05 March 2018

Merakit Rangkaian Pintu Otomatis

Rangkaian Pintu Otomatis tentu sudah sering anda lihat di mal atau kantor-kantor besar. Rangkaian pintu ini merupakan rangkaian yang sangat sederhana dimana akan bisa membuka pintu secara elektronik atau otomatis. Dan bukan dengan cara manual atau memakai tangan secara langsung. Dan tidak hanya di pintu mal saja, anda bisa menerapkannya di pintu-pintu rumah anda seperti garasi atau gerbang. 

Apalagi kadang kala rasa segan saat turun membuka pintu garasi dan juga gerbang memang sudah sering anda rasakan saat menggunakan mobil atau motor. Belum lagi jika anda tidak memiliki satpam yang biasanya membantu anda. Bisa jadi kaki anda akan lemas cuma buat membuka pintu gerbang atau garasi. Dengan membuat pintu otomatis ini, tentu saja anda bisa memudahkan kinerja.
Pada rangkaian pintu otomatis ini, diperlukan catu daya atau sumber tegangan dengan menggunakan baterai dengan nilai sebesar 9 V. Komponen saklar kontak akan digunakan untuk membuka secara manual dan juga menutupnya. Komponen Relay K1 merupakan jenis komponen dengan daya 9 V. Sementara pada komponen relay K2 merupakan jenis yang menempel pada Vac 117 yang secara otomatis akan mengunci ketika ledakan pertama arus dan terbuka pada ledakan kedua. Berikut skema gambar pada rangkaian pintu otomatis ini.

Merakit Rangkaian Pintu Otomatis
Pada prinsipnya, rangkaian pintu otomatis ini bekerja dengan sangat sederhana. Cara kerjanya adalah Ketika pada komponen LASCR tersebut tidak digunakan, maka sumber cahaya akan memicu unit LASCR ke arah konduksi. Hal ini tentu akan menyebabkan arus mengalir ke dalam kumparan relay. Setelah hal tersebut terjadi, tentu saja akan menyebabkan komponen kontak K1 akan menutup sehingga membuat komponen pada K2 bertenaga yang akan segera menutup kontaknya. 

Setelah ini akan mengoperasikan motor pintu garasi atau gerbang untuk membuka dan menutup pintu tersebut. Tentunya dengan rangkaian pintu otomatis ini, anda tidak perlu repot-repot untuk membuka dan menutup pintu secara manual lagi dan akan semakin mudah. Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian pintu yang dibuat secara otomotis, semoga rangkaian ini berguna dan bermanfaat bagi pembaca.

Funsi CDI dan Skema Rangkaian CDI

Rangkaian CDI yang memiliki kepanjangan Capasitive Discharge Ignition ini mempunyai fungsi sebagai rangkaian elektronik pada motor yang bertugas untuk mengatur perapian dengan mengosongkan kapasitor pada rangkaian tersebut. Bagi anda yang gemar dunia otomotif, tentu saja nama CDI sudah menjadi makanan sehari-hari. 
Namun berbeda dengan orang awam yang tentu saja masih asing mendengar nama CDI. Kegunaan dari CDI ini memang vital. Dan tentu saja CDI memiliki keunggulan yaitu :
  • Melakukan pengefisiensi Bahan Bakar Minyak atau BBM pada motor
  • Bisa menyamakan besaran tegangan yang keluar dengan besaran muatan kapasitor di motor tersebut
  • Meningkatkan tenaga.
Dan biasanya setiap sepeda motor memiliki bentuk CDI yang berbeda. Untuk motor dengan silinder tunggal, CDI dengan satu bunga api menjadi alat bantu utama. Sementara untuk motor dengan silinder banyak, CDI dengan bunga api yang cukup banyak dan besar menjadi rangkaian yang bisa anda temukan disini. Dan anda juga bisa membuat sendiri rangkaian CDI sederhana tersebut.
Gambar Skema Rangkaian CDI
 

Gambar Skema Rangkaian CDI

Pada skema Rangkaian CDI tersebut, rangkaian ini menggunakan komponen IC IR 2155 sebanyak 2 buah. Kedua komponen ini memiliki tugas dan fungsi yang berbeda. Yang pertama digunakan untuk switch, sementara yang lain digunakan untuk inverter. Untuk rangkaian switch sendiri, dalam skema rangkaian ini menggunakan mosFET IRF822 yang memiliki frekuensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan transistor atau SCR hingga melebihi 20 kHz. Sedangkan untuk inverternya, menggunakan mosFET MTP3055SE.
Prinsip kerja dari CDI diatas adalah :
  • Mengambil hasil penguapan BBM dari dalam Karburator
  • Mengompres atau memberikan tekanan uap kepada BBM (Bahan Bakar Minyak) pada motor.
  • Lalu pembakaran kepada uap yang sudah dikompres atau ditekan
  • Dan yang terakhir adalah pembuangan gas hasil dari pembakaran tersebut.
Dengan menggunakan CDI tentu saja kinerja motor anda lebih maksimal dan juga irit. Dan tentu saja anda bisa membuat sendiri Rangkaian CDI ini untuk anda gunakan secara pribadi.

