28 July 2017

4 Jenis Kabel Body Mobil Yang Harus Anda Ketahui

 

Kabel body mobilmemiliki peranan yang sangat vital pada mobil itu sendiri, karena jika ada satu saja kabel yang putus, maka mobil bisa saja mogok. Bahkan lebih parahnya adalah mobil bisa saja terbakar akibat dari konsleting dari kabel body mobil itu sendiri. Maka dari itu, dalam memasang kabel pada mobil tidaklah boleh sembarangan. Kabel yang dipasang pun harus memiliki kualitas yang bagus. Agar mobil anda dapat terhindar dari musibah yang telah disebutkan tadi.

Jenis-Jenis Kabel Body Mobil


Kabel pada body mobil sendiri dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis kabel tersebut tentu saja memiliki fungsi serta peranannya masing-masing. Adapun jenis-jenis kabel mobil tersebut diantaranya adalah:

1.      Kabel Power atau Kabel Strom


Kabel power atau banyak juga yang menyebutnya sebagai kabel strom berfungsi untuk mensuplai daya dari Accu pada berbagai komponen pada mobil itu sendiri. Mulai dari mesin mobil, AC, perangkat audio, sensor, lampu dan lain sebagainya. Tanpa adanya kabel power, maka daya atau tegangan listrik dari Accu tidak dapat disalurkan pada komponen-komponen tersebut termasuk juga pada mesin. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika mobil bisa saja mogok ditengah jalan akibat kabel power yang bermasalah.

2.      Kabel Digital


Kabel digital ini khusus dialiri oleh berbagai signal digital, seperti indikator lampu pada dashboard, indikator bensin, power window, dan lain sebagainya termasuk juga signal digital dari CD player yang nantinya akan diubah menjadi signal analog melalui DAC sebelum kemudian diubah kembali menjadi suara pada speaker. Biasanya panjang dari kabel digital ini tidak lebih dari 2 meter karena jika kabel digital lebih dari 2 meter, maka kualitas signal yang dibawanya tidak terlalu bagus.

3.      Kabel Interconnect

Kabel interconnect adalah kabel yang digunakan untuk menggabungkan beberapa fungsi kabel menjadi satu. Kabel interconnect ini juga membawa signal analog yang akan disalurkan pada berbagai komponen elektronik pada mobil seperti halnya audio player, AC, sensor bahan bakar, dan lain sebagainya.

4.      Kabel Speaker

Seperti namanya, kabel speaker tentu saja hanya digunakan untuk menghubungkan speaker pada mobil dengan amplifier serta head unit. Karena speaker menggunakan signal arus kuat, maka ukuran kabelnya sedikit lebih besar dari kabel digital dan juga kabel interconnect.

Kabel Ground Mobil


Selain jenis-jenis kabel body mobil di atas, ada satu jenis kabel lagi yang memiliki peranan sangat penting pada mobil. Kabel tersebut adalah kabel ground. Kabel ini sendiri berfungsi untuk mengalirkan listrik berlebih pada bodi mobil sehingga bodi mobil memiliki masa atau negatif ground.
Kabel ini sendiri memerlukan sebuah perawatan khusus karena kabel ini  rawan sekali terkena korosi dan juga oksidasi karena letaknya yang bersentuhan langsung dengan bodi mobil. Jika pemilik mobil malas untuk mencuci mobilnya setelah melewati jalan becek, terkena hujan, jalan berlumpur dan berdebu, maka kabel atau tepatnya kepala kabel ground akan cepat berkarat.

 Jika sudah berkarat, efeknya adalah aliran masa listrik tidak akan tersalurkan pada bodi mobil secara sempurnya. Tentunya hal ini akan sangat mempengaruhi sistem kelistrikan pada mobil itu sendiri. Jika sistem kelistrikan terganggu maka mobil bisa saja mogok ditengah jalan, atau bahkan terjadi konsleