18 August 2017

Servis TV Suara Ada Gambar Tidak ada

 

Suaranya tv ada gambar tidak ada -Berbagai hal menarik yang sering terjadi pada masalah televisi. Permasqlahan yang paling sering menyita perhatian orang awam adalah masalah tv suara ada namun gambar tidak ada. Mereka menganggap bahwa tv tersebut mati tabungnya. Namun sebagai teknisi hal tersebut belum tentu tabungnya. Sebelum memeriksa tegangan lebih lanjut.

Kali ini saya akan menuliskan teknik yang sering saya lakukan setiap ada kerusakan televisi suara ada gambar tidak ada.

Sebelum menuju ke bagian lebih lanjut pertama yang harus dipahami adalah penyebabnya. Penyebab kerusakan tidak ada gambar mengindikasikan beberapa blog yang bermasalah. Penyebab paling sering terjadi pada bagian blog antara flyback, b+, area horizontal, blog vertikal, tegangan CRT, ic cpu. Untuk mengetahui penyebabnya, berikut uraian dari masing masing blog yang bermasalah:

*A. Blog area b+115 V
Jika yang bermasalah pada bagian b+115 volt, ini ditandai dengan 'saat kita memutar screen ke arah maksimum terkadang TV protek. Namun ada juga meski scren sudah maksimal namun tetap gelap.
*B. Blog horizontal
Masalah pada bagian horizontal biasanya gejalanya sama namun setelah screen di stel maksimum ada garis melintang dari atas ke bawah.
*C. Flyback
Untuk bagian flyback masih berkaitan dengan blog *A dan *B. Sebelum memastikan atau menuju ke flyback pastikan *A dan*B sudah dipastikan normal. Tanda bahwa kerusakan gambar tidak ada berasal dari flyback yang rusak yaitu, ketika diputar scren sudah maksimal heater tidak menyala. Dengan catatan bahwa sudah mengecek heater tidak putus. Dan juga resistor pembatas heater tidak molor atau putus.
*D. Blog tegangan video 180V
Ketika pada bagian bermaslkah biasanya juga menimbulkan gambar hilang. Hal ini masih berkaitan dengan tegangan dari flyback. Ketika tegangan video drop maka layar akan bermasalah. Namun kembali lagi pada tegangan dari flyback terlebih dahulu..
*E. Blog Vertikal
Ketika scren di atur maksimal maka dilayar akan nampak garis tipis arah horisontal.
*F. CRT mati
Tanda paling menonjol pada CRT mati adalah heater putus saat di ukur menggunakan ohm meter. Dan yang menjadi tanda kerusakan crt selanjutnya adalah heater saat diukur menggunakan ohm meter mempunyai resistensi melebihi CRT normal, namun hal tersebut menjadi kasus berbeda kadang gambar ada namun agak gelap.
Kemudian setelah mengetahui blog yang harus di curigai berikut cara servis TV ada suara gambar tidak ada.
1. Bersihkan mesin TV dari debu yang menempel pada spart part.
2. Amati solderan dan komponen, jika ada yang mencurigakan langsung di tangani. Untuk mengamati komponen usahakan agar mengamati pada bagian blog penyebab yang telah saya sebutkan di atas.
3. Langkah selanjutnya setelah melakukan pengamatan sekarang menginjak pada pengukuran tegangan. Namun  sebelumnya pastikan heater dalam keadaan baik sebelum menginjak pada tegangan. Karena percumah, kita sudah muter-muter cek tegangan jika heater putus. Dan pastikan bahwa soket crt tidak berkarat jika perlu diganti terlebih dahulu. Siapa tahu hanya soketnya saja yang bermasalah.
Langkah pertama putar screen yang ada di flyback sedikit, klo ada sinar satu garis memanjang arah horizontal ini menandakan kerusakan pada rangkaian vertical. Apabila garis arah vertikal periksa blog horizontal.
periksa teg grid 1 klo 0 volt coba ganti cap 102 /1,5 kv yang ke ground biasanya hilangnya tegangan G1 disebabkan kapasitor tersebut short.
periksa rangkaian ABL jika tegangan tidak ada bisa jadi ic CPU mati.
Periksa tegangan outpu regulator b+115volt biasanya elco kering meski kadang dari segi pengamatan elco terlihat normal.
Cek tegangan video 180V dari flyback biasanya di filter elco 10-22uf/250VDC. Kebanyakan kasus gambar gelap disebabkan oleh keringnya elco memfilter tersebut.
Sebenarnya masalah ini sangat mudah di tangani asalkan tau dari mana penyebab utama kerusakan hehehe. Jadi permasalahan yang terjadi pada TV terkadang masalah sama namun penanganan dan kerusakan berbeda. Apalagi masalahnya TV suara ada gambar tidak ada. Ini menandakan beberapa blog yang belum tentu pasti blog mana yg bermasalah.
Demikian semoga memberikan refrensi bagi rekan semuanya. Trims!!

No comments:
Write comments