24 February 2013

MENGATASI TV TCL SALAH SATU WARNANYA HILANG

Dari beberapa tv merek TCL sering terjadi kerusakan pada rangkaian kecil yang ada di belakang crt ( saya menyebutnya pcb RGB ). kerusakan ditandai dengan hilangnya salah satu warna, merah, hijau atau biru. Tetapi bisa juga kerusakan disebabkan tabung crt yang rusak.

Untuk mengetahui lebih detail kita harus melakukan pengecekan pada rangkaian. Ukur tegangan Video 180v, yang masuk ke transistor ( C2482), untuk tegangan normal biasanya yang masuk ke katoda RGB nya biasanya lebih dari 180 volt, bila kurang dari itu biasanya transistor rusak.

MENGATASI TV TCL SALAH SATU WARNANYA HILANG

Untuk gambar diatas merupakan gambar pcb untuk rangkaian RGB TV TCL model 2136S degan CHASIS memakai IC prosesor tunggal TCL A30V03-TO / 8823CRNG5JB3. bagian-bagian yang saya lingkari yang kemungkinan terjadi kerusakan. (transistor C2482), Ganti semua ketiganya.

Semoga bermanfaat.

22 February 2013

CARA SERVIS SPEAKER AKTIF YANG BERDENGUNG

CARA SERVIS SPEAKER AKTIF YANG BERDENGUNG
Untuk posting kali ini saya akan membahas tentang Cara servis speaker aktif yang mengeluarkan suara DENGUNG. Pertama buka tutup belakang speaker aktif (salah satu box yang ada panelnya), kemudian setelah tutup terbuka  silakan cek:
   1. TRAFO
   2. RANGKAIAN POWER SUPLY
   3. RANGKAIAN POWER MODUL (POWER)
   4. LOUDSPEAKER
 

Setelah keempat elemen tersebut saya cek ternyata ada yang nyata kelihatan terbakar dirangkaian  powernya yaitu R 0,47 ohm. untuk langkah selanjutnya ambil MULTI TESTER, kemudian saya tes/ukur Resistor tersebut  ternyata putus-tus.selanjutnya saya tes/ukur Transistor powernya (biasa pakai TIP 31/32, TIP 41/42 ) ternyata juga short alias konslet. untuk langkah selanjutnya ganti semua komponen yang rusak tersebut dengan yang baru

     Setelah penggantian  komponen selesai  speaker siap di nyalakan. kalau sudah oke semua tutup kembali box  speaker. selesai.
sekian dulu untuk posting kali ini, lain kali disambung lagi. SEMOGA BERMANFAAT.
SUKSES SELALU.......!

21 February 2013

Cara Menggunakan Multi Meter

 
Multi meter
AVO meter atau juga bisa disebut Multi Meter sangat penting fungsinya dalam setiap pekerjaan elektronika karena dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dan cepat,tetapi sebelum mempergunakannya,para pemakai harus mengenal terlebih dahulu jenis-jenis AVO meter dan bagaimana cara menggunakannya agar tidak terjadi salah pakai dan akan merusak AVO meter tersebut.

Berdasarkan prinsip kerjanya ada dua jenis AVO meter yaitu:
1. AVO meter Digital
2. AVO meter Analog/Moving coil

Kedua jenis ini tentu saja berbeda satu dengan lainnya,tetapi ada beberapa kesamaan dalam hal operasionalnya,misal sumber tenaga yang dibutuhkan berupa baterai DC dan Probe/kabel penyidik warna merah dan hitam.

Pada AVO meter Digital hasil Pengukuran dapat terbaca langsung berupa angka-angka (Digit) sedangkan AVO meter analog tampilannya menggunakan pergerakan jarum untuk menunjukan skala,sehingga untuk memperoleh hasil ukur,harus dibaca berdasarkan Range atau divinisi,AVO meter analog lebih umum digunakan karena harganya lebih murah dari pada AVO meter Digital,namun ada juga mereka yang memilih AVO meter analog karena kegemaran belaka.