Rangkaian LED Sedehana

Rangkaian Elektronika LED sederhana memang tidak serumit rangkaian LED yang rumit, tetapi bagi pemula, rangkaian sederhana ini bisa menjadi suatu hal yang membingungkan karena masih asing terhadap apa – apa yang ada di dalamnya dan bagaimana cara kerjanya. 
Untuk membuat rangkaian LED kita harus menyediakan komponen – komponen elektronika seperti resistor 1 Kohm dan 220 Ohm secukupnya, lampu LED beberapa buah, variabel resistor 10 Kohm, Kapasitor tipe elco 100uF, IC 555 dan IC4017. 
 Komponen – komponen itulah yang nanti akan disusun sedemikia rupa agar kita bisa mendapatkan suatu pola lampu yang rapi dan teratur.
Rangkaian LED Sedehana
 
Rangkaian LED Sedehana
Rangkaian LED ini terdiri dari dua buah rangkaian yaitu rangkaian counter dan rankaian logika frekuensial. Rangkaian counter IC555 merupakan sumber utama clock yang akan mencacah IC4017 untuk menghasilkan sebuah rangkaian LED yang menyala bergantian dari yang paling awal hingga yang akhir demikian seterusnya.
Rangkaian LED sederhana di atas bersifat Astable dan dikombinasikan dengan counter IC yang memiliki 10 output. Cara bekerjanya adalah arus listrik yang mengalir ke dalam rangkaian ini akan diantarkan oleh IC counter yang kemudian membaginya lewat IC4017 dengan konsentrasi waktu tertentu sehingga nantinya lampu LED yang terpasang akan menyala secara bergantian. 
Jika lampurangkaian elektronika LED tidak menyala dengan benar, maka mungkin IC counternya atau IC4017 nya harus diperiksa ulang.

19 February 2018

Mau Tahu Kenapa Kulkas 1 Pintu Ada Bunga Es Yang Sangat Banyak?

 
kenapa kulkas 1 pintu ada bunga es
Apakah Anda salah satu dari pengguna lemari es yang masih belum tahu alasan kenapa kulkas 1 pintu ada bunga es. Jika betul, silahkan baca ulasan berikut ini sampai bawah, karena pada kesempatan ini saya ingin menerangkan kenapa bunga es tersebut sering terjadi pada kulkas 1 pintu.

Sebenarnya bunga es itu menandakan bahwa lemari es tersebut dalam kondisi dingin dan normal. Hal tersebut tidak hanya terjadi pada kulkas 1 pintu saja, bahkan untuk tipe lemari es 2 pintu dan perangkat pendingin lainnya seperti freezer box pun akan mengalaminya.

Bedanya kalau untuk kulkas 2 pintu tidak kelihatan karena letak evaporator di dalam dan tertutup. Selain itu, lemari es 2 pintu juga sudah dilengkapi dengan alat fuse heater dimana ini berguna untuk mencairkan bunga es secara otomatis. ( baca juga : Cara membuat Alarm Pintu lemari ES )
Lain halnya lagi untuk jenis kulkas 1 pintu yang kebanyakan tidak dilengkapi oleh alat tersebut.

Sehingga, kita pun harus rutin membersihkannya setidaknya sebulan sekali. Cara membersihkannya pun harus mengikuti prosedur alias tidak sembarangan. Misalnya tidak boleh menggunakan benda tajam semacam pisau, karena dikwatirkan evaporator ketusuk kemudian terjadi kebocoran freon.
Nah, berikut ini beberapa alasan yang menyebabkan kenapa kulkas 1 pintu ada bunga es yang kadang cukup mengganggu. Pasalnya, kita pun menjadi kesulitan untuk mengambil es batu atau makanan lainnya.

