Rangkaian Elektronika LED sederhana memang tidak serumit rangkaian LED yang rumit, tetapi bagi pemula, rangkaian sederhana ini bisa menjadi suatu hal yang membingungkan karena masih asing terhadap apa – apa yang ada di dalamnya dan bagaimana cara kerjanya. 
Untuk membuat rangkaian LED kita harus menyediakan komponen – komponen elektronika seperti resistor 1 Kohm dan 220 Ohm secukupnya, lampu LED beberapa buah, variabel resistor 10 Kohm, Kapasitor tipe elco 100uF, IC 555 dan IC4017. 
 Komponen – komponen itulah yang nanti akan disusun sedemikia rupa agar kita bisa mendapatkan suatu pola lampu yang rapi dan teratur.
Rangkaian LED Sedehana
 
Rangkaian LED Sedehana
Rangkaian LED ini terdiri dari dua buah rangkaian yaitu rangkaian counter dan rankaian logika frekuensial. Rangkaian counter IC555 merupakan sumber utama clock yang akan mencacah IC4017 untuk menghasilkan sebuah rangkaian LED yang menyala bergantian dari yang paling awal hingga yang akhir demikian seterusnya.
Rangkaian LED sederhana di atas bersifat Astable dan dikombinasikan dengan counter IC yang memiliki 10 output. Cara bekerjanya adalah arus listrik yang mengalir ke dalam rangkaian ini akan diantarkan oleh IC counter yang kemudian membaginya lewat IC4017 dengan konsentrasi waktu tertentu sehingga nantinya lampu LED yang terpasang akan menyala secara bergantian. 
Jika lampurangkaian elektronika LED tidak menyala dengan benar, maka mungkin IC counternya atau IC4017 nya harus diperiksa ulang.

Anda Ingin Belajar MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV BERBAGAI MERK ??? inilah yang harus Anda Perlukan, EBOOK PETUNJUK MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV LENGKAP

0 comments:

 
Top