28 August 2017

Catatan TV Panasonic Protek

 

Catatan tv pasonic protek -  Karena takut lupa saya mencatat beberapa permasalahan pada tv panasonic yang bermasalah standby dan juga protek. Berikut beberapa masalah yang sempat saya alami beberapa tahun belakangan ini. Saya rangkum dalam beberapa bab menurut tipe dan permasalahan serta solusi.

1. Tv panasonic tipeTC21GX21J protek
Gejala awalnya tv ketika dihidupkan lampu merah menjadi hijau. Setelah saya buka ternyata ada aroma komponen terbakar. Pertama yang saya lakukan adalah memeriksa transistor horizontal d2499 dalam keadaan short. Kemudian karena beraroma kas spoel terbakar saya membuka defleksi yoke yang ternyata terbakar pada bagian dalam atau lilitan horizontal. Pantesan saja tr horizontal koslet.

Mengganti yoke dan transistor horizontal dengan hasil tv tv mau menyala sebentar sekitar 5detik kemudian standby lagi. Ini menandakan tv panasonic protek. Namun lampu indikator berbeda dengan awal jika tadi berubah warna namun kali ini malah berkedip-kedip.

Pada tahap pemyelidika pengukuran tegangan ada yang tidak beres pada penyuplay tegangan vertikal an5525 drop. Heatsing juga panas. Kemungkinan ic vertikal mati.

Karena tidak ada gantinya saya menemukan persamaan an5525 yaitu la78045.

Setelah penggantian ic vertikal tv panasonic tersebut tidak protek lagi alias normal. Tegangan Dan suhu juga normal.

Jadi kesimpulanya
Awal gejala standby disebabkan oleh kosletnya defleksi yoke horizontal berimbas pada tr horisontal short, kemudian setelah penggantian defleksi yoke ternyata ic vertikal tidak cocok dengan defleksi yoke sehingga menyebabkan ic vertikal mati berakibat tv panasonik protek.

2. Panasonic Quintrik
Gejala awalnya tv dinyalakan harus nunggu beberapa menit baru mau start. Warna lampu sudah berubah hijau. Bisa dibilang tv ini protek. Saya tidak tau karena tidak ada tanda terbakar komponen. Pin protek tv panasonic pun saya belum tahu. Akhirnya ketemu pada tegangan ic croma yang down sehingga tv lama start. Namun setelah menyala tegangan normal.

Iseng saja, mengganti elco filter out regulator 470 uf. Kemudian reaolder pada area ic vertikal. Ternyata tv panasonic quintrik yang semula protek menyala dengan normal.

Berawal dari iseng hhhh.

3.Kerusakan protek tv Panasonic
Selain protek saya juga menemukan masala gejalanya hampir sama dengan protek namun lampu indikator standby tidak menyala. Ternyata hal ini disebabkan STR W6654 setengah mati. Karena kadang tv menyala normal ,kadang juga mati total setelah hitungan menit.

Itulah beberapa catatan saya mengenai tv panasonik protek. Semoga memberikan refrensi buat rekan semua. Catatan ini bersumber dari pengalaman pribadi yang kebetulan solusinya juga nemu di net. Trimakasih atas kunjunganya.

No comments:
Write komentar