31 March 2017

4 Langkah Mudah Menangani TV Hilang Suara

 

SOLDIRADEM BLOG- Berikut ini saya akan mengajak Anda untuk menangani TV bisu. Mungkin cara yang saya ajarkan di sini cukup sederhana dan mudah-mudahan dapat mengatasi permasalahan yang Anda hadapi.
Servis TV tidak ada suara itu mudah saja asalakan anda tau bagai mana mengatasinya dengan langkah yang benar. Berikut 4 langkah demi langkah yang harus anda tempuh.

1. Pastikan Input TV 

Sebelum anda mulai membuka casing TV sebaiknya periksa bagian input. Berupa kabel RCA. Pastikan program tidak sedang mode mute. Adjusmen volume di 100%/ full. Sekarang sentuhlah jack RCA. Bila terdengar suara /ada respon dari speiker berarti yang bermasalah sumber input, misal receiver para bola yang bermasalah atau dvd anda yang rusak. Namun apabila suara terdengar ada gangguan hum atau kemresek. Coba cek rca dengan cara mengganti dengan kabel yang lainya.

2. Cek Tegangan Jalur Audio
Bila cara di atas belum mengatasi masalah Anda sekarang coba bukak casing TV dalam keadaan mati. Setelah itu nyalakan dan sentuh input kaki IC power Amplifier. Jika tidak ada respon dari speaker sama sekali saat input di sentuh menggunakan jari,  maka cek dulu speaker dengan cara menggunakan Ohm Meter ×1. Kemudian Cek tegangan power suplay yang jalur blog power Amplifier. Biasanya tegangan berkisar antara 12- 15 Volt DC. Jika tegangan dari power tidak ada maka coba copot beban dari IC power amplifier. Jika setelah mencopot beban tegangan tumbuh Tegangan dari sebelumnya tidak ada sama sekali ,maka di pastikan power audio short. Sekarang bila tegangan kurang dari 12 Volt maka bisa jadi elco filter dari output regulator kering.

3. Power Audio Masih Normal Tapi Tidak Ada Suara Dari Input

Terdapat dua kemungkinan. Pertama IC control mati dan yang kedua komponen pendukung ada yang mati. Cara menanganinya, periksa amati dengan seksama keadaan solderan secara detail bila perlu solder ulang pada kaki mulai dari IC contol sampai dengan IC audio. Cek elco pembatas input di kaki audio. Cara menyelidiki apakah IC control masih baik atau rusak maka di urutkan, pertama sentuh pada bagian input IC control, untuk mengetahui kaki input bagian audio cari Data Sitenya terlebih dahulu atau lebih simplenya urutkan dari soket input. Jika sudah ketemu coba sentuh jika ada respon dari sentuhan ke audio berarti IC contol normal.  Tapi jika tidak ada berarti mati. Sebenarnya bagi yang menggunakan antena parabola tidak perlu mengganti IC control yang bermasalah. Cukup di jumper dari soket Input audio ke kaki IC power amplifier. Untuk pengaturan volume bisa di lakukan dari receiver. Bagi yang masih menggunakan antena maka jika IC  controlnya yang mati maka harus di ganti.

4. Cek Speaker
Gejalanya tidak ada respon sama sekali dari speaker ketika di berikan Input oleh karena itu cek menggunakan Ohm Meter. Jika masih nyambung berarti speaker masih bagus. Speaker mati sering terjadi pada TV yang menggunakan satu loudspeaker saja sehingga  kerja speaker terlalu berat. Sedangkan yang dua speaker jarang sekali loudspeaker mati. Jika yang menggunakan dua speaker tidak ada suara berarti permasalahan terdapat pada blog audio amplifier.

Kesimpulan dari langkah memperbaiki TV yang hilang suara ialah
Ketika anda membuka TV amati, sentuh IC power, cek speaker maka anda akan menemukan area mana yang harus di oprek.
Demikian dan terimakasih semoga bermanfaat. !


No comments:
Write komentar