Cara mengukur tegangan DC
  • Letakan selektor switch (saklar pemilih) pada posisi tegangan DC
  • Pilih batas ukur (2.5,10,50,250,1000)dimana harus dipilih batas yang sama atau lebih besar dari tegangan yang akan diukur,misalkan tegangan yang akan diukur 12v maka batas ukur yang harus dipilih adalah 50.
  • Tidak boleh memilih batas ukur yang lebih kecil,karena jarum penunjuk akan bergerak melewati batas maksimum dan dapat merusak moving Coil.
  • Sambungkan kabel probe pada sumber tegangan,kabel merah disambungkan pada bagian positif dan kabel hitam disambungkan pada bagian negative,cara pemasangan seperti itu disebut hubungan paralel,Apabila pemasangan kabel polaritasnya terbalik,maka jarum meter akan bergerak kekiri.
  • Baca papan skala sesuai dengan dimana jarum penunjuk berhenti,cara yang paling tepat membaca adalah secara tegak lurus agar tidak terjadi kesalahan baca.
Cara mengukur tegangan AC
  • Letakan selektor switch (saklar pemilih) pada posisi tegangan AC
  • Pilih batas ukur (10,50,250,1000) batas ukur yang dipilih harus yang sama atau lebih besar dari tegangan yang akan diukur,misalkan tegangan yang akan diukur 220v maka batas ukur yang harus dipilih adalah 250,tidak boleh memilih batas yang lebih kecil karena jarum penunjuk akan bergerak melewati batas maksimum dan akan merusak moving Coil.
  • Sambungkan kabel probe pada sumber tegangan secara paralel,untuk tegangan AC kabel merah dan hitam dapat bebas disambungkan pada sumber tegangan karena tegangan AC tidak mempunyai Polaritas (+/-).
  • Baca papan skala sesuai dengan dimana jarum penunjuk berhenti,cara yang paling tepat membaca adalah secara tegak lurus agar tidak terjadi kesalahan baca.

Cara mengukur arus DC

Cara mengukur arus agak berbeda dengan mengukur tegangan,dimana rangkaian untuk mengukur arus dipasang dengan cara serie dengan beban,beban dapat berupa resistor,lampu atau lainnya.

  • Atur selektor switch (saklar pemilih) pada posis Arus DC
  • Atur posisi selektor pada batas ukur yang lebih tinggi dari arus yang akan diukur,batas ukur dapat dipilih yang paling tinggi agar tidak merusak AVO meter,pengaruh pemilihan batas ukur yang terlalu jauh dari arus yang akan diukur hanya mengakibatkan pembacaan yang kurang akurat.
  • Hubungkan kabel secara serie dengan beban,beban dapat di serie pada kabel negative atau pada kabel positive,Apabila pemasangan kabel polaritasnya terbalik,maka jarum meter akan bergerak ke kiri.
  • Baca penunjukan arus pada papan skala arus DC sesuai posisi jarum.


Cara mengukur Resistansi

Gunanya mengukur resisitansi adalah untuk mengetahui kondisi suatu komponen dalam keadaan rusak atau baik,serta untuk menentukan berapakah nilai resistansinya,Misalkan sebuah resistor mempunyai kode warna coklat,hitam,merah dan toleransinya adalah emas,Artinya resistor tersebut mempunyai nilai 1000 ohm dengan toleransi 5%,maksudnya resistor tersebut masih dikatakan baik bila setelah diukur nilainya masih diantara kurang atau lebih 5% dari 1000,atau antara 950 sampai 1050 ohm.
  • Atur selektor switch pada posisi ohm
  • pilih batas ukur (range) apakah: x1,x10,x100,atau x1K (sesuaikan dengan nilai resistor)
  • Terlebih dahulu hubung singkat kabel penyidik agar jarum meter bergerak kearah kanan dan dapat diatur supaya menunjukan pada skala maksimum dengan memutar tombol Zero adjust,maksudnya agar pembacaan meter dapat/sesuai dengan skala dan range yang dipakai.
  • mulailah mengukur resistor dengan menghubungkan kabel penyidik pada kedua kaki resistor secara paralel,dengan mengabaikan warna kabel....
  • Baca papan skala sesuai dimana jarum meter berhenti,dan kalikan pembacaan dengan batas ukur,Misalnya jarum menunjukkan pada skala 10 dan batas ukur menggunakan x100 maka nilai resistor tersebut adalah 1000 ohm.

