19 August 2017

Servis Tv Huijia Layar Hanya Hijau polos saja

 

Servis tv huijia dengan gejala layar hanya warna hijau polos saja - dengan gejala seperti itu tv cina memang sangat mudah di tebak apabila sudah berpengalaman dalam servis tv. Yang terjadi pada tv cina sudah berusia diatas 5 tahun biasanya masalah akan timbul terutama pada warna tv. Kadang kerusakan merebut ke bagian lainnya.

Nah kali ini saya sedikit menulis salah satu kerusakan tv cina menggunakan chasiis tv huijia tv ini berusia diatas lima tahun. Sebelumnya tv ini pernah saya servis dengan keluhan warna merah dominan disertai bangking pada layar. Tapi sekarang hanya warna hijau yang nampak di layar tv.

Jika dulu terjadi short salah satu transistor penguat warna kali ini tidak demikian. Setelah saya ukur transistor menggunakan ohm meter semua normal. Tegangan penguat warna terukur sekitar 150 volt ini bisa ditoleransi.
Namun saat mengukur pada masing masing katoda warna,ada kejangggalan pada tegangan salah satu penguat warna yaitu pada bagian Green. Baru kemudian ketemu bahwa resistor pembatas tegangan 180 veolt penyuplay Green melar nilainya. Setelah dilakukan penggantinya tv pun kembali normal.

Sedikit catatan mengenai servis tv cina huijia di layar hanya warna hijau polos terang. Semoga bermanfaat.

Nah kebetulan bersamaan hari yang sama saya mendapat servis tv cina merek GIATEK. Gejala yang timbul adalah ada suara pletek" di area flyback. Saya awalnya mengira bahwa yang bocor adalah badan flyback. Karena suaranya sangat keras. Namun setelah saya buka ternyata masalahnya cop flyback hancur sehingga menimbulkan suara pletek ".

Dengan mengganti cop saja tv GIATEK ini sudah teratasi. Namun sebelumnya saya telah mengukur tegangan b+ normal. Karena salah satu penyebab tegangan flyback bocor disebabkan oleh tegangan B+ 115 v naik.


Tv hui jia layar hijau

No comments:
Write comments