19 October 2017

Mengenal Komponen Elektronika Dasar Lengkap

 

Mengetahui Komponen Elektronika Dasar Lengkap – Ketika kami ingin belajar elektronika, pastinya wajib paham betul tentang komponen elektronika, mulai dari pembagiannya hingga dengan jenis-jenisnya. Butuh diketahui bahwa komponen elektronika dibagi menjadi dua macam, yakni komponen elektronika pasif serta komponen elektronika aktif.
Komponen elektronika pasif ialah komponen elektronika yang tak mempunyai peran dalam menyalurkan serta memperkuat arus listips dalam suatu  rangkaian. Sementara komponen elektronik aktif ialah komponen elektronika yang mempunyai peran dalam menyalurkan maupun memperkuat arus listips.

Mengetahui Komponen Elektronika

Berikut ini adalah berbagai komponen elektronika dasar, baik itu komponen elektronika aktif maupun pasif yang butuh kamu ketahui guna memudahkan pemahaman kamu saat mendalami elektronika.

1. Resistor


Resistor adalah tahanan atau hambatan listips. Resistor dilambangkan dengan huruf “R”. Ada tak sedikit sekali tipe resistor, mulai dari resistor tetap, resistor variabel, serta berbagai tipe resistor lainnya. Yang membedakan resistor satu dengan yang lain adalah kualitas resistansi yang dimiliki oleh suatu  resistor itu sendiri. Penentuan kualitas resistansi resistor biasanya bisa dilihat dari gelang warna yang dimilikinya.


Rumus resistor yakni : R = V/I

Artinya

R = Tahanan (Ohm)

V = Tegangan (Volt)
I = Arus (Ampere)
2. Kapasitor

Kapasitor / Capasitor / Kondensator adalah rangkaian elektronika yang mempunyai kegunaaan menyimpan muatan arus listips sementara. Kapasitor ini mempunyai tak sedikit sekali jenis, mulai dari kapasitor bipolar hingga dengan unipolar. Kapasitor terbentuk dari dua permukaan yang saling berhubungan, tetapi dipisahkan oleh suatu  penyekat. Yang membedakan kapasitor satu dengan yang lain adalah kapasitansi yang dimilikinya.


Rumus kapasitor : C = Q/V
Artinya

C = Kapasitansi

Q = Muatan
V = Tegangan
Baca Juga : Daftar Harga Komponen Elektronika Terakhir

3. Transistor


Transistor adalah salah satu tipe komponen elektronika yang mempunyai tak sedikit sekali kegunaaan mulai dari penguat, switch, tabilisasi tegangan, modulasi sinyal, serta berbagai kegunaaan lainnya. Transistor juga bisa diibaratkan sebagai kran listips. Pada umunya transistor mempunyai 3 kaki, yakni kaki basis, emitor, serta kolektor. Tidak hanya itu transistor juga sangat tak sedikit sekali macamnya.

4. Induktor


Induktor adalah suatu  komponen elektronika yang mempunyai bentuk lilitan kawat kumparan. Prinsip kerja dari induktor ini adalah: apabila ada arus meningkat, maka medan magnet juga bakal meningkat mengikuti perbesaran arus tersebut. Besaran energi dalam suatu  induktor bisa ditentukan dengan rumus: W = 1/2 . L . I2.


5. Dioda


Dioda adalah suatu  komponen elektronika yang berkegunaaan sebagai penyearah. Komponen yang satu ini bisa membikin arus mengalir pada arah tertentu, serta menghambat ajaran arus listips pada arah lainnya. Ada tak sedikit sekali tipe dioda mulai dari dioda Zener, LDR, hingga LED pun juga tergolong dalam salah satu tipe dioda.


6. Transformator


Transformator atau trafo adalah salah satu tipe komponen elektronika yang mempunyai kegunaaan menaikkan ataupun menurunkan tegangan. Misal input yang masuk dalam suatu  trafo sebesar 220 V, maka bisa diturunkan menjadi 10 V pada outputnya.


Selain berbagai komponen yang sudah disebutkan tadi, sebetulnya tetap ada berbagai komponen elektronika dasar lainnya semacam IC serta saklar atau switch. Kamu bisa lebih mengetahui komponen elektronika dasar dengan cara lengkap dengan membaca postingan tentang komponen komponen elektronika serta kegunaaannya.


Semoga info yang kami berikan hari ini bisa memberbagi kegunaaan bagi semuanya, terutama bagi para pembaca yang sedang memperdalam ilmunya di dunia elektronika. Berikan postingan ini terhadap kawan-kawan kamu apabila berguna. Sekian info tentang “mengetahui komponen elektronika dasar lengkap”. Baca juga postingan hebat lainnya tentang komponen elektronika serta kegunaaannya lengkap. Hingga jumpa.

No comments:
Write comments