09 September 2017

Cara Memasang Audio Mobil Dengan Benar

 


Cara memasang audio mobil sebenarnya tidaklah rumit bahkan bisa dibilang cukup mudah meskipun hal ini ditujukan untuk pemula yang sama sekali tidak memahami tentang seluk beluk dunia mobil maupun dunia elektronik. Jika kita mengetahui langkah-langkah yang diperlukan untuk memasang audio mobil dengan cara yang paling simpel, tentu pekerjaan memasang audio mobil ini menjadi pekerjaan yang cukup mudah. 

Hal yang perlu anda ketahui untuk bisa memasang audio mobil hanyalah sedikit saja pengetahuan tentang kelistrikan mobil. Power amplifier yang sudah disiapkan harus terhubung ke head unit yang sudah berada di posisinya melalui jalur terminal RCA. 

Maka dari itu, sebelum Head Unit dipasangkan ke tempat yang seharusnya, anda harus melepaskan frame dashboard yang berada di mobil terlebih dahulu.

Setelah head unit yang disebut diatas tadi sudah dilepaskan, pilih kabel yang memiliki warna biru untuk melakukan kontrol audio remote. Fungsi dari remote kabel audio ini sendiri adalah menon-aktifkan amplifier ketika Head Unit tersebut dimatikan. Periksa juga pre out audio dari Head Unit untuk dihubungkan dengan amplifier lewat terminal input. Biasanya power amplifier itu sendiri terletak di kolong kursi mobil ataupun biasanya juga diletakkan di bagasi mobil.

Pemasangan amplifier audio mobil

 


Cara memasang audio mobil tahap berikutnya adalah memasang amplifier audio mobil. Tentukan dimana power amplifier akan diletakkan ; apakah dibawah kursi kendaraan ataupun akan diletakkan di dalam bagasi. Rekomendasinya adalah di letakkan di bawah kursi jika bawah kursi pengemudi di mobil anda cukup lapang. Hal ini berguna untuk menghemat pemakaian kabel listrik dibanding jika amplifier diletakkan di dalam bagasi. Hal ini berfungsi juga untuk memangkas jarak kabel sehingga kabel yang dibutuhkan lebih pendek.

Kemudian, jalankan kabel plus dari accu ke arah amplifier. Hubungkan kabel ground body chasis dan baut dengan menggunakan rigit. Namun sebelumnya chasis body mobil di amplas terlebih dahulu supaya terhindar dari karat. Hubungkan remote audio kabel head unit dengan power amplifier. Jika tahap ini sudah dilakukan, maka selesai sudah proses pemasangan kelistrikan pada mobil.


Selanjutnya, hubungkan kabel RCA pre out audio dari head unit ke arah amplifier dan tarik kabel tersebut kemudian selipkan ke dalam karpet mobil. Usahakan sebisa mungkin untuk menjauhkan kabel tersebut dengan kabel positif untuk menhindari storing karena kabel RCA sangat rentan dengan induksi gelombang induksi. Head Unit biasanya memiliki jalur RCA front dan rear front untuk speaker depan dan juga rear untuk subwoofer. Jangan lupakan untuk melakukan koneksi ke kabel remote head unit dengan amplifier. Hal ini berfungsi untuk membuat amplifier juga akan off jika anda mematikan head unit. Biasanya pada kabel starndar yang terdapat pada head unit berwarna biru adalah kabel remote amplifier. Meskipun begitu, hal ini bukan sebuah hal yang mutlak karena tiap head unit warna kabelnya ada yang berbeda.

Pemasangan speaker mobil


Jika anda menggunakan speaker dengan jenis split, tentukan tempat untuk meletakkan pasif crossover. Idealnya di bawah jok mobil untuk memudahkan pemasangan kabel speaker. Hubungkan kabel midrange ke crossover kabel tweeter serta kabel input untuk kemudian dikoneksikan dengan power ampli. Lalu kemudian koneksikan kabel speaker dengan amplifier pada jalur terminal front amplifier. 

 


Sedangkan jika anda menggunakan subwoofer, tarik kabel subwoofer tersebut untuk kemudian di hubungkan ke amplifier lewat terminal rear amplifier. Letakkan box subwoofer itu pada bagasi mobil, jika menggunakan subwoofer komponen. Namun jika anda menggunakan slim subwoofer yang aktif, sebaiknya ditaruh di kolong jok mobil pengemudi. Hal ini untuk menciptakan nada rendah untuk berada di depan pendengar.

Pemasangan head unit


Sebelum head unit dipasang, lepaskan dulu frame dashboard menggunakan bahan pembuka yang terbuat dari bahan plastik. Lalu lepaskan head unit menggunakan obeng dan kemudian cabut soket kabel head unit tersebut. Hubungkan kabel font speaker yang berwarna putih dan putih strip hitam ke crossover pasif. Hubungkan juga kabel kuning ke accu, kabel merah ke acc, kabel biru ke remote ampli dan kabel hitam ke kutub negatif.

 


Setelah itu, cara memasang audio mobil selanjutnya adalah menjalankan kabel RCA front dan rear pada head unit tersebut lalu koneksikan ke amplifier. Bungkus semua kabel dengan solatip hitam kemudian jepit dengan insulox agar terlihat rapi. Lalu pasang kembali head unit tersebut.



Demikian cara memasang audio mobil yang bisa anda lakukan dengan mudah. Perlu diperhatikan dalam pemasangan ini untuk berhati-hati dan perhatikan panduan yang ada supaya pemasangan bisa benar sesuai dengan yang diharapkan.

No comments:
Write comments