18 August 2017

Cara Servis TV LG Layar Bermasalah

 

Servis TV LG - Kemarin saya mendapat beberapa servisan tv lg dengan permasalaahan yang berbeda. Namun yang paling saya ingat adalah LG FLATRON 21FC1CG-TH dengan gejala gambar mengecil dan LG29FS4RKE dengan gejala layar bagian bawah kurang penuh atau terpotong sekitar 5cm.

Kedua permasalahan tv tersebut telah saya rangkum menjadi catatan kecil saya di soldiradem blog. Berikut ulasanya.

#1.LG FLATRON 21FC1CG-TH gejala gambar mengecil

Dari segi pengamatan chasis tv lg ini komponen dan solderan masih terlihat baik. Yang menjadi keunggulan TV buatan lg memang solderan slalu terlihat Bagus meski TV sudah berumur sekalipun. Bahakan jarang solderan terlihat retak. Seperti lg flatron ini saat saya aamati tidak ada solderan retak satupun. Bahkan komponen masih terlihat Bagus setelah fcb dibersihkan.

Karena pengamatan tidak ada komponen yang terbakar atau elko yang gembung. setelah melakukan pengukuran ternyata tegangan output  power suplay drop. Terutama pada bagian b+ flyback.

Sempat berpikir bahwa ada komponen yang short di area horizontal karena kebanyakan b+ 115v drop disebabkan oleh transistor horizontal atau flyback, sebab pada waktu saya mencoba mencabut transistor HORIZONTAL tegangan b+ normal.  Setelah saya cek transistor ternyata normal. Ini berarti ada yang short tapi bagian lain, begitu fikir saya. Sempat mengganti flyback ternyata hasilnya masih tetap sama yaitu gambar masih mengecil. Ternyata setelah saya cek lagi out regulator drop semua ini berarti ada masalah pasa bagian signal input regulator bermasalah. Itu artinya permasalah pada bagian optocoupler. Cek komponen resistor pada bagian optocopler smua normal tidak ada yang melar ataupun short. Kemudian  baru memutuskan untuk mengganti ic optocopler.

Alhasil TV menyala normal tegangan normal semua. Ternyata biangnya adalah ic optocopler rusak sehingga menyebabkan tidak bisa merespon perubahan beban B+ berakibat pada input power suplay lemah berimbas pada tampilan layar menyempit.

TV LG FLATRON Menggunakan optocoupler PC 17L1. Pada bagian ac matic menggunakan ic STR W6753. Vertikal LA78040N. Horisontal C 6073. FBT 6174V-8006W = BSC25-NO352 =2R0809Y-23. Ic audio LA42072N . Memori 24C16A MCU 01CTMSA003F LG631 9R.

#2. LG29FS4 gejala menyempit bagian bawah kemudian mati total setelah panas.

Servis TV LG yang kedua ini sedikit agak aneh, namun gejalanya jelas TV hidup namun setelah panas mati meninggalkan jejak menyempitnya layar bagian bawah.

Menangani TV dengan gejala seperti ini butuh kecepatan dalam menentukan ukuran tegangan sebelum TV kembali mati. Naqmun sebelum menuju ke tahap pengukuran tegangan melakukan pengamatan dan resoldering pada bagian solderan yang retak. Namu ternyata keduanya masih baik secara kasap mata.

Setelah melalui tahqp pengamatan dan resoldering kini menginjak ke tahap pengukuran. Kali ini lebih sigap menentukan ukuran tegangan. Karena setelah layar menyempit bagian bawah durasinya sangat sebentar sekitar lima detik kemudian mati total.

Ternyata tegangan saat kumat, penyuplai ic vertikal memang sedikit drop.

Pertama mengganti dioda penyuplai ic vertikal. Tes selama satu jam normal namun setelah digunakan beberapa hari TV kembali rusak dengan gejala yang sama setelah panas mati.

Sampai akhirnya kasus ini rampung tidak kumat lagi sampai sekarang adalah dengan mengganti dioda penyuply ic vertikan dan mengganti ic vertikal TDA4863AJ .

Itulah kedua rangkuman servis tv LG yang soldiradem blog dapat tuliskan untuk pembaca setia. Demikian semoga memberikan info Refrensi servis tv lg layar bermasalah.

Baca juga: Servis tv LG turbo swing mati total

No comments:
Write comments