12 September 2017

Cara merakit speaker aktif secara mudah dan cepat

 

Cara merakit speaker aktif secara mudah memang lebih gampang untuk dilakukan. Selain dengan mudah, kita juga bisa merakit speaker aktif dengan biaya yang minim. Hal ini bisa dilakukan jika kita menghilangkan beberapa fitur dari speaker aktif yang tidak diperlukan, sehingga biaya yang kita keluarkan jadi lebih bisa ditekan.

 

Bahan yang dibutuhkan


- Kit Power Amplifier Stereo Speaker aktif yang biasanya OCL150 watt stereo

- Trafo sebesar 5 Ampere

- Kiprox

- Elco 6800 uf/50V

- Kabel dengan serabut tunggal

- Kabel skerm

- Box speaker lengkap

- Speaker 10 atau 12 inc

- Kabel steker

- Baut

- Saklar on/off

- Audio Input dan Output panel

- Sekring

Alat penunjang


- Multitester atau avometer

- Obeng

- Tang potong

- Palu atau martil

- Bor

- Pinset

- Solder dan timah

- Gunting

- Lem bakar

- Peralatan lain yang sekiranya akan dibutuhkan

Langkah perakitan


- Membuat power supply. 

 

Power supply sendiri merupakan rangkaian yang sangat vital serta dibutuhkan oleh berbagai macam perangkat elektronik karena rangkaian ini merupakan sumber tegangan. Sama seperti speaker aktif yang memiliki catu daya Center Tap (CT). Kita harus menyesuaikan tegangan ini dengan tegangan yang dibutuhkan oleh speaker aktif. Akan lebih baik jika sebelum merakit rangkaian power supply, kita mempelajari datasheet komponen aktif di dalam rangkaian tersebut sehingga kita mengetahui deskripsi komponen. Anda bisa mempelajari hal ini di google dengan sumber yang begitu banyak.



- Memasang kit speaker. 

 

Cara memasang speaker aktif selanjutnya adalah memasang kit speaker ke supply ke kit yang telah disediakan tadi. Harap perhatikan polaritas tegangan dan jangan sampai terbalik. Jika polaritas tegangannya terbalik, akan berakibat sangat fatal baik pada kit amplifier maupun power supplynya. Setelah yakin sudah terpasang dengan baik, coba beri masukan untuk melakukan test terhadap rangkaian.


Jika dirasa rangkaian yang telah di uji coba tadi berjalan dengan baik, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan memasukkan rangkaian ke dalam box speaker. Kita harus menyesuaikan penempatan dari rangkaian yang akan kita masukkan ke dalam box speaker. Usahakan jalur input tadi tidak berdekatan dengan rangkaian power supply. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari ripple tegangan yang akan berakibat berdengungnya amplifier.



- Memasang speaker

 

Sama seperti pada langkah sebelumnya, sebelum melanjutkan ke pemasangan speaker, kita harus memastikan bahwa rangkaian yang telah kita susun  tersebut telah tersusun secara benar. Hal ini berfungsi untuk memastikan tidak akan terjadi kerusakan yang fatal yang ditimbulkan dari kesalahan susunan rangkaian. Pemastian ini bisa dilakukan dengan cara menguji coba rangkaian tersebut.


Setelah di test dan hasilnya sudah meyakinkan, cara merakit speaker aktifini langkah terakhirnya adalah memasang speaker ke dalam box. Ketika memasang sekrup pada pinggiran speaker, jangan sampai obeng yang kita gunakan untuk memasang sekrup justru malah meleset dan merusak daun speaker. Selain itu, kita harus memastikan juga bahwa konstruksi box tersebut sudah cukup kuat dan rapat sehingga tidak akan terjadi banyak kebocoran pada ruang gaung dari speaker tersebut.


Demikianlah cara merakit speaker aktif secara mudah. Harap perhatikan bahwa anda harus memastikan susunan yang akan anda gunakan pada rangkaian tersebut sudah benar. Dan juga, anda perlu berhati-hati terhadap segala kerusakan atas ketidakhati-hatian dalam pemasangan ini.

No comments:
Write comments