29 September 2012

Tips membersihkan Sensor Kamera DSLR dari Debu

 

Cara membersihkan  Sensor Kamera DSLR dari Debu - Kebiasaan mengganti lensa di luar ruangan pada kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) bisa mengakibatkan partikel debu masuk dan menempel pada sensor kamera yang pada akhirnya bisa mempengaruhi hasil foto.

Cara membersihkan  Sensor Kamera DSLR dari Debu
Biasanya kalau sudah begitu, kita akan menyerahkan pembersihan sensor kamera tsb ke pihak service centre. Kalau garansinya masih berlaku sih nggak masalah, tapi kalau sudah nggak berlaku, Anda harus rela merogoh kocek kurang lebih Rp.100 - 200rb.

Nah, berikut ini ada tips untuk membersihkan sendiri kamera DSLR Anda yang saya rangkum dari beberapa tulisan di forum fotografer.net dan menurut teman-teman sudah Mareka praktekkan pada Nikon D40, D60, D70, D70s, D200 dan berhasil.

Langkah pertama pastikan dulu apakah memang sensor Anda yg kotor, caranya setting kamera pada:


  1. iso 100/200
  2. Bukaan diafragma paling sempit
  3. Focus manual
  4. Titik focus terserah
  5. Speed menyesuaikan
Fotokan kamera ke layar monitor yg sudah di set BG putih (buka new file di ps dengan ukuran 800x600 pixel kemudian zoom 100% lalu tekan tab). Hasilnya buka di ps lalu tekan ctrl+l, klik autolevel.

Setelah ketahuan sensor Anda emang kotor, langkah kedua

Cara membersihkan  Sensor Kamera DSLR dari Debu
bersihkan pakai blower
  1. Buka lensa dr body
  2. Cari di menu Mirror lock-up lalu start. (pada Nikon D40 Anda bisa pencet tombol menu, lalu pilih icon yg gambar "kunci pas" (di atasnya retouch menu) cari di bagian bawah ada menu mirror lock up. Kalau nggak ada menu mirror lock up berarti menu mirror lock up tdk ditampilkan waktu ngeset "CSM/Setup menu/my menu". Masuk dulu ke "CSM/Setup menu" pilih "full" trus keluar, cari menu mirror lock up yg di "Setup menu" (bukan yg di dlm CSM/Setup menu), lalu di ON, kemudian akan muncul tulisan "when the shutter button is pressed, the mirror lifts......." baru pencet shutter buttonnya)
  3. Cermin akan terbuka jika shutter ditekan .
  4. lalu bersihkan pakai blower...posisi blower agak jauh, jgn sampai menyentuh sensor...jgn lupa body menghadap ke bawah. (pastikan pipa blower Anda terpasang rapat, kalau perlu diselotip aja)
  5. Setelah yakin bersih...Off-kan kamera...cermin akan menutup lagi
  6. Pasang lensa...lalu lakukan tes seperti langkah pertama.
Nah itulah Cara membersihkan Sensor Kamera DSLR dari Debu semoga bermanfaat.

No comments:
Write komentar