06 September 2017

Cara Pasang Relay Klakson Motor

 


Cara pasang relay klakson untuk dipasang di sepeda motor memang bisa menggunakan berbagai macam cara. Biasanya, alasan utama dari pemasangan relay untuk klakson sepeda motor ini adalah karena pengguna sepeda motor tersebut merasa kurang puas dengan suara bawaan yang dihasilkan oleh sepeda motor tersebut.

Pada sepeda motor, penggunaan klakson membutuhkan daya yang cukup besar. Namun sayangnya, kabel bawaan yang terpasang pada klakson sepeda motor tidak mampu mengakomodir kebutuhan daya yang besar tersebut. Lebih jauh, bisa jadi malah klakson motor tersebut akan cepat rusak karena setiap kali pengendara menekan tombol klakson akan timbul percikan api pada metal contact yang ada di dalamnya yang lama kelamaan akan membuat metal contact tersebut mengalami aus. Bahkan sangat mungkin juga hal tersebut akan membuat plastic case yang berada di sana meleleh karena percikan api tersebut.
Nah, disinilah manfaat dari penggunaan relay, dan di dalam artikel ini akan kita bahas cara pasang relay pada klakson sepeda motor secara tepat dan akurat.

Pengertian Relay

 

Relay adalah sebuah komponen elektronik yang digunakan sebagai saklar  yang memiliki fungsi untuk menghubungkan maupun memutuskan beban arus listrik yang cukup besar. Relay ini dikontrol oleh arus listrik yang kecil. Dengan menggunakan relay, kita tidak perlu menggunakan kabel yang lebih tebal untuk memutus arus listrik yang besar karena fungsi ini sudah diakomodasi oleh komponen elektronik yang satu ini.
Di pasaran banyak sekali kita bisa temukan berbagai jenis merek relay. Masing-masing tentu memiliki kelebihan serta kekurangannya. Tidak sedikit juga relay-relay palsu yang kualitasnya sangat-sangat rendah. Kami merekomendasikan relay merek BOSCH yang asli untuk digunakan dalam hal ini. Begitu juga dengan socket relaynya.

Komponen yang Dibutuhkan

Macam-macam komponen yang dibutuhkan dalam pemasangan relay untuk klakson sepeda motor pada proyek ini antara lain :
- Socket Relay merek Bosch.
- Terminal konektor untuk socket relay diatas.
- Relay Bosch 4 kaki atau 5 kaki.
- Kabel tebal berbentuk serabut dengan diameter 5 mm. Tidak harus, hanya jika dibutuhkan saja.
- Selotip, jika dibutuhkan.

Cara Pemasangan

Cara pasang relay pada klakson sepeda motor ini adalah sebagai berikut ;
- Pasang kaki relay nomor 30 menuju positif accu. Pada bagian ini, kabel yang digunakan harus tebal.
- Pasang kaki relay nomor 87 menuju positif klakson. Pada bagian ini, kabel yang digunakan tidak harus tebal.
- Pasang kaki relay nomor 85 menuju salah satu kabel klakson A atau kabel klakson asli.
- Pasang kaki relay nomor 86 menuju salah satu kabel klakson B atau kabel klakson asli.
- Pasang kabel negatif klaksong menuju ke body motor negatif atau ground.

Perlu diperhatikan bahwa dikarenakan ada perbedaan lokasi kaki pada beberapa merek relay, harap perhatikan baik-baik nomor kaki relay yang ada. Kesalahan dalam pemasangan nomor kaki relay ini dapat menyebabkan kegagalan pemasangan.

Demikianlah tutorial cara pasang relay pada klakson sepeda motor yang bisa diterapkan dengan berbagai manfaat yang bisa didapatkan setelahnya seperti klakson akan bersuara lebih lantang dan juga saklar klakson akan lebih awet. Semoga cara diatas mudah dipahami dan dapat membantu anda dalam measang relay pada klakson sepeda motor secara mudah, tepat dan juga akurat.

No comments:
Write comments