11 June 2018

Cara Benar dan Aman Memasang Tape Mobil

 

Memasang tape mobil memang bisa dibilang cukup sulit. Jika tidak tahu benar apa saja yang harus disiapkan, serta tahapan-tahapan dalam pemasangannya, tentu dikhawatirkan akan terjadi eror yang bisa jadi dampaknya hingga menyentuh sisi elektronik seperti kerusakan peralatan elektronik pada mobil, dan lain sebagainya. Sehingga penting bagi kita untuk membaca serta mengikuti panduan yang ada demi kemanan bersama. Berikut ini kami berikan informasi terkait cara memasang tape mobil dengan benar dan aman.

Cara Benar dan Aman Memasang Tape Mobil

Susunan Kabel Standar

Susunan kabel standar dalam memasang tape mobil ini adalah :
- Biru : power antena radio
- Hitam : ground, (B-)
- Merah : Ignition Switch (B+) atau switch starter mobil
- Pasangan putih dan putih - hiam : Speaker depan kiri
- Pasangan hijau dan hijau - hitam : Speaker Belakang Kiri
- Pasangan kelabu dan kelabu - hitam : Speaker Depan Kanan
- Pasangan ungu dan ungu-hitam : Speaker Belakang Kanan

Langkah Pemasangan

  • 1. Pastikan tape mobil anda untuk mengikuti standar perkabelan, terlebih untuk anda yang memiliki tape mobil yang langka maupun berteknologi canggih dengan harga yang fantastis. Wiring diagram ini biasanya ada di buku manual ketika Anda membeli. Jika anda membeli melalui tangan kedua, atau proses lain yang membuat wiring diagramnya tidak tersedia, maka anda bisa mencari wiring diagramnya di internet.
  • 2. Buka panel atau frame pada dasbor. Anda perlu hati-hati jika anda terhitung baru dalam proses ini terlebih jika anda awam dalam hal instalasi panel anda. Jangan sampai nantinya apa yang anda lakukan malah merusak dasbor. Tapi biasanya memang untuk ruang tape mobil secara umum telah disiapkan untuk dapat dibuka dan menyesuaikan selera pemilik sehingga pemilik mobil tersebut bisa lebih berhati- hati terutama saat berhubungan dengan filmnya..
  • 3. Buka baut tape mobil yang terikat dengan rumah tempat tape mobil tersebut terpasang. Kita cukup membuka bautnya dan simpan bautnya. Kemudian tarik rumahnya.Anda juga bisa perhatikan di bagian belakang tape mobil ini biasanya terdapat kabel-kabel tertentu yang sebenarnya terhubung ke sebuah konektor. Konektor ini yang akan terpasang ke tape mobil. Jika memang sudah sama, Anda cukup memasangkan saja kabel ke tempat instalasi yang baru.
  • 4. Menyambungkan kabel. Dimana jika konektor berbeda, ataupun susunan kabelnya tidak sama, maka anda harus berurusan di area perkabelan dengan cara menyambungkan kabel instalasi audio mobil dengan konektor tape mobil baru. Jangan lupa bahwa selama proses ini, kunci kontak jangan sampai ada yang menyala. Pastikan juga mesin dalam keadaan mati karena mesin ini merupakan perangkat yang bisa menyebabkan terjadinya korsleting di mobil. Susunan kabel bisa dilihat di atas.
  • 5. Testing. Tahapan memasang tape mobil terakhir adalah anda perlu mencoba dan memastikan apakah segala sesuatunya telah terpasang dengan benar dan juga anda perlu memastikan apakah tape mobil yang anda pasang ini dapat bekerja sebagaimana yang diharapkan. Cara testingnya adalah, pastikan kondisi tape dalam keadaan switch off, kemudian hidupkan kunci kontak dan cek kabel merah dengan hitam dimana kedua kabel ini harus tersambung dengan baik. Lalu cek juga apakah semua speaker menyala, serta cek radio jika diperlukan.

Demikian cara memasang tape mobil yang bisa anda lakukan di rumah secara mudah dan murah. Perhatikan beberapa hal yang menjadi sorotan utama kami dalam praktek ini, serta jangan lupa untuk memastikan kelancaran pemasangan dengan terus mengikuti panduan yang ada. Sehingga tape mobil Anda dapat terinstall  dengan benar dan dapat bekerja sebagai mana mestinya

No comments:
Write comments