12 August 2017

Servis TV LG Turbo swing Mati Total

 

LG Turbo swing mati total berbunyi ngik"
Servis tv LG - kali ini saya mendapatkan job servis panggilan melalui chatting BBM untuk memperbaiki TV. Gejala yang ditulis di chatt kata user, TV awalnya normal namun beberapa saat kemudian tv mati disertai bunyi sedikit ledakan dan bau komponen terbakar. Akhirnya tv lg turbo swing tersebut mati total di sertai bunyi ngik-ngik terus menerus.

Dugaan awal yang saya prediksi tv lg tersebut ada komponen yang korslet sehingga power suplay berbunyi ngik" secara terus menerus. Dulu pernah mengalami hal yang sama pada saat servis tv lg horizontal jebol terus. Gejala yang ditimbulkan pun sama persis yaitu tv mati total berbunyi ngik" secara terus menerus.

Setelah saya tiba di tkp, tv langsung saya buka. Hal pertama pada saat menangani tv, yaitu membersihkan mobo. Kemudian melakukan pengamatan. Terbesit di fikiran saya untuk mengecek transistor horizontal. Ternyata transistor masih normal. Saya curiga pada capacitor resonan, namun masih normal juga. Apanya ya?

Awalnya saya tidak melihat komponen yang terbakar, yang ternyata saya tertipu oleh kamuflase capasitor c 417 yang ternyata telah hangus terbakar. C ini menghubungkan antara basis dan collector transistor horizontal. Setelah saya copot dari fcb, kemudian saya cek menggunakan ohm meter. Hasilnya capasitor ini hubung singkat antar kaki tanpa ada hambatan sedikitpun.

Sempat kebingungan, karena capasitor C417 pada tv lg ini sudah benar-benar hangus dan hancur. Sehingga kesulitan menemukan ukuran berapa C417 ini.

Berfikir lama sambil resolder pada solderan yang retak-retak. Saya menemukan sebuah inisiatif untuk mengamati rangkaian di area horizontal pada casis TV Cina. Disitu saya menemukan bahwa antara basis dan collector tidak ada penghubung berupa capasitor. Oleh karena itu saya memberanikan diri untuk menyalakan TV meski tanpa mengganti c417.

Dengan penuh was-was, TV saya nyalakan sambil tangan standby di striker untuk jaga-jaga agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Alhasil pada saat menyala saya sempat kaget karena suara flyback, namun ternyata TV hidup normal. Wow. Namun Yang jadi pertanyaan apakah Tanpa c417 ini horizontal awet? Setelah beberapa saat TV saya matikan dan meraba pada heatsing transistor horizontal yang ternya panas normal.

Berakhirlah sudah servis TV lg turbo swing ukuran 21 inci dengan gejala TV mati total namun terdengar suara ngik-ngik secara terus menerus. Yang ternyata hanya mencopot c417 tanpa mengganti TV lg bisa hidup normal.

No comments:
Write comments