20 October 2017

Pengertian dan Fungsi Kapasitor

 

Pengertian serta Manfaat Kapasitor – Ketika kamu memutuskan untuk menjadi seorang teknisi elektronika, mengetahui serta mendalami beberapa macam komponen elektronika merupakan harus hukumnya. Sebab faktor tersebut merupakan salah satu ilmu dasar yang terbukti harus dikuasai dengan baik.

Ada tak sedikit sekali tipe komponen elektronika mulai dari kapasitor, resistor, transistor, transformator, serta tetap tak sedikit lagi yang lain. Dengan cara umum, komponen elektronika dibagi menjadi dua macam, yakni komponen elektronika aktif serta komponen elektronika pasif. Bagi kamu yang belum tahu apa bedanya, silahkan baca di sini.


Pada peluang hari ini belajarelektronika.net bakal mengundang kamu semua untuk mencari tahu informasi tentang salah satu komponen elektronika yang bernama kapasitor. Mari kami cari tahu bersama sebetulnya apa itu kapasitor, serta apa saja manfaatnya? Apabila kamu ingin tahu informasi lengkapnya, silahkan simak baik-baik.


Pengertian Kapasitor

Kapasitor merupakan salah satu tipe komponen elektronika yang mempunyai performa bisa menyimpan muatan arus listips di dalam medan listips selagi batas waktu tertentu dengan tutorial mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan arus listips tersebut. Kapasitor juga mempunyai sebutan lain, yakni kondensator.

Kapasitor alias kondensator ini tergolong salah satu tipe komponen pasif. Komponen yang satu ini ditemukan pertama kali oleh seorang ilmuan bernama Michael Faraday yang lahir pada tahun 1791, serta wafat pada 1867. Sebab itu satuan yang dipakai untuk kapasitor merupakan Farad (F) yang diambil dari nama ilmuan tersebut.


Sekedar informasi saja bahwa 1 Farad sama dengan 9 × 1011 cm2. Semacam yang telah kami katakan tadi bahwa kapasitor punya nama lain kondensator. Kata “kondensator” sendiri pertama kali disebut oleh seorang ilmuan berkebangsaan Italia bernama Alessandro Volta pada tahun 1782.


Kata kondensator tersebut diambil dari bahasa Italia “condensatore”, yang berarti performa alat untuk menyimpan sebuahmuatan listips. Tutorial kerja kapasitor dalam sebuah rangkaian elektronika terbilang sederhana. Listips dialirkan menuju ke kapasitor atua kondensator.


Saat kapasitor telah terisi penuh dengan arus listips, maka kapasitor tersebut bakal mengeluarkan muatannya, serta kembali mengisinya lagi semacam awal. Proses tersebut berjalan semakin-menerus serta begitu sesemakinnya. Pada umumnya kapasitor terbuat dari bahan dua buah lempengan besi yang dipisahkan oleh bahan dielektips.


Bahan dielektips sendiri merupakan bahan yang tak bisa dialiri listips (isolator) semacam ruang hampa udara, gelas, keramik, serta tetap tak sedikit lagi yang lain. Apabila kedua ujung plat besi diberbagi ajaran listips, maka yang terjadi merupakan muatan positif bakal berkumpul pada ujuang plat besi yang satunya alias sebaliknya.


Sebab ada bahan dielektips alias non konduktor, maka muatan positif tak bakal bisa menuju ke muatan negatif, serta sebaliknya muatan negatif juga tak bakal bisa menuju ke muatan positif. Muatan elektips tersebut bakal tersimpan selagi tak ada konduksi dibagian ujung-ujung kaki kapasitor.

No comments:
Write comments