21 October 2017

Mengenal Komponen – Komponen Komputer Lengkap Dengan Fungsinya

 

Pada peluang ini saya bakal mengulas tentang Komponen – Komponen Pc Beserta Manfaatnnya. Mengetahui tahap serta Komponen Komputer, Salah satu hasil dari kecanggihan teknologi adalah pc atau PC, Hampir Semua orang yang bekerja, siswa yang belajar di sekolah, atau anak yang bermain permainan di rumah telah mengetahui kata Komputer.

Komponen – Komponen Pc terdiri dari perangkat keras saja.

Ada tak sedikit komponen yang terdapat dalam komputer, tahukah kamu komponen apa sajakah yang tergolong komponen mutlak dalam suatu  pc ? Serta manfaatnya apa ?  Untuk Menjawab pertanyaan tersebut maka sangat penting kamu untuk membaca postingan ini.

Mengetahui Komponen – Komponen Pc Lengkap Dengan Manfaatnya

1. Motherboard / Mainboard
010215_X99AMotherboard (tidak jarang disebut juga dengan mainboard) adalah tahap perangkat keras pc yang berupa papan, dimana perangkat keras motherboard ini adalah perangkat keras yang paling mutlak serta sangat penting sebab berisi system BIOS (Basic Input Output System), pengatur koneksi input-output(chipset), soket memori (RAM), Soket kartu grafis ( VGA Card), soket processor, serta soket kartu tambahan (additional cards semacam PCI, ISA).
Manfaat Motherboard adalah sebagai pusat semua perangkat keras pc supaya semua perangkat keras pc bisa berhubungan antara komponen yang satu dengan yang lainnya.

2. Processor
intel-skylake-for-notebooks-will-come-in-october-487788-2Processor adalah komponen pc yang adalah sebagai otak yang menjalankan proses serta pengandali kerja pc dengan bekerjasama dengan perangkat pc lainnya, satuan kecepatan dalam Processor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz) dengan terus besar kecepatan processor maka bakal terus cepat kinerja pc saat menjalankan.
Manfaat Processor adalah memproses data yang diterima dari masukan atau input, kemudian bakal menghasilkan pengeluaran atau output. Tutorial kerja processor bakal terus terhubung dengan komponen pc lainnya, khususnya haddisk drive (HDD) serta RAM.

3. RAM
jpgRAM ( Random Acces Memory ) adalah tempat penyimpanan sementara pada saat pc komputer di jalankan serta bisa di jalan masuk dengan cara random atau random.
Funsi Ram adalah untuk menyimpan program yang kami olah untuk sementara waktu ( power on ) apabila pc kami mati, maka seluruh data yang tersimpan pada RAM bakal hilang memori ini penyimpanannya bersifat sementara serta kapasitasnya juga tak terlalu besar.

4. VGA Card
amd_radeon_r9_290_2-1024x958VGA card ( Video Graphics Accelerator ) adalah tahap komputer, di dalam CPU yang berperan sangat penting untuk menampilkan output proses ke monitor. Tanpa VGA card, layar pc tak bakal menampilkan apa-apa atau blank. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board.
Manfaat VGA card adalah untuk mengolah data graphis serta ditampilkan di layar monitor, VGA juga mempunyai processor yang dinamakan GPU (Graphics Processing Unit).

5. Harddisk Drive
disco-duro-interno-4-tb-western-digital-4tb-35-64mb-sata-3-22278-MLV20226134149_012015-FHarddisk Drive disingkat HDD adalah suatu  komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder serta berisi piringan magnetis.
Manfaat Harddisk adalah sebagai penyimpan data dengan cara permanen khususnya sebagai penyimpanan sistem operasi serta bisa kami jalan masuk kapan saja kami mau. Kapasitasnya diukur dalam satuan Giga Byte.

6. Monitor
P_setting_000_1_90_end_500Monitor adalah komponen pc yang bermanfaat untuk menampilkan foto yang di-output dari video card. Monitor pc yang tak sedikit terdapat di pasaran sekarang adalah monitor CRT (monitor tabung) serta monitor LCD, tetapi sekarang tak sedikit orang-orang lebih memilih memakai monitor LCD (khususnya di kantor-kantor) sebab monitor LCD ini tidak hanya desainnya lebih modern, juga mempunyai kelebihan lainnya yaitu ekonomis space serta ekonomis listips.

6. Power Supply
Power supply adalah perangkat keras berupa kotak yang isinya adalah kabel-kabel untuk menyalurkan tegangan ke dalam perangkat keras lainnya. Besarnya listips yang sanggup ditangani power supply ditentukan oleh dayanya serta dihitung dengan satuan Watt.
Manfaat Power Supply adalah menyuplai tegangan langsung ke dalam komponen pc semacam hardisk, motherboard, DVD ROM, kipas serta komponen pc lainnya.

7. Heatsink/Fan Processor
Heatsing adalah perbuatan mengurangi atau mengilangkan panas dari suatu  komputer. Panas pada pc berpotensi merusak atau memperlambat kerja suatu  komputer.
Manfaat dari Heatsink adalah sebagai pendingin processor , apabila suatu  processor yang tak terdapat fannya maka pc tersebut tak bakal bekerja dengan semestinya atau faktor lain yang bakal terjadi processor bakal mati total. sebab tak kuat menahan panas.

8. CD ROM / Optical Drive
CD-ROM adalah akronim dari “compact disc read-only memory” adalah suatu  piringan kompak dari tipe piringan optik (optical disc) yang bisa menyimpan data. CD-ROM juga berarti bahwa CD-ROM drive hanya bisa dipakai untuk membaca suatu  CD saja.
Manfaat CD ROM adalah suatu  hardware yang hanya bisa membaca CD saja. tidak hanya kegunaan dasar tersebut CD ROM juga dipakai untuk meperbuat penginstalan suatu  OS (Operating System), game, atau software-software lainnya. atau meperbuat booting pada saat masuk ke OS.

9. Casing
Casing adalah tahap dalam pc yang bermanfaat sebagai pakain atau pelindung dari CPU. Bentuk yang umum adalah kotak persegi.
Manfaat Casing adalah tidak hanya untuk pelindung CPU, casing juga bisa bermanfaat sebagai pendingin tambahan. sebab biasanya, modern sekarang dibekali dengan kipas pendingin yang jumlahnya lebih dari satu buah.

10. Keyboard
Keyboard adalah suatu  komponen pc inputan yang bermanfaat sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu. Tidak hanya keyboard standard, keyboard pc sekarang mempunyai model bermacam-macam, semacam keyboard mini, keyboard fleksibel yang bisa dilipat, keyboard wireless yang memakai bluetooth, serta lain sebagainya.

11. Mouse
Mouse adalah komponen pc inputan yang bermanfaat untuk menggerakan cursor di layar monitor kami serta untuk meng-klik sesuatu semacam tombol-tombol di suatu  program software. Mouse juga bermacam-macam modelnya, ada mouse standard, mouse untuk kebutuhan gaming, mouse wireless yang memakai bluetooth, serta lain sebagainya.

No comments:
Write komentar