18 March 2017

Cara Servis Tv CRT Layar Gelap Suara Normal

 

Terlihat TV keadaan hidup namun layar tetap gelap, sebagian orang awam bahwa ini adalah tabung CRT yang rusak. Tapi bagi teknisi tidak semudah itu memfonis sebelum benar-benar mengcek semua komponen dan tegangan yang berhubungaan dengan masalah layar gelap.

Oleh sebab itu saya sebagai seorang teknisi ingin berbagi sedikit pengalaman yang mungkin bisa untuk di jadikan refrensi untuk rekan semuanya terutama pemula.

Cara Menangani Masalah CRT Gelap
Sebelum melakukan penyelidikan ke semua komponen ada baiknya bersihkan mesin TV dari debu dan kotoran lainya yang menepel di komponen, karena debu yang tertimbun teramat lama akan mempengaruhi komponen berkarat dan akan menambahkan konduktor dan resistensi, pada intinya debu dan kotoran sangat mepengaruhi kinerja casis TV apabila udara sedang lembab. Karena bisa jadi kerusakan hanya di pengaruhi debu.
Setelah semuanya di bersihkan kini saatnya melangkah ke penyelidikan ke komponen dan tegangan.
Berikut ulasanya:

1. Solderan  Retak
Kualitas sebuah mesin TV bisa dilihat dari segi solderan. Jika solderan terlihat retak-ratak maka bisa di katakan soldiran kualitas rendah. Oleh karena itu, kadang kerusakan hanya di sebabkan oleh solderan yang hanya retak sehingga kaki komponen tidak konek dengan jalur FCB. 
2. B+ Drop
Saat menemui kasus layar gelap hal ke dua yang harus di lakukan adalah mengukur tegangan B+ 115 volt yang berfungsi sebagai penyuplay flyback. Pastikan elco pemfilter tegangan B+ dalam keadaan baik, meski masih baik langsung ganti yang baru. Karena kebanyakan CRT gelap sering di sebabkan oleh elco pemfilter B+ short maupun berkurang kapasitasnya.
Cek dioda penyearah B+ juga, Jika elco meledak atau B+ drop secara drastis.


3. Tegangan 180 volt
Setelah semua di pastikan kerja flyback baik, langkah selanjutnya menuju output flyback pada bagian jalur penyuplay 180 volt. Pastikan 180 atau sedikit di toleransi 5-10volt. Sama seperti B+ 115 bahwa pemfilter 180 volt juga tak luput dari pemeriksaan pastikan benar benar baik. Elco ukuran kecil namun berpengaruh besar.

4. Tegangan Sreen
Cek tegangan screen pada Grid screen. Jika tidak muncul tegangan periksa capasitor scren, biasanya kalau masalahnya layar gelap capasitor ini akan short dengan groun, jika layar terlalu blangking berarti capasitasnya berkurang.

5. Filamen pemanas
Sebelum memastikan tegangan ada baiknya jka cek filamen CRT. Menggunakan ohm meter 1× untuk memastikan filemen CRT masih nyambung. Cek filamen CRT dengan tegangan sekitar 4-5 vot AC. Jika tidak muncul telusuri mulai dari out heater flyback. Ukur resistor pembatas yang dekat dengan output heater jika melar ganti dengan yang sama, boleh ganti tidak sama asalkan lebih kecil ukuranya.

6. Flyback mati
Setelah semua di pastikan normal tapi. Output flyback tak kunjung muncul bisa  di pastikan flyback sudah tidak layak kerja atau lemah. Maka ganti dengan yang baru.

7. Tabung CRT mati
Tabung CRT mati biasanya di tandai dengan layar gelap. Dan yang lebih parah lagi crt
•filmen putus
•filamen ngupil
Kedua masalah tersebut terjadi kebanyakan ialah pada TV yang memang sudah berumur dan faktor kerja berlebih.
Dari permasalahan di atas dapat di simpulkan bahwa pada intinya kerusakan tabung layar gelap tapi suara masih ada  terletak pada flyback dan CRT itu Sendiri.

Artikel terkait;Masalah CRT gambar Gelap

Demikian yang dapat saya catat berdasarkan pengalaman selama beberapa tahun terahir menangani, layar TV gelap namun suara normal. Semoga bermanfaat!


No comments:
Write comments