudah ada, maka Anda tak perlu membelinya.

Cara Merakit Power Amplifier Mono

·         Langkah 1: siapkan beberapa alat, seperti solder, timah, gunting dan lain-lain. Sambungkan jack stiker dengan inputan trafo 0-220 volt, lalu output trafo 0 dan 12 volt sambungkan ke kaki kiprok.
·         Langkah 2: sambungkan kedua kaki kiprok lainnya (+) dan (-) ke kaki ELCO (+) dan (-).
·         Langkah 3: sambungkan kabel dari ELCO ke inputnya POWER KIT yang bertuliskan VCC atau tulisan kecil 0-12 v.
·         Langkah 4: pasangkan jack headset ke potensiometer. Selanjutnya masuk ke input, sambungkan out ke speaker Anda.
·         Langkah 5: rangkaian sudah selesai dan Anda tinggal memasukkannya ke dalam box agar terlihat rapi. Setelahnya, Anda tinggal mencoba untuk HP atau PC milik Anda.

Sebagai informasi, cara merakit power ampli ini masih bisa Anda modifikasi karena power ampli yang dirakit diatas bersifat sangat sederhana dan hanya mampu mengeluarkan suara berkapasitas 100 watt. Anda masih bisa menambahkan beberapa item, seperti tone control, kipas pada trafo atau mungkin memperbesar wattnya dengan cara menggunakan trafo dan power yang lebih besar. Selain informasi bagaimana cara merakit power ampli secera sederhana, Anda juga akan memperoleh informasi atau tips bagaimana cara agar ampli buatan Anda tersebut tidak menimbulkan suara dengung. Berikut ada 6 tips yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

1.      Jauhkan rangkaian yang sensitif dari transformator. Beberapa blog bahkan menganjurkan untuk memisahkan antara box transformator dengan box rangkaian ampli.
2.      Ubah posisi transformator dengan mengubah sisi samping menjadi sisi bawah.
3.      Gunakan spacer pada ampli setengah tinggi trafo.
4.      Gunakan kabel antara modul kanan dan kiri dengan sama panjang dan usahakan menggunakan kabel sependek mungkin.
5.      Anda bisa mengganti kapasitas ELCO misalnya 1000uF 12 v ke 4700uF 24 v.
6.      Dan yang terakhir, pastikan sambungan ground tersebut terhubung dengan baik dan benar.

No comments:
Write comments