CARA MENYERVIS LAMPU EMERGENCY

CARA MENYERVIS LAMPU EMERGENCY
Lampu emergency (Lampu Tabung)
Pada posting kali ini penulis akan bahas cara memperbaiki lampu Emergensi, Lampu emergensi disini adalah lampu penerangan darurat yang digunakan pada saat listrik PLN padam.

Sebelumnya harus kita ketahui jenis Jenis lampu emergency :
  • Lampu emergensi TL atau Neon, lampu penerangan darurat yang lampunya adalah lampu Neon (biasanya berwarna putih)
  • Lampu emergensi LED, Lampu penerangan darurat yang lampunya terdiri dari lampu led dengan jumlah yang banyak.
  • Lampu Emeregensi dengan menggunakan bohlam lampu pijar.
untuk saat sekarang ini lampu emergency yang banyak digunakan adalah lampu emergency yang terbuat dari lampu LED, ya dengan alasan lampu LED lebih hemat konsumsi stroom dan juga lebih efisien dibandingkan dengan lampu jenis lain.

untuk memperbaiki sebuah lampu Emergensi kita harus tahu terlebih dahulu apa yang ada di dalamnya dan bagaimana cara kerja lampu tersebut

Bagian bagian pada lampu emergency antara lain:
  • Battery
  • Rangkaian Charger
  • Saklar on/off
  • Lampu LED / Lampu TL atau Neon.
  • Rangkaian Inventer (hanya untuk Lampu emergensi yang menggunakan lampu TL)
Cara kerja Lampu Emergency:
Pada saat lampu di colokan ke listrik 220 maka rangkaian charger akan bekerja mengisi battery sampai penuh 6volt atau 12volt, apabila saklar dalam keadaan ON selama dalam masa pengecasan lampu akan otomatis padam, apabila listrik tiba-tiba padam maka secara otomatis lampu akan langsung menyala. Dalam keadaan battery masih normal atau masih terhitung bagus maka lampu emergency akan tahan menyala kurang lebih 2 jam

Kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada lampu emergency:
  1. Kerusakan pada Battery, tanda-tandanya: setelah di cas penuh tetapi saat lampu dinyalakan tidak bertahan lama.atau setelah di cas lama tetapi kalau diukur tegangan battery tetap drop.Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti batterynya.
  2. Kerusakan pada rangkaian Chargernya, tanda-tandanya: pada saat dicolokan kelistrik 220 lampu indikator tidak menyala, dan pada saat kita ukur tegangan output yang ke battery tidak keluar. Cara memperbaikinya perlu dilakukan pengukuran secara detail pada komponen pendukung seperti Kapasitor, resistor ataupun transistornya.
  3. Kerusakan pada saklar: tanda-tandanya jika saklar di ON kan lampu terkadang nyala tapi juga terkadang tidak.(biasanya kerusakan pada saklar jarang terjadi).
  4. Kerusakan pada lampu. Untuk kerusakan pada lampu LED jarang terjadi, untuk kerusakan pada lampu TL / Neon tanda-tandanya pada bagian ujung Neon biasanya berwarna hitam.
  5. Kerusakan pada rangkain inventernya. tanda-tandanya bila battery diukur tegangan bagus 6 / 12 volt kemudian lampu juga bagus , tetapi kalau di nyalakan tidak bisa menyala. Cara memperbaikinya perlu dilakukan pengukuran secara detail di setiap komponennya.
Untuk kerusakan yang sangat sering pada lampu Emergency adalah pada battery-nya.( berdasarkan pengalaman penulis)
Demikian mudah-mudahan bermnfaat untuk semua rekan-rekan pembaca.