Terlalu Banyak Terdapat Uap Air di Dalam Kulkas

Faktor utama yang menyebabkan kulkas 1 pintu ada bunga es yaitu karena terdapat uap air. Sering buka tutup kulkas dan memasukan makanan yang masih panas dapat memicu timbulnya uap air. Kemudian uap air tersebut terkena suhu yang sangat rendah sehingga menjadi gumpalan es kecil.

Jika hal tersebut terjadi secara terus menerus tentu akan semakin banyak bunga es yang ditimbulkan dari uap air tersebut. Oleh sebab itu, hindari hal-hal yang dapat memicu munculnya uap air di dalam kulkas terutama di bagian freezer.

Mengatur Suhu Temperature Terlalu Rendah

Hasil proses perubahan dari tekanan tinggi ke tekanan rendah pada kompresor berubah menjadi suhu dingin akan di tampung pada evaporator. Lamanya kompresor bekerja untuk mendinginkan ruangan di dalam kulkas ditentukan oleh thermostat. Sehingga, semakin kita mengatur suhu terendah pada thermostat maka kompresor juga semakin lama bekerja.

Tentunya hal tersebut menyebabkan evaporator mengalami pengembunan, dan embun tersebut akan menjadi bunga es karena suhu yang sangat rendah. ( baca juga : fungsi dan cara kerja thermostat pada lemari es )

Karena Kulkas 1 Pintu Tidak dilengkapi Dengan Alat Pencair Bunga Es

Seperti yang sudah saya katakan tadi, kulkas 1 pintu beda dengan kulkas 2 pintu dimana tidak terdapat alat pencair bunga es otomatis. Sebenarnya hal ini lebih mengarah ke point 2 tadi, yaitu ruangan freezer yang terlalu dingin lama kelamaan pasti akan timbul bunga es.

Sebetulnya ada juga lemari es 1 pintu yang sudah ada fitur heater nya, namun untuk kebanyakan kulkas yang sering kita temui belum ada. Oleh sebab itu, jika Anda ada rencana membeli kulkas 1 pintu sebaiknya pilih yang sudah ada fitur untuk mencairkan bunga es nya.

Di atas sudah saya jelaskan beberapa alasan kenapa kulkas 1 pintu ada bunga es. Semoga tulisan ini bisa menjawab rasa penasaran Anda akan misteri bunga es yang ada pada sebuah lemari es. Silahkan share tulisan ini jika menurut Anda bermanfaat, selanjutnya silahkan baca : Tips Cara Merawat Kulkas Yang Benar.

Sumber : http://dutaserviceac.com/kulkas-1-pintu-ada-bunga-es/

Tanda-Tanda Kompresor Kulkas Rusak atau tidak berfungsi

 
Tanda-Tanda Kompresor Kulkas Rusak
Tak sedikit yang belum tahu apa ciri ciri kompresor kulkas rusak. Alasannya tidak lain mungkin karena tidak memiliki keahlian di bidang mesin pendingin. Saya pun sering menerima pesan baik lewat email maupun Chat WhatsApp yang isinya menanyakan kenapa kulkas tidak dingin ? kenapa kompresor kulkas mati hidup ? dan pertanyaan semacam itu lainnya.

Oleh karenanya, terlintas di pikiran saya untuk membuat tulisan yang membahas masalah kompresor kulkas ini. Tujuannya supaya pembaca yang lain nantinya juga tahu apa sih tandanya apabila kompresor kulkas itu bermasalah. Bukan maksud saya juga untuk menggurui rekan rekan teknisi yang sudah lama berkecimpung di dunia mesin pendingin. Saya hanya ingin menyampaikan beberapa poin ciri ciri kompresor kulkas rusak yang paling umum terjadi berdasarkan dari pengalaman pribadi.


Seperti yang kita ketahui, kompresor merupakan alat utama pada setiap mesin pendingin. Bisa ibaratkan ini adalah nyawa dari sebuah mesin refrigerator. Tentunya jika alat ini rusak, baik kulkas maupun AC sudah tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Karena hanya dengan kompresor inilah proses pendinginan dapat terjadi. Nah, berikut ini tandanya apabila sebuah mesin kompresor rusak.

Kulkas Menjadi Tidak Dingin

Ciri ciri pertama yang mudah kita kenali yaitu kulkas menjadi tidak dingin. Apabila tadinya untuk membuat es batu bisa jadi beku, tapi sekarang tiba tiba mencair lagi, ada indikasi kompresor pada kulkas tersebut rusak. Namun, kita juga tidak bisa langsung memvonis 100% karena sebenarnya ada banyak kemungkinan kalau kulkas tidak dingin. Dalam hal ini saya sudah pernah menulis artikel yang berjudul penyebab kulkas tidak dingin, silahkan Anda baca.

