15 September 2017

Cara Membuat Speaker Aktif Mini Dengan Mudah

 

Cara membuat speaker aktif mini memang sebenarnya jauh lebih mudah dibandingkan jika kita membuat speaker aktif untuk ukurang yang tidak mini atau untuk ukuran yang lebih besar. Selain lebih mudah, kita juga bisa menghemat banyak biaya jika kita merakir speakir aktif ini dalam ukuran yang kecil. Ya, hal ini dikarenakan akan ada beberapa komponen yang bisa kita tiadakan dan hanya merakir komponen-komponen yang memang diperlukan secara langsung dan fungsional terhadap apa yang akan kita buat.

Konsep Dasar

 

Rangkaian speaker aktif ini sendiri sebenarnya memiliki fungsi utama untuk menguatkan sinyal audio yang berasal dari perangkat elektronik seperti laptop, MP3 player ataupun smartphone yang memiliki daya output yang rendah. Mesipun rangkaian speaker aktif ini memiliki daya output yang rendah, namun jangan salah bahwa sinyal audio yang dihasilkan dari rangkaian ini cukup keras dengan kualitas yang tidak kalah dengan yang dimiliki oleh perangkat dengan daya output yang tinggi.

Dalam pelaksanannya, kita menggunakan port USB 5V DC sebagai sumber utama tegangan dari speaker sederhana ini. Hal ini akan membuat mobilitas dari rangkaian speaker aktif tersebut menjadi jauh lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan baterai 6V ataupun dengan menggunakan baterai 9V. Karena meski penggunaan baterai tersebut sangat memungkinkan, tetapi rangkaian speaker aktif ini tidak akan bertahan terlalu lama mengingat baterai memiliki kapasitas yang sangat terbatas. Dan tingkat konsumsi baterai ini sendiri akan jauh lebih boros jika amplifier dipaksa bekerja secara maksimum.

Bahan

Cara membuat speaker aktif mini kali ini menggunakan jenis rangkaian speaker dengan satu kanal (mono) saja. Jika anda ingin membuat rangkaian yang stereo, maka rangkaian harus dibuat dua. Meskipun begitu, bahan-bahan yang digunakan tetaplah sama, hanya harus dibuat dua kali saja. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam pembuatan rangkaian speaker aktif satu kanal :

- IC LM396
- Socket IC yang memiliki 8 pin. Namun hal ini bersifat opsional.
- Jack audio sebesar 3,5 mm
- Speaker kecil sebesar 8 ohm atau 1 watt
- Resistor dengan besar 10 ohm
- Potensiometer 10 K
- PCB Matriks

Cara Merakit

Cara membuat speaker aktif mini ini kita mulai dengan mempelajari skema rangkaian speaker aktif yang paling sederhana. Skema ini bisa banyak ditemukan di situs mesin pencari. Anda hanya perlu mencari yang paling sederhana. Kemudian berikutnya adalah merakitnya di dalam satu kemasan yang pada akhirnya nanti rangkaian tersebut akan menjadi kesatuan antara amplifier dan amplifier di dalam satu wadah yang sama. Itulah perbedaan yang secara sederhana bisa dijelaskan terkait rangkaian amplifier biasa dengan rangkaian speaker aktif.    

 
      
Anda bisa mengambil kabel bekas mouse yang sudah rusak untuk menjadi catu daya speaker aktif, karena disini kita menggunakan tegangan dari USB. Perlu dipahami bahwa di dalam kabel USB ada 4 jalur kabel yang punya 4 warna. Namun dalam hal ini, kita hanya menggunakan dua warna, yaitu warna merah sebagai VCC + 5V dan warna hitam sebagai GND.

Di bagian input, pakai jack audi 3,5 mm stereo. Dari 4 kabel, pada bagian ground disatukan saja sehingga hanya ada kanal kiri, kanal kanan serta ground.

Demikian cara membuat speaker aktif mini yang bisa anda lakukan di rumah. Perhatikan panduan yang ada dalam pelaksanaan perakitan agar perakitan berjalan lancar serta kendala yang ada dapat teratasi dengan baik.

No comments:
Write comments