15 February 2013

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Simbadda Yang speaker kanan suaranya kecil

 

Beberapa Hari yang lalu saya menerima servisan speaker aktif , dengan keluhan speaker kanan suaranya kecil dan suara Bass nya tidak ada. Beberapa jam kemudian baru speaker aktif nya saya coba , dan ternyata benar, suaranya kecil sebelah dan subwoofer nya tidak ada bass nya. Langsung saja saya melepaskan beberapa sekrup yang ada di bagian belakang.


Karena saya baru kali ini memperbaiki speaker aktif Simbadda, jadi saya perhatikan dulu blok dan jalur-jalur pcb nya.
 
speaker aktif simbadda

 
Setelah diperhatikan , ternyata speaker aktif Simbadda ini menggunakan 2 buah power amplifier.
Power amplifier satunya untuk speaker bass (woofer) menggunakan ic TDA2030 Satu biji atau satu buah atau apalah namanya terserah , yang pasti ic TDA nya cuma satu . Sedangkan amplifier yang satunya lagi menggunakan 1 buah ic yang tidak saya ketahui nomernya karena ic nya ditutupi dengan plat pendingin (baca : ic anonim). Ic anonim ini sudah stereo, dan outputnya dihubungkan ke kedua speaker kecil (satellite).

Untuk speaker yang suaranya kecil sebelah , saya cek sinyal audio nya apakah benar sampai pada input ic anonim ,dan ternyata sinyalnya ada. Kemudian saya coba memastikan elco pada input ic anonim rusak, ternyata elco nya baik-baik saja .


Beralih ke output ic anonim , saya coba lagi memastikan elco pada output ic anonim dalam keadaan tidak sehat , dan ternyata kali ini dugaan saya benar. Langsung saja elco 470uF/10V ini saya cabut
.



Karena suara speaker yang kecil sebelah sudah ditemukan penyebabnya , saya beralih ke bagian woofer.
Saya ukur tegangan pada kaki ic TDA2030 , tegangannya ada . Saya coba pegang ic TDA2030 nya , dan terasa panasnya normal-normal saja.
Kemudian saya coba menghubungkan output ic TDA2030 ini dengan speaker lain , ternyata suaranya ada. Nah , berarti masalah yang kedua sudah ditemukan, yaitu speaker woofer nya.

Saya pun tinggal tunggu si empunya datang dan melaporkan masalah speaker aktif Simbadda miliknya

Pas si empunya datang , saya menyodorkan elco yang bermasalah tadi dan speaker woofernya untuk dibeli gantinya. Karena speaker woofernya tidak ada yang menjualnya , akhirnya spul speakernya saya ganti saja dengan yang baru. Setelah elco dan speaker dipasang kemudian dicoba lagi , Alhamdulillah speaker aktifnya sudah sehat. Lagi-lagi tinggal tunggu empunya datang untuk menjemput Simbadda nya dan dan memberikan rupiahnya

Tidak sampai di situ , beberapa minggu kemudian simbadda nya balik lagi dengan keluhan bass tidak ada.
Langsung saja speaker woofernya saya ganti dengan yang baru , karena memang speaker nya sudah dapat yang baru, dan alhamdulillah bass nya langsung ada. Kemudian tutup lagi box nya. Dan terima lagi ongkosnya

Eh keesokannya, simbadda nya berulah lagi , kali ini giliran speaker sebelah kirinya lagi yang suaranya pelan , langsung saja elco 470uF/10V pada output ic anonimnya saya cek , dan ternyata benar , elco nya sudah mati
karena sudah malam , jadi tidak ada toko lagi yang buka. Akhirnya keesokan harinya baru elco nya diganti.
Pasang elco , pasang pcb ke tempatnya lagi , kemudian tutup box nya dan selesai .
Tinggal tunggu si empunya datang menjemput simbadda kesayangannya.


Sumber : http://unungdiadi.blogspot.com/2012/07/memperbaiki-speaker-aktif-simbadda.html

1 comment:
Write komentar
  1. mas.. punya aku simbadda cst5000.. sama tuh suara speaker krinya kcil.. trus bassnya juga ilang.. .
    trus apa sma juga yg d periksa elco.y?.. dsni elco.y pke yg 16v..
    trus u/ woofr.. saya dah coba pke spekr woofr pnya temen.. eh ternyata tetep sama gak ada suara.. trus u/ woofer.y kaya gni, yg d periksa tu komponen yg mana?..
    mkasi Gan sblm.y..

    ReplyDelete