18 September 2017

Cara Kerja Kabel Remote pada Power Audio Mobil dan Fungsinya

 

Kabel remote pada power audio mobilmemiliki kegunaan yang cukup fungsional meskipun tidak banyak orang yang mengetahuinya secara persis. Jika kita membeli tape mobil yang baru, atau yang lebih spesifik, tape yang dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti dvd, radio, input aux ataupun input usb, di belakang tape tersebut biasanya ada kabel yang berlabel remote yang seringkali berwarna biru. Nah, kabel itulah yang disebut dengan kabel rem atau kabel remote.

Fungsi dan Letak

 

Fungsi utama dari kabel remote pada power audio mobil ini sebenarnya adalah untuk melakukan remote atau menghidupkan perangkat lain secara bersamaan hidupnya tape yang antara lain antena atau power amplifier. Sedangkan untuk fungsi per bagian :

- B+ berfungsi untuk Stand by positif langsung dari terminal positif aki
- GND berfungsi sebagai ground yang terhubung kabel ke body mobil.
- Remote berfungsi untuk menghidupkan power itu. Selain itu untuk menghidupkan inverter yang ada di dalam power serta memenuhi kebutuhan power yang menggunakan OCL atau Output Capacitor Less.

Kabel remote yang terdapat pada power audio di sebuah mobil ini sendiri biasanya terletak di samping bagasi ataupun samping kap mobil atau spark board. Untuk remote antena biasanya bisa ditemukan di temukan pada mobil sedan ketika radio hidup antena yang letaknya di samping bagasi atau di dekat spion naik. Sedangkan untuk remote amplifier, kabel remote tersebut dihubungkan dengan terminal power supply di power yang terletak di tengah.

Cara Kerja

 

Cara kerja kabel remote pada power audio mobil yang terdapat pada tape ini menggunakan arus listrik yang terbatas dan hanya mengijinkan arus listrik untuk mengalir melewati kabel ini dengan besaran maksimal 0,1 A atau 100 mA sampai 0,3 A. Jika kabel remote ini mengalami kerusakan ataupun tidak menyalurkan arus listik maka power antena atau power amplifier tidak dapat di hidupkan ketika radio tape hidup.

Namun jika arus listrik tersebut hilang dari kabel rem atau kabel rem ini tidak menyalurkan tegangan ketika tape dalam kondisi nyala, maka power amplifier tape mobil ini masih dapat di hidupkan dengan cara mengambil arus listrik acc dari kunci kontak serta menyambung kabel dari acc kunci kontak secara langsung tanpa perantara ke arah terminal rem yang ada pada power amplifier.

Sehingga, power amplifier akan menyala tepat pada saat kunci kontak di posisi acc, terlepas dari kondisi tape mobil tersebut yang sedang di hidupkan maupun di matikan. Sebagai catatan, cara ini hanya bisa dilakukan jika kabel remote pada power audio mobil rusak atau tidak menyalurkan arus listrik yang cukup untuk digunakan untuk melakukan remote pada amplifier.

Ada cara lain yang bisa digunakan untuk menghidupkan ampli atau untuk sekedar melakukan tes pada ampli mobil, yaitu dengan cara menggabungkan terminal B+ dan rem. Ini hanya untuk melakukan tes saja, karena jika di sambung terus di antara terminal B+ dan termial rem tentu akan menghabiskan setrum dari aki tersebut di saat mobil dalam kondisi tidak hidup.

Demikian beberapa penjelasan terkait kabel remote pada power audio mobil. Harapannya dengan artikel ini anda lebih memahami pengertian, fungsi, letak serta cara kerja dari kabel remote yang terdapat pada power audi mobil dan mampu menggunakannya dengan baik.

No comments:
Write comments