21 August 2017

Servis tv AKARI NEO CLARA IC-21US86CLR Mati Standby

 

Servis tv AKARI NEO CLARA IC-21US86CLR mati standby - Memperbaiki TV standby bisa dibilang agak sulit, karena tegangan asli pada mode standbay sudah berubah. Nah disitu kadang menipu kita saat mengukur tegangan normal. Setiap televisi berbeda-beda. Kadang ada tv ketika standby tegangan masih tetap sama namun ada juga sistem yang menurunkan output power suplay secara terkontrol dari ic jungle/cpu.

Servis tv kali ini saya dapat servisan tv akari neo Clara kata user tv gejala start Lama. Selang beberapa hari TV kemudian mati standby. Mendengar keluhan awal sangat penting untuk melakukan langkah serviz. Maka hal ini kadang sepele tapi sangat penting untuk dilakukan.

Setelah mendengarkan keluhan dari user TV kemudian menuju ke pemeriksaan lebih lanjut.

TV saya buka partnya menggunakan

horizontal C5296
vertikal LA78045
audio AN17823
croma OM8377-B-70AG
FBT BSC25-N0608

Penanganannya

Pertama cek tegangan ic croma,
Karena dalam keadaan standby, pengukuran dilakukan dengan cara memencet power pada remot.Bersamaa dengan itu mengukur tegangan penyuplai IC OM8377-B-70AG normal. Coba mengukur tegangan osilasi horisontal pada out ic croma kaki 33 terukur 3 v saja yang sebenarnya saya tidak tau persis berapa tegangan aslinya. Jika di pahami tegangan tersebut berfungsi sebagai input basis horizontal. Namun ada sedikit perubahan tegangan ketika power di onkan dan sedikit ada suara reaksi dari flyback. Ini berarti TV akari dalam keadaan protek.

Mengingat pengalaman yang telah lalu bahwa protek pada TV ada tegangan yang tidak beres. Iseng saja, saya menangani TV protek ini dengan menggunakan sistim protek pada polytron yaitu terletak pada blog ic vertikal.

Benar saja, setelah saya babat habis elco yang ada di area ic vertikal TV mau nyala normal. Setelah saya cek ada elco yang kering tepatnya c306 ukuran470 uf/35V.

Jadi kesimpulan dari permasalahan TV akari standby terletak pada tegangan 24 v drop penyuplai ic vertikal. Sehingga TV tidak mau start karena terprotek dari ic croma.

Nah itulah yang terjadi pada TV AKARI NEO CLARA standby mati hidup atau protek. Smoga bermanfaat bagi semua.

Baca juga : servis TV polytron kadang mati hidup sendiri

No comments:
Write comments