16 August 2017

Mengenal Audio Sound System Rakitan dan Tips Merangkainya

 

Audio sound system rakitan menjadi barang yang mungkin sering Anda jumpai. Dinilai lebih murah, tak sedikit orang yang lebih memilih untuk merakit audio sound system sendiri. Rangkaian elektronika ini memang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Penggunaannya tak hanya sekedar untuk event-event besar saja tapi juga untuk penggunaan rumahan. Namun, tak banyak orang tahu bagaimana merangkai sound system agar menghasilkan suara yang menggelegar. Sebelum merangkai audio sound system tersebut, tentu Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan sound system rakitan dan komponen elektronik apa saja yang akan digunakan dalam proses perakitannya.

Pengertian Audio Sound System Rakitan


Tentu Anda sudah tak asing dengan audio sound system yang biasa dipakai saat ada event – event tertentu baik outdoor atau juga indoor. Sebagian orang mungkin berpikir jika sound system dan komponennya dibuat dirangkai di pabrik secara paten.Namun kenyataannya, anggapan tersebut tak sepenuhnya benar. Sebab ada juga sound system yang dapat dirakit secara mandiri untuk bisa menghasilkan suara yang optimal. Pengertian dari sound system rakitan sendiri yaitu sistem pengeras suara yang disusun agar suara yang dihasilkan sesuai dengan keinginan pengguna sesuai dengan kebutuhan penggunaan sound system itu sendiri.

Berbagai Hal Penting Dalam Merakit Audio Sound System

Dalam proses perakitan audio sound system rakitan, hal yang penting untuk Anda perhatikan yaitu kualitas suara yang akan dihasilkan. Tak jarang saat merakit suatu sound system, Anda menemukan suara dengung. Untuk mengatasinya, hal yang perlu Anda lakukan yaitu memisahkan ground sinyal yang Anda gunakan dengan ground powernya. Selain itu, Anda juga harus memilih power sesuai dengan kebutuhan serta keahlian Anda. Hal ini untuk meminimalisir kebingungan saat Anda mulai merakitnya. Dalam proses perakitan, cacat treble juga mungkin saja bisa terjadi. Jika ini terjadi, Anda harus mengalirkan arus sebesar 50-100 ma dari setiap transistor. Dengan begitu, suara yang timbul akan lebih bagus.


Jika suara terdengar lirih, Anda bisa menggunakan berbagai rangkaian pre-amp sehingga masalah sinyal dapat teratasi. Anda juga bisa memilih pre-amp yang menggunakan IC op-amp sehingga menghasilkan supply +12V-12V. Untuk mendapatkan suara yang mengagumkan, Anda juga harus memperhatikan sinyal outputnya. Trebel juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan saat merakit sound system ini. Jika berlebihan, power amp yang Anda gunakan dapat rusak dengan dengan cepat. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan kapasitor 1nf yang kemudian dimasukkan ke dalam power amp di ground agar sinyal yang Anda peroleh optimal.

Berbagai permasalahan dan hal yang perlu diperhatikan dalam proses merakit audio sound system rakitansudah dijelaskan dan diulas di  atas. Hal tersebut akan sangat berguna bagi Anda yang akan membuat audio sound system rakitansendiri.








No comments:
Write comments