22 May 2013

Cara mengatasi Kulkas dingin sebagian

 

Dalam  beberapa hari ini kita akan kembali memebahas tentang permasalahan pada kulkas, jika sebelumnya kita telah membahas cara mengatasi kerusakan pada kompresor kulkas, maka kali ini kita akan membahas Cara mengatasi Kulkas dingin sebagian. Beriku ini beberapa langkah yang dilakukan jika kita menemukan Kulkas yang dingin hanya sebagian saja :

1. Periksa karet pintu nya apakah masih utuh/tidak sobek sehingga ketika pintu ditutup permukaan antara pintu dan bagian depan kulkasnya rapat.
Cara mengatasi Kulkas dingin sebagian
Solusi : jika sobek diganti baru atau jika hanya lepas dari penjepitnya kendurkan dahulu bautnya kemudian karetnya masukan kembali ke celah yang seharusnya agar ketika baut dikencangkan akan terjepit kembali dengan benar.

2. Periksa pada bagian yang tidak dingin nya dengan cara menekan switch pintu sambil merasakan dengan tangan apakah terasa ada hembusan angin atau tidak,kalau tidak tentu saja tidak akan dingin sebabnya air yang membeku menutupi atau kotoran yang mempersempit saluran/lorong udara yang berada didalam kulkas (lihat gambar diatas), saluran ini harus bebas dari apapun yang menghalangi sehingga udara bisa bersirkulasi dengan lancar.

2a. Periksa bagian dalam kulkas nya terutama bagian bawah apakah kering atau basah, jika basah dan air menetes atau membasahi sampai keluar (banjir) ini pertanda saluran airnya mampet.
Skema jalur kulkasSolusi : Cabut steker dari stop kontak agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, bukalah cover penutup Evaporator nya dan bersihkan bunga es yang ada pada evaporator tadi dengan air yang mengalir ( memakai selang dari kran air yang tidak terlalu besar bukaannya ), biarkan air mengalir menyapu bersih seluruh bunga es yag menimbun tadi sambil perhatikan air buangannya apakah keluar dari lubang pembuangan yang semestinya dan jika tidak sudah bisa dipastikan saluran air nya mampet, biasanya bukan hanya bunga es yang menutupi nya tetapi sudah benar-benar menjadi es yang sulit dilarutkan hanya dengan air dari keran saja tetapi harus menggunakan air hangat dahulu agar es dan kotoran yang biasanya lemak dari ikan,daging,es krim dll lebih cepat mencair atau lumer.

Jika es sudah habis dan air buangannya pun keluar dari lubang pembuangan siram juga dari lubang-lubang saluran yang lainnya yang berada dekat pintu atau dibagian paling bawah penutup Evaporator pada Freezer sedangkan untuk bagian refrigerator semprotkan dekat pintu bagian atas dan pada lubang dampernya.

Selamat mencoba  Tips Cara mengatasi Kulkas dingin sebagian ini, semoga bermanfaat.

No comments:
Write komentar