27 August 2017

Kekurangan Dan Kelebihan, Serta Fungsi Dari PLC

 

Keuntungan serta Kemenyesalan PLC.
Dalam industri-industri yang ada kini ini, keberadaan PLC sangat diperlukan terutama untuk menggantikan sistem wiring alias pengkabelan yang sebelumnya tetap dipakai dalam mengendalikan sebuahsistem. Dengan memakai PLC bakal diperoleh tak sedikit keuntungan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Fleksibel 
Pada masa lalu, tiap perangkat elektronik yang tak sama dikendalikan dengan pengendalinya masing-masing. Misal sepuluh mesin membutuhkan sepuluh pengendali, namun saat ini hanya dengan satu PLC kesepuluh mesin tersebut bisa dijalankan dengan programnya masing-masing.

2. Perubahan serta pengkoreksian kesalahan sistem lebih mudah 
Bila salah satu sistem bakal diubah alias dikoreksi maka pengubahannya hanya diperbuat pada program yang tersedia di komputer, dalam waktu yang relatif singkat, seusai itu didownload ke PLC-nya. Apabila tak memakai PLC, umpama relay maka perubahannya diperbuat dengan tutorial merubah pengkabelannya. Tutorial ini pastinya memakan waktu yang lama.

3. Jumlah kontak yang tak sedikit 
Jumlah kontak yang dimiliki oleh PLC pada masing-masing coil lebih tak sedikit daripada kontak yang dimiliki oleh sebuah relay.

4. Harganya lebih terjangkau 
PLC sanggup menyederhanakan tak sedikit pengkabelan dibandingkan dengan sebuah relay. Maka harga dari sebuah PLC lebih terjangkau dibandingkan dengan harga beberapa buah relay yang sanggup meperbuat pengkabelan dengan jumlah yang sama dengan sebuah PLC. PLC mencakup relay, timers, counters, sequencers, serta beberapa manfaat lainnya.

5. Kecepatan operasi 

Kecepatan operasi PLC lebih cepat dibandingkan dengan relay. Kecepatan PLC ditentukan dengan waktu scannya dalam satuan millisecond.

6. Sifatnya tahan uji 
Solid state device lebih tahan uji dibandingkan dengan relay serta timers mekanik alias elektips. PLC adalah solid state device jadi bersifat lebih tahan uji.

7. Menyederhanakan komponen-komponen sistem kontrol 
Dalam PLC juga tersedia counter, relay serta komponen-komponen lainnya, jadi tak membutuhkan komponen-komponen tersebut sebagai tambahan. Pemakaian relay membutuhkan counter, timer ataupun komponen-komponen lainnya sebagai peralatan tambahan.

Selain keuntungan yang telah disebutkan di atas maka ada kemenyesalan yang dimiliki oleh PLC, yaitu:
1. Teknologi yang tetap baru 
Pengubahan sistem kontrol lama yang memakai ladder alias relay ke konsep pc PLC adalah faktor yang susah bagi sebagian orang
2. Kurang baik untuk software program yang tetap 
Beberapa software adalah software dengan satu manfaat. Sedangkan PLC bisa mencakup beberapa manfaat sekaligus. Pada software dengan satu manfaat jarang sekali diperbuat perubahan bahkan tak sama sekali, jadi pemakaian PLC pada software dengan satu manfaat bakal memboroskan (biaya).
3. Pertimbangan lingkungan 
Dalam sebuahpemrosesan, lingkungan entah  mengalami pemanasan yang tinggi, vibrasi yang kontak langsung dengan alat-alat elektronik di dalam PLC serta faktor ini bila terjadi semakin menerus, mengganggu kinerja PLC jadi tak bermanfaat optimal.
4. Operasi dengan rangkaian yang tetap 
Apabila rangkaian pada sebuah operasi tak diubah maka pemakaian PLC lebih mahal dibanding dengan peralatan kontrol lainnya. PLC bakal menjadi lebih manjur bila program pada proses tersebut di-upgrade dengan cara periodik. 
8 keutamaan serta Manfaat PLC
Bagi mahasiswa jurusan elektro terbukti wajar apabila memperlajari PLC, tapi bagaimana dengan jurusan mesin, nyatanya apabila Kamu mengambil jurusan mesin maka Kamu bakal memperoleh materi kuliah serta praktikum PLC, jadi tak menyesal lho kalau mengambil jurusan mesin. Nah anda telah tahu belum mengenai PLC,
mungkin sebagian dari kami tak menyadari kalau di kurang lebihnya memakai sistem PLC. Umpama semacam pada rambu lalu lintas, bel yang berbunyi otomatis alias lampu halaman kurang lebih kamu yang menyala otomatis pada jam tertentu serta tetap tak sedikit lagi software-software dalam pemakaiannya.
Untuk apa sih PLC itu? Manfaat awal dari PLC itu sendiri adalah menggantikan rangkaian sederetan relay yang tak jarang dijumpai pada sistem kontrol proses konvensional. Relay yang dimaksud tadi adalah relay mekanik/elektromekanik. jadi tetap mempunyai tak sedikit kelemahan, diantaranya kontak-kontak yang dipakai mudah aus sebab panas/terbakar alias sebab hubung singkat, jadi membutuhkan anggaran yang lumayan besar saat instalasi, pemeliharaan serta modifikasi dari sistem yang telah dibangun apabila dikemudian hari deibutuhkan modifikasi. Nah argumen mengapa sederetan relay tersebut diganti adalah sebab sistem PLC mengintegrasikan beberapa macam komponen yang berdiri sendiri menjadi sebuahsistem kendali terpadu serta dengan mudah merenovasi tanpa wajib mengganti semua instrumen yang ada.
1. Seusai kami mengenal manfaat dari PLC itu sendiri, ada beberapa keuntungan dari PLC, jadi tak sedikit industri yang lebih memilih dengan memakai PLC.2. Jumlah kabel yang dipakai jauh lebih sedikit, jadi proses perawatan serta pembetulan menjadi lebih mudah serta terjangkau.3. Mengkonsumsi/memakai daya lebih rendah4. Pada manfaat diagnostiknya membolehkan pendeteksian kesalahan yang mudah serta cepat.5. Perubahan serta urutan operasi alias proses/software bisa diperbuat dengan mudah, hanya dengan meperbuat perubahan alias pergantian program, baik melewati terminal konsol alias melewati computer PC.6. Tak memerlukan spare part yang tak sedikit.7. Lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan system konvensional, terutama dalam pemakaian instrument I/O yang lumayan serta manfaat operasional prosesnya lumayan kompleks.8. Ketahanannya jauh lebih baik dibandingkan dengan relay auto-mekanik.

No comments:
Write comments