Suara Kompresor Keras dan Berisik

Anda pernah mendengar suara mesin kompresor kulkas menjadi keras dan berisik ? Nah, itu tandanya kompresor tersebut sudah mau mati. Biasanya tinggal nunggu dua atau tiga hari kedepan pasti akan mati total. Penyebabnya bisa karena usia dari kompresor tersebut sudah telalu lama, sehingga ada alat pada bagian dalam yang sudah aus. Alhasil suaranya menjadi berisik dan cukup mengganggu telinga.

Ampere Kompresor Naik Melebihi Batas Maksimal

Apabila kita cek ampere kompresor menjadi naik melebihi batas maksimal, ini juga merupakan gejala kompresor kulkas rusak. Namun dalam hal ini kita juga harus memeriksa tekanan freon nya, masalahnya kalau tekanan freon terlalu banyak juga bisa berakibat ampere naik. Jadi, kita harus mengetahui berapa PSI tekanan freon dan juga berapa maksimal ampere kompresor tersebut. Dengan begitu kita bisa mengambil kesimpulan apakah mesin kompresor benar rusak atau hanya kebanyakan kita mengisi gas freon.

Mesin Kompresor Hanya Terdengar Suara Berdengung Saja

Dalam hal ini kulkas tetap nyala, namun pada mesin kompresornya hanya berdengung tidak sampai nyala normal. Penyebabnya bisa karena tegangan listrik terlalu rendah, atau malah habis terkena tegangan tinggi atau rendah. Kalau sudah seperti ini, biasanya tidak lama lagi ampere kompresor akan naik kemudian mesin akan mati.

Kompresor Tidak Mau Hidup Sama Sekali

Nah, ciri ciri kompresor kulkas rusak yang terakhir ialah mesin tidak mau nyala sama sekali walaupun kita colokan ke listrik. Dalam hal ini juga bisa mungkin relay PTC atau overload nya putus. Oleh karenanya kita harus test dengan memberi tegangan listrik pada kompresor secara langsung.

Di atas sudah saya jelaskan Tanda-Tanda Kompresor Kulkas Rusak, sekali lagi di sini bukan maksud penulis mengurui. Namun, jika ada yang ingin Anda tambahkan atau ada yang belum bisa dimengerti bisa Anda tulis di kolom komentar. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Sumber : http://dutaserviceac.com/kompresor-kulkas-rusak/

13 February 2018

Cara Memperbaiki Sendiri Mesin Stempel Flash

 
Cara Memperbaiki Sendiri Mesin Stempel Flash
Mesin Stempel Flash adalah salah satu alat utama untuk mendukung usaha jasa layanan pembuatan stempel warna. Apabila mesin stempel flash mengalami kerusakan, tentunya kita tidak bisa melakukan perkerjaan secara optimal. Artinya produktivitas usaha akan terganggu. Lalu bagaimana solusinya? Solusinya adalah harus segera memperbaiki mesin stempel tersebut.

Kerusakan yang sering terjadi pada mesin stempel adalah lampu mesin stempel tidak menyala. Bagaimana cara mengatasinya? Lihat dulu kondisi lampu, jika lampu tidak menyala karena lampu flashnya “gosong” atau menghitam, berarti lampunya memang rusak, karena terbakar. Berarti ada masalah/kerusakan/korsleting  pada komponen didalamnya. Biasanya kerusakan lampu bisa terjadi pada beberapa lampu atau mungkin semua lampu terbakar. Atau Lampu terlihat tidak terbakar/gosong, tapi tidak menyala.

