Cara Memperbaiki Sendiri Mesin Stempel Flash
Mesin Stempel Flash adalah salah satu alat utama untuk mendukung usaha jasa layanan pembuatan stempel warna. Apabila mesin stempel flash mengalami kerusakan, tentunya kita tidak bisa melakukan perkerjaan secara optimal. Artinya produktivitas usaha akan terganggu. Lalu bagaimana solusinya? Solusinya adalah harus segera memperbaiki mesin stempel tersebut.

Kerusakan yang sering terjadi pada mesin stempel adalah lampu mesin stempel tidak menyala. Bagaimana cara mengatasinya? Lihat dulu kondisi lampu, jika lampu tidak menyala karena lampu flashnya “gosong” atau menghitam, berarti lampunya memang rusak, karena terbakar. Berarti ada masalah/kerusakan/korsleting  pada komponen didalamnya. Biasanya kerusakan lampu bisa terjadi pada beberapa lampu atau mungkin semua lampu terbakar. Atau Lampu terlihat tidak terbakar/gosong, tapi tidak menyala.

Tips memperbaiki mesin stempel flash anda, apabila mengalami kerusakan
  1. Apabila anda bisa atau berani memperbaiki sendiri, silahkan buka dan lihat komponen didalam box mesin stempel, pertama, lihat sklar atau push on  berfungsi atau tidak, karena sklar/push on adalah komponen yang rentan mengalami kerusakan. Kedua lihat juga rangkaian lampunya,  jika lampu tidak menyala sebagian atau seluruhnya, soldiran pada rangkaian lampu terlepas karena kepanasan. Anda bisa segera mensoldir rangkaian lampu tersebut. Setelah anda melakukan penyoldiran, coba nyalakan mesin stempel anda, bila menyala berarti, memang masalahnya di rangkaian lampunya. Masalah teratasi, bila tidak menyala juga?
  2. Jika rangkaian lampunya tidak mengalami kerusakan, coba anda lihat rangkaian bank elco sebagai sumber power pada mesin stempel anda. Biasanya mesin stempel yang beredar saat ini, mesin stempel flash dilengkapi dengan bank elco yang terdiri dari elco-elco ukuran keci yang yang dirangkai secara paralel sesuai kebutuhan mesin stempel. Masalah yang terjadi biasanya ada beberapa elco yang sudah tidak berfungsi/rusak. Ciri-cirinya biasanya lapisan luar elco terkelupas, gosong, terlepas, atau penyok, solusinya segera lepas dan diganti dengan elco baru sesuai ukuran elco tersebut. Coba lihat ukuran elco, jika ukuran elco dibawah 450 V akan sangat berpengaruh dan rentan terhadap kerusakan lampu flash, lampu akan mudah terbakar/gosong. elco yang ideal biasanya menggunakan 450 V atau diatasnya.
  3. Jika bukan bank elco yang menjadi masalah kerusakan, lihat trigger nya, masih berfugsi atau tidak, jika rusak segera ganti dengan yang baru.
  4. Jika trigger juga bukan menjadi masalah kerusakan, coba liat relay nya, masih berfungsi atau tidak. segera ganti kalu sudah tidak berfungsi. Relay tidak berfungsi biasanya membuat lampu sama sekali tidak bisa dinyalakan lewat sklar atau push on.
Memiliki mesin stempel rusak terkadang membuat seseorang langsung segera membawa alat tersebut ke tempat servis dan hal ini biasanya akan menghabiskan biaya perbaikan yang tidak sedikit padahal apabila kita mau berpikir kreatif sebenarnya ada alternatif lainnya bagaimana cara memperbaiki mesin stempel warna tanpa menghabiskan banyak biaya yakni dengan melakukan perbaikan secara mandiri. Tentu sebelum melakukan perbaikan ada baiknya bila kita mengetahui bagian mana sajakah yang mengalami kerusakan sehingga kita bisa melakukan penanganannya dengan tepat.
Bagian yang Sering Mengalami Kerusakan
Jenis mesin yang paling sering digunakan adalah mesin stempel flash. Mesin flash manapun baik yang murah atau mesin stempel flashmurah tetap akan mengalami kerusakan apabila tidak dilakukan perawatan mesin yang optimal. Bagian yang sering mengalami kerusakan adalah bagian lampu yang sering tidak menyala. Saat melakukan pengecekan pada bagian ini, kita harus bisa menentukan apakah lampu tersebut tidak menyala karena mengalami konsleting atau bukan. Bisa juga terjadi masalah bagian kabel lampu. Lantas, bila bagian ini yang rusak, bagaimanakah cara memperbaikinya? Berikut ini tipsnya.
Tips Memperbaiki Lampu Mesin Stempel yang Rusak
Apabila kita mendapati bahwa lampu pada bagian mesin rusak dan tidak dapat menyala maka kita perlu mengeceknya dengan cara membuka bagian boks mesin tersebut. Pastikan apakah bagian saklar dapat berfungsi atau tidak. Kemudian, cari tahu apakah seluruh lampu mengalami kerusakan ataukah hanya sebagian karena bila sebagian maka hal ini bisa jadi karena soldiran bagian lampu terlepas. artinya cara memperbaiki mesin stempel warna tersebut dengan merekatkan kembali atau mensolder kembali bagian lampu tersebut.
Bila setelah melakukan penyolderan ternyata lampu masih belum menyala iu artinya ada kemungkinan bahwa rangkaian bagian bank elco mengalami masalah. Bagian bank elco ini merupakan bagian sumber power mesin. Biasanya mesin stempel yang bukan dari modifikasi atau hasil membuat mesin stempel flash sendiri memiliki bagian elco yang berukuran kecil dengan rangkaian paralel. Bila kita mendapati bagian elco mengalami kerusakan pada bagian luar seperti gosong, penyok, atau lepas maka cara mudah memperbaikinya adalah dengan mengganti bagian elco tersebut dengan yang baru.
Cara memperbaiki mesin stempel warna selanjutnya bila mesin masih belum bisa beroperasi dan bagian elco bukanlah bagian yang mengalami kerusakan adalah mengecek bagian trigger. Pastikan apakah relay dapat berfungsi ataukah mati. Bila relay memang telah rusak maka artinya kita harus segera menggantinya dengan yang baru. Itulah beberapa cara memperbaiki lampu yang mati pada mesin stempel yang dapat kita lakukan secara mandiri. 
Itulah Tips memperbaiki mesin stempel flash anda, apabila mengalami kerusakan, Semoga bermanfaat.

Anda Ingin Belajar MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV BERBAGAI MERK ??? inilah yang harus Anda Perlukan, EBOOK PETUNJUK MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV LENGKAP

0 comments:

 
Top