09 September 2017

Servis TV CRT Layar hanya Terlihat Satu Garis Vertikal

 

Kerusakan pada tv gejalanya satu garis vertikal disebabkan oleh blog horizontal tidak bekerja. Bukan blog verikal yang bermasalah. Hal ini perlu Diketahui terutama bagi pemula di servis tv tabung.
Pada bagian blog horizontal terdapat beberapa sistim yaitu;
Horizontal osilator fungsinya untuk mbangkitkan getaran yang bentuknya pulsa blok dengan frekwensi 15625 hz. Kerusakan pada horizontal osilator mengakibatkan crt tidak menyala sura normal. 

Horizontal driver fungsinya untuk menguatkan sinyal dari horizontal oscilator. kerusakan pada horizontal driver mengakibatkan tidak ada raster crt tidak nyala suara normal .

Horizontal output menguatkan daya sinyal dari horizontal driver dan di umpan ke devleksi yoke horizontal serta diberikan ke pembangkit tegangan extra tinggi (fbt). Kerusakan pada horizontal output mengakibatkan tidak ada raster tetapi menyala suara normal. 

Devleksi yoke horizontal fungsinya untuk mbelokan sweep berkas cahaya atau elektron kearah horizontal di dalam tabung gambar. Kerusakan devleksi yoke horizontal mengakibatkan raster satu haris vertikal pada layar tabung gambar suara normal.

Itu di pendapat secara teori yang ada dalam pelajaran reparasi tv untuk lebih jelasnya engecekan pada komponen elco yang menuju pada tegangan b+ sekitar 115 vol dc. resistor pembatas ,cek tr horozontal atau devleksi yoke masih bagus atau short bahkan putus.

Berdasarkan yang pernah saya alami bila garis vertikal Hanya berupa garis kecil, Biasanya r pembatas menuju devleksi yoke putus atau melar jika garisnya tebal .

Kemungkinan lainya adalah komponen pendukung horizonal  lainya seperti dioda ,resistor ,elco,kumparan pembangkit horizontal yang berintikan maagnit yang sering putus karena dimakan usia .

Mencari dan mencari dan mengukur tidak ada yang terlewatkan dalam mengecek pada blog bagian horizontal driver.
Saya pernah mendapat servisan TV satu garis vertikal hanya masalah yang sepele yaitu hanya bermasalah pada kumparan bulat berintikan farit yang terletak di dekat TR horizontal putus karena karatan di makan usia. Saya fikir dan tidak menyangka jika hal sepele dan tidak mungkin bisa jadi mungkin jika kita kurang teliti begitu fikirku.

Dan pernah saya alami  juga ketika itu memperbaiki tv LG SUPER SLIM . tandai transistor horizontal putus secara terus menerus sampai saya habis transistor tiga biji hiah rugi besar saya jiiieeee.ternyata capasitor yang behubungan pada colektor transistor H dengan groud short. Setelah saya tau baru bilang owh ini to biang keroknya. 

Itu sedikit pengalaman saya masalah horizontal driver. Untuk merek yang paling sulit di bagian driver horizontal adalah politron yang sangat tidak awet karena bekerja sangat panas seperti tv cina.
Nah itulah beberapa pengalaman mengenai TV rusak satu garis vertikal. Semoga bisa menjadikan refrensi bagi rekan sekalian. 

Slamat berjumpa lagi di permasalahan tv yang Lainnya.

No comments:
Write comments