Tips memperbaiki mesin stempel flash anda, apabila mengalami kerusakan
  1. Apabila anda bisa atau berani memperbaiki sendiri, silahkan buka dan lihat komponen didalam box mesin stempel, pertama, lihat sklar atau push on  berfungsi atau tidak, karena sklar/push on adalah komponen yang rentan mengalami kerusakan. Kedua lihat juga rangkaian lampunya,  jika lampu tidak menyala sebagian atau seluruhnya, soldiran pada rangkaian lampu terlepas karena kepanasan. Anda bisa segera mensoldir rangkaian lampu tersebut. Setelah anda melakukan penyoldiran, coba nyalakan mesin stempel anda, bila menyala berarti, memang masalahnya di rangkaian lampunya. Masalah teratasi, bila tidak menyala juga?
  2. Jika rangkaian lampunya tidak mengalami kerusakan, coba anda lihat rangkaian bank elco sebagai sumber power pada mesin stempel anda. Biasanya mesin stempel yang beredar saat ini, mesin stempel flash dilengkapi dengan bank elco yang terdiri dari elco-elco ukuran keci yang yang dirangkai secara paralel sesuai kebutuhan mesin stempel. Masalah yang terjadi biasanya ada beberapa elco yang sudah tidak berfungsi/rusak. Ciri-cirinya biasanya lapisan luar elco terkelupas, gosong, terlepas, atau penyok, solusinya segera lepas dan diganti dengan elco baru sesuai ukuran elco tersebut. Coba lihat ukuran elco, jika ukuran elco dibawah 450 V akan sangat berpengaruh dan rentan terhadap kerusakan lampu flash, lampu akan mudah terbakar/gosong. elco yang ideal biasanya menggunakan 450 V atau diatasnya.
  3. Jika bukan bank elco yang menjadi masalah kerusakan, lihat trigger nya, masih berfugsi atau tidak, jika rusak segera ganti dengan yang baru.
  4. Jika trigger juga bukan menjadi masalah kerusakan, coba liat relay nya, masih berfungsi atau tidak. segera ganti kalu sudah tidak berfungsi. Relay tidak berfungsi biasanya membuat lampu sama sekali tidak bisa dinyalakan lewat sklar atau push on.
Memiliki mesin stempel rusak terkadang membuat seseorang langsung segera membawa alat tersebut ke tempat servis dan hal ini biasanya akan menghabiskan biaya perbaikan yang tidak sedikit padahal apabila kita mau berpikir kreatif sebenarnya ada alternatif lainnya bagaimana cara memperbaiki mesin stempel warna tanpa menghabiskan banyak biaya yakni dengan melakukan perbaikan secara mandiri. Tentu sebelum melakukan perbaikan ada baiknya bila kita mengetahui bagian mana sajakah yang mengalami kerusakan sehingga kita bisa melakukan penanganannya dengan tepat.
Bagian yang Sering Mengalami Kerusakan
Jenis mesin yang paling sering digunakan adalah mesin stempel flash. Mesin flash manapun baik yang murah atau mesin stempel flashmurah tetap akan mengalami kerusakan apabila tidak dilakukan perawatan mesin yang optimal. Bagian yang sering mengalami kerusakan adalah bagian lampu yang sering tidak menyala. Saat melakukan pengecekan pada bagian ini, kita harus bisa menentukan apakah lampu tersebut tidak menyala karena mengalami konsleting atau bukan. Bisa juga terjadi masalah bagian kabel lampu. Lantas, bila bagian ini yang rusak, bagaimanakah cara memperbaikinya? Berikut ini tipsnya.
Tips Memperbaiki Lampu Mesin Stempel yang Rusak
Apabila kita mendapati bahwa lampu pada bagian mesin rusak dan tidak dapat menyala maka kita perlu mengeceknya dengan cara membuka bagian boks mesin tersebut. Pastikan apakah bagian saklar dapat berfungsi atau tidak. Kemudian, cari tahu apakah seluruh lampu mengalami kerusakan ataukah hanya sebagian karena bila sebagian maka hal ini bisa jadi karena soldiran bagian lampu terlepas. artinya cara memperbaiki mesin stempel warna tersebut dengan merekatkan kembali atau mensolder kembali bagian lampu tersebut.
Bila setelah melakukan penyolderan ternyata lampu masih belum menyala iu artinya ada kemungkinan bahwa rangkaian bagian bank elco mengalami masalah. Bagian bank elco ini merupakan bagian sumber power mesin. Biasanya mesin stempel yang bukan dari modifikasi atau hasil membuat mesin stempel flash sendiri memiliki bagian elco yang berukuran kecil dengan rangkaian paralel. Bila kita mendapati bagian elco mengalami kerusakan pada bagian luar seperti gosong, penyok, atau lepas maka cara mudah memperbaikinya adalah dengan mengganti bagian elco tersebut dengan yang baru.
Cara memperbaiki mesin stempel warna selanjutnya bila mesin masih belum bisa beroperasi dan bagian elco bukanlah bagian yang mengalami kerusakan adalah mengecek bagian trigger. Pastikan apakah relay dapat berfungsi ataukah mati. Bila relay memang telah rusak maka artinya kita harus segera menggantinya dengan yang baru. Itulah beberapa cara memperbaiki lampu yang mati pada mesin stempel yang dapat kita lakukan secara mandiri. 
Itulah Tips memperbaiki mesin stempel flash anda, apabila mengalami kerusakan, Semoga bermanfaat.