01 August 2017

Servis TV SHARP Aneh Kadang Mati Sendiri

 

Servis tv sharp kadang mati sendiri - Saat servis tv berbagai macam keluhan sering kita temui. Permasalahan baru terus bermunculan. Nah kali ini terjadi pada tv sharp ukuran 21 inci dengan keluhan mati sendiri, lampu indikator pun tidak menyala alias mati total.

Artikel terkait: Servis Tv polytron kadang mati dan hidup sendri

Pada awalnya tv ini terdapat beberapa keluhan berupa:
mati sendiri ketika, level volume keras, hidup dengan brighnes dan contras tinggi.

Namun anehnya TV kadang normal beberapa jam jika sudah panas dan minimal sudah mati lima kali tv mulai tidak mati. Anehnya lagi, tv harus di putus arus, dari jala-jala listrik baru mau menyala.

Sebelum membuka saya prediksi, bahwa ini adalah perbuatan str regurkator setengah mati. Atau bagian regulator ada yang tidak beres. Dilihat dari tanda-tanda gejala mati total tidak ada bunyi apapun dari dalam tv. Itu yang membuat percaya diri hehe,.

Beberapa saat kemudian setelah saya buka, langsung saya menuju elco regulator filter 300 volt. Ternyata elco ini menyimpan muatan. Dan kaget, doooooorrrrr "!" bunyi sisa muatan elco. Ini tandanya bahwa ic STR tidak bekerja atau rusak bisa jadi.

Artikel terkait: cara membuang sisa tegangan tinggi di mesin tv

Tv sharp yang saya servis ini menggunakan STR W6754 yang memang kebetulan sekali saya lagi ada stok sisa kemaren.  Langsung tak ganti. Cek beberapa jam kok gak mati?  Wah jangan-jangan prediksi saya memang benar. Yess"!

Kesimpulan :⭕

Servis tv sharp kadang mati sendiri di sebabkan oleh ic STR W6754 setengah mati, kadang kerja kadang juga gak kerja, namun kadang normal. Di balik setengah mati nya ic str terdapat indikasi lain jika gejala berbeda, misalnya ic str tidak bekerja sama sekali bisa jadi di sebakan oleh komponen pendukung. Saat itu saya juga pernah ngalami ternyata hanya soderanya yang retak.

So, bagi anda yang sedang servis gejalanya sama, namun sekali lagi saya menegaskan bahwa gejala boleh sama namun penangananya bisa jadi berbeda. Oleh karena itu artikel ini hanya sebagai refrensi saja.

Demikian trimakasih...


No comments:
Write komentar