20 February 2013

Jenis-jenis kerusakan Pada kipas angin dan cara memperbaikinya

 
cara memperbaiki kipas angin
Berikut ini beberapa kerusakan yang sering kita jumpai pada sebuah kipas angin. (kipas yang dimaksud disini adalah kipas angin yang digerakan oleh arus listrik 220 volt).
  • Kipas angin mati total, kipas angin dengan kerusakan mati total ditandai dengan bila tombol di ON kan Baling baling kipas tidak berputar, tidak ada getaran sama sekali di motor kipasnya.(seperti tidak ada arus listik yang masuk), untuk cara mengatasinya pertama periksa sekring, kabel power (mungkin putus), cek tombol speednya, cek tombol timer (kalau ada). apabila ke empat elemen tersebut dalam kondisi baik kemudian untuk langkah kedua, cek motor kipas ( cek menggunakan multi tester) mungkin gulungannya putus atau bahkan terbakar (kemungkinan paling fatal ).
  • Kipas angin Baling-baling berputar tetapi pelan. Kerusakan seperti ini ditandai dengan : apabila tombol di ON kan motor/dinamo kipas akan bergetar seperti dengung, baling-baling berputar pelan atau bahkan tidak berputar sama sekali. berikut solusi untuk kerusakan seperti ini. Pertama pastikan bahwa AS nya tidak seret / macet (jika macet harus dibersihkan dulu), Kedua pastikan bahwa antara as dengan bos (bearing) nya tidak goyang/ kendor, setelah kedua langkah tersebut sudah oke tetapi kipas ndak mau berputar juga kita ambil langkah berikutnya yaitu ganti kapasitornya ( biasanya ukuran 1 mf, 1.5 mf dansebagainya)
  • Kipas angin salah satu speednya mati, (misal kipas angin mempunyai 3 tombol speed, tetapi speed no 3 mati), kemungkinan pertama kerusakan pada tombol speednya, kemungkinan kedua kerusakan pada motor/dinamo kipasnya.
  • Kipas angin tidak bisa Tengok kanan dan kiri, Untuk kerusakan seperti ini periksa bagian belakang motor/dinamo kipas, biasanya karena terlalu lama dipakai baut pengunci antara dinamo dan roda gigi kendor. untuk kipas angin yang menggunakan dinamo tersendiri, periksa saklar on/off nya dan ada kemungkinan dinamo penggeraknya yang rusak.
  • Untuk kerusakan non tehnis seperti, baling-baling paecah , leher kipas angin patah dan sebagainya , bisa kita ganti / perbaiki.
  • Untuk kipas angin yang sudah menggunakan Remote control, kerusakan pada rangkaian control elektroniknya jarang terjadi, tapi kemungkinan ada juga.
Masih banyak lagi kerusakan-kerusakan pada kipas angin yang belum bisa ditulis disini.
Semoga bermanfaat.

CARA SERVIS LAMPU NEON HEMAT ENERGI

 
Yang akan kita bahas saat ini adalah cara memperbaiki lampu neon elektronik hemat energi, yaitu lampu sejenis neon dengan rangkaian elektonik sebagai pengganti ballas. berikut contoh gambar lampu H E.

CARA SERVIS LAMPU HEMAT neon ENERGI

  Ada beberapa dari bagian lampu tersebut yang mungkin sering rusak:
  • Lampu neonnya.
         Ciri ciri kerusakanya yaitu ada warna hitam di ujung lampu
  • Rangkaian elektoniknya yang rusak.
         ciri ciri kerusakannya , pada rangkaian tersebut ada beberapa komponen seperti : kapasitor sudah berubah warna (seperti gosong), elco yang mengembung dan juga mungkin resistor yang terbakar.

Untuk kasus yang sering terjadi adalah kerusakan pada kapasitor ukuran 272 1000v dan elco ukuran 33mf 400v. solusinya ganti komponen tersebut dengan ukuran yang sama ( untuk kapasitornya pada kasus ini saya ganti dengan 332 1600v)
                  kapasitor yang sering rusak ditandai dengan warna yang sudah berubah                                                                                                                             
Selesai dan semoga bermanfaat.