27 August 2017

Kenapa Pilih Elektronika dan Instrumentasi?

 

Wah, wah kini biasanya anak-anak SMA lagi pada sibuk nyari info perguruan tinggi buat kuliah nih. Kalo gitu gak ada salahnya dong, kalo ane promisiin prodiku sekalian. hehe
Yups, sesuai judul postingannya pembaca tentu telah langsung ngerti kalo ane ingin ngebahas prodi apa. Ayo, siapa yang tahu tunjuk tangan? Kini ane pengen ngebahas kenapa memilih Elektronika serta Instrumentasi sebagai tujuan kuliah anda? 

Sebelumnya udah pada tahu belom, apa itu Elektronika serta Instrumentasi? 
Elektronika serta Instrumentasi = Teknik elektro yah bero? 
Nah loh, tetap ada yang belom tahu ya..Oke, klo belum ane kasih penjelasan singkatnya deh.

Elektronika serta Instrumentasi merupakan salah satu prodi yang ada di Universitas Gadjah Mada. Prodi Eletronika serta Intrumentasi a.k.a Elins tergabung bersama prodi Ilmu Pc dalam Jurusan Ilmu Pc serta Elektronika alias bahasa bagusnya Department of Computer Science and Electronics. Fakultasnya apa bero? Elins itu ada di fakultas MIPA so, mahasiswa Elins merupakan seorang saintis muda, bero! Oh MIPA ya... tentu belajar ilmu murni dong, tentu berkutat dengan fisika serta persoalan kelistipsannya dong om bero? Wah tenang-tenang. Bagi dirimu yang tak terlalu suka dengan ilmu murni, Elins tetap menjadi opsi yang tepat loh... Seorang lulusan Elins bakal dihadapkan pada dua opsi antara ilmu rekayasa (teknik) serta ilmu murni (sains). Bahasa kasarnya "Elins itu teknik yang nyasar ke MIPA", wow kok bisa bero? Up. Sebab, elektronika serta instrumentasi itu dibentuk sebagai 'jembatan' penghubung antara ilmu murni serta ilmu rekayasa, jadi dalam pelaksanaanya lulusannya tak sedikit berkutat dengan persoalan keteknikan tetapi tetap mempunyai daya analisis serta ketelitian seorang ilmuan.

Lalu apa saja argumen kenapa pilih Elins (Elektronika serta Instrumentasi)?

1. Yang suka robot serta sepertinya Elins merupakan Rumah yang tepat loh...
Di Elins itu ada bidang ketertarikan yang sangat luar biasa, yaitu 'Robotika'. Di sini bakal diajarkan bagaimana mentampilan rancang bangun sebuah robot yang berkegunaaan bagi manusia, bagaimana memrogram sebuahrobot, dll. Mau robot tipe apa? Robot darat macam line follower, humanoid robot, hexapod, dll? alias robot air, macam kapal pengintai tanpa awak? alias yang paling bagus (menurut ane) yaitu robot udara macam Quad copter? Hayo, pilih mana?Pokoknya yang pengen jadi 'dokter' robot, elins itu surga deh... Oh iya, kalau anda lumayan pakar dalam bidang ini, anda bisa dipilih jadi anak buah tim robot UGM juga loh...

2. Mau jadi programer handal? elins tempatnya. 
Nah, ini keuntungan lain jadi mahasiswa elins. Sebab tergabung dalam jurusan Ilmu Pc serta Elektronika, so otomatis juga bakal diajarkan tutorial menjadi seorang pakar IT. Bagi anda yang suka programing, alias suka berlogika ria. Kuliah di elins itu paling tepat banget dah buat kalian. Dari programer robot, website, bahkan OS macem linux pun bisa. Kalau pengen mendalami, anda bisa gabung ke KSL (Kelompok Studi Linux) juga loh. KSL ini bahkan telah menciptakan OS linux baru yang diberi nama 'UGOS' (UGM Goes to Open Source).

3. Instrumentasi, Embeded system, miroprosesor serta mikrokontroler? anak elins jagonya
Kalo bicara instrumentasi kayaknya itu telah jadi nyawa elins. Namanya aja Elektronika serta Instrumentasi, tentu berkutat dengan hal-hal berbau instrumen, contoh yang paling kongkrit itu instrument pengukur besaran fisis, macam osilator serta teman-teman. Embeded system? Hmm, kalo ini makin bagus bero... kami bakal diajarkan bagaimana membikin sebuah embedded system (sistem tertanam) misal dalam komputer, mesin atm, dll. Mikroprosesor serta Mikrokotroler juga tak lebih lebih sama, ibaratnya belajar mengenai rancang bangun pc mikro lah. Serta ane jamin, bidang-bidang itu sangat hebat serta asik. Apalagi dengan bimbingan para dosen yang hebat tutorial mengajarnya.

4. Membikin perangkat sensor serta sistem cerdas, boleh serta sangat entah  di elins
Wah, yang ini juga bidang ketertarikan yang ada di elins loh, wah kalo anda punya kreativitas yang tinggi anda bahkan bisa membikin sensor super canggih, macam sensor hantu dll. Becanda? Lah... ini serius loh, bahkan ada dosen elins yang sukses menciptakan sensor hantu berbasis mikrokontroler, bagus bukan? 

5. Fasilitas? Lengkap bero..
Kalo persoalan fasilitas, dijamin dah elins itu lengkap. Dari fasilitas perkuliahan, Laboratorium super komplit, bahkan hebatnya lagi HMEI a.k.a Himpunan Mahasiswa Elektronika serta Instrumentasi punya laboratorium sendiri loh... Di sini mahasiswa-mahasiswa elins menyalurkan kreativitasnya untuk membikin robot maupun penemuan-penemuan canggih baru. 

6. Lapangan kerja yang luas dengan gaji berlimpah
Hmmm, ini sih gak usah ditanya bero... Tahu sendirikan kalo elins itu jembatan antara teknik serta sains? So, anda bisa bekerja di bidang yang ada kaitannya dengan kedua faktor itu. Mau di pertambangan, automasi industri, pabrik elektronik, perusahaan smartphone serta gadgets, programmer, IT, dll. Pokoknya luas deh, persoalan gaji, hmm...insya Allah tentu terjamin lah.... tergantung tipe pekerjaan, kalo pengen bisa penghasilan 60-80 juta perbulan sih ane saranin, lamar kerja ke pertambangan aja gan hehehe.

So, itu berbagai argumen mengapa pilih Elins. Bagi para calon mahasiswa yang suka IT, Programing, alias hal-hal yang berbau teknologi kontemporer, prodi Elins ane rekomendasikan banget untuk anda deh...
wah kuliahnya terlalu sulit bero..?
Lah, kok udah pesimis duluan sih. Selagi dirimu berusaha dengan giat tentu bisa kok. 
Lagian kuliah di Elins emang susak kok.. eh. 
Ya, enggak lah bero. Kalo sulit toh buktinya anak Elins populer paling tak sedikit lulus cume laude tuh. Jadi apa sekarang, tetap mikir kuliah di Elins itu sulit? no way lah...

"Our live is made of choises bro, and Elins is the best choise..." Okeh?! ^,^

No comments:
Write comments