11 June 2018

Mengenal Jenis Komponen Elektronika Aktif dan Pasif

 

Jenis Komponen Elektronika Aktif serta Pasif – Tentunya kamu semua telah tahu bahwa komponen elektronika terbagi menjadi dua jenis, yakni komponen elektronika aktif serta komponen elektronika pasif. Kedua komponen tersebut sama-sama pentingnya apabila dikaitkan dengan rangkaian elektronika.
Dalam suatu  rangkaian elektronika biasanya dijumpai beberapa tipe komponen, baik yang tergolong komponen elektronika aktif maupun komponen elektronika pasif. Buat kamu yang belum tahu apa itu komponen elektronika aktif serta komponen elektronika pasif, bakal kita jelaskan dengan cara singkat.
Jenis Komponen Elektronika Komponen elektronika aktif adalah komponen elektronika yang membutuhkan arus listips alias tegangan dalam pemakaiannya. Sebaiknya, komponen elektronika pasif adalah komponen yang tak membutuhkan arus alias tegangan listips dalam pemakaiannya. Berikut ini adalah beberapa tipe komponen elektronika, baik yang aktif maupun yang pasif.
Komponen elektronika Aktif
a. Dioda
Dioda adalah salah satu tipe komponen elektronika aktif yang mempunyai manfaat sebagai penyearah arus listips. Komponen ini tak sedikit sekali macamnya semacam LED, photo dioda, hingga dengan LDR.
b. Transistor
Transistor adalah salah satu tipe komponen elektronika aktif yang mempunyai manfaat yang sangat penting dalam suatu  rangkaian elektronika. Komponen ini mempunyai manfaat sebagai penguat hingga dengan switch alias saklar.
c. SCR
SCR alias Silicon Control Rectifier, adalah salah satu tipe komponen elektronika aktif yang mempunyai manfaat mengatur motor DC, dalam faktor tegangannya.
Komponen elektronika Pasif
a. Kapasitor
Kapasitor alias kondensator adalah salah satu tipe komponen elektronika pasif yang mempunyai manfaat sebagai penyimpan energi listips untuk sementara waktu.
b. Resistor
Resistor adalah salah satu tipe komponen elektronika pasif yang mempunyai manfaat sebagai hambatan arus listips dalam suatu  rangkaian elektronika.
c. Induktor
Induktor adalah salah satu tipe komponen elektronika yang sangat erat hubungannya dengan rangkaian elektronika yang berhubungan dengan frekwensi semacam rangkaian televisi serta radio.

No comments:
Write comments