18 March 2017

Cara Menentukan Kaki B,C,E Transistor Jengkol 2N3055 dan MJ2955

 


Salam jumpa lagi !, kali ini saya ingin shere cara menentukan kaki transistor jengkol 2N3055 dan pasanganya yaitu MJE2955. Perlu kita ketahui bahwa sebuah transistor mempunyai 3 kaki yaitu,  Basis, Colector, dan Emitors. Transistor mempunyai dua jenis yaitu NPN dan PNP. Transitor jengkol 2n3055 adalah NPN,  di rangkaian amplifier kaki Colektor dihubungkan dengan positive. Sedangkan transistor mje2955 adalah pnp jika di rangkaian amplifier kaki colector dihubungkan ke negative bukan ground.

2N3055 dan MJE2955 merupakan transistor yang digunakan sebagai penguat akhir pada rangkaian power audio. Bentuknya menyerupai jengkol putih mengkilap dan sering menempel pada heatsing/pendingin. Bila orang yang belum tahu kaki transistor terlihat hanya ada dua kaki, tapi sebenarnya terdapat 3 kaki. Kaki yang satunya adalah body dari transistor itu sendiri.

Menentukan Kaki B,C,E Transistor Jengkol 2N3055 dan MJE2955

Nah sebagai orang awam yang belum tahu seluk beluk transistor jengkol maka untuk lebih mudahnya saya beri patokan yang mana basis, colector dan emitor. Kaki Basis pada transistor jengkol terletak pada bagian bawah berdampingan dengan emitor. Kaki colector adalah body transistor itu sendiri. Kaki emitor berdampingan dengan basis yaitu di bawah.
Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini


Jika anda mempunyai AVO meter akan lebih mudah dan pasti untuk lebih memahami kaki transistor. Berikut cara menggunakan AVO meter untuk menentukan kaki basis, colector dan emitor pada jengkolan menggunakan tester analog:

1. Arahkan fungsi di ohm meter 1× .
2. Tempelkan probe merah pada salah satu kaki bagian bawah
3. Brobe hitam pada bagian body.
4. Jika jarum bergerak ke kanan maka kaki yang ditempel probe merah adalah kaki Basis.
5. Secara otomatis setelah ketemu kaki basis maka,kaki colektor( body tr) ,dan emitor berdampingan dengan basis, .
Jika probe merah sebagai basis berarti  transiator ini jenis PNP. Jika probe hitam sebagai basis jenis NPN.

Anda yang masih ragu mengenai letak kaki transistor jengkol berhati-hatilah sebelum menyalakan rangkaian, karena dapat berakibat transistor mati, jika pemasangan pada rangkaian terbalik, maka telitilah sebelum menyalakan.

Jika suatu saat anda ingin mengganti dengan yang lebih baik kualitasnya misal jenis jengkol MJ15004 dan MJ15003 posisi kakinya masih sama tinggal bagaimana anda memahami jenis sepasang transistor tersebut.
Kaki pada transistor jengkol sebenarnya sama dengan kaki transistor yang lainya.  hanya saja, pada posisi kaki transistornya dan bentuk body. Transistor plastic kaki basis,colector,emitor nya bejejer tiga kaki tapi tanpa melibatkan body sebagai konduktor.

Begitulah cara mudah mengetahui kaki transistor 2N3055 dan MJE2955 yang dapat saya sampaikan. Mudah-mudahan dapat dipahami bahasa tutur kata saya yang mungkin tidak sempurna. Slamat mencoba!

No comments:
Write komentar