12 October 2012

Memperbaiki TV gambar warna kuning

 

Memperbaiki TV gambar warna kuning - Dahulu saya sudah pernah menulis tentang kerusakan televisi Polytron dengan gejala kerusakan gambar blanking, ternyata kemarin ada lagi kerusakan yang hampir mirip yaitu pada saat saya service televisi warna cacat, dalam hal ini warna yang tampil paada layar berubah menjadi kekuningan (tidak ada warna biru).

Televisi tersebut merupakan TV China dengan mesin TV bermodel 1 IC, dan dari kondisi fisiknya belum pernah diperbaiki sebelumnya. Televisi masih dapat berfungsi normal dalam hal menerima siaran, yang menjadi masalah hanya pada warna biru yang sangat kecil dan bahkan warna biru tidak bekerja.


Segera yang saya selidiki adalah pada bagian videoboard yang hanya terdiri dari 3 buah transistor C2482 dan sejumlah resistor. Dan ternyata memang benar pada jalur warna biru tegangan DC tidak ada alias drop.


Setelah melakukan pengukuran, ternyata ada salah satu transistor C2482 yang short/ mati. Hal ini diperkuat dengan kondisi fisik dari salah satu resistor 2 watt yang dalam keadaan gosong.


Segera dua komponen tersebut saya ganti dan ternyata setelah keduanya dipasang, televisi bermesin Cina tersebut sudah menyala normal kembali. Untuk meyakinkan, saya segera melakukan burn test untuk beberapa saat.

No comments:
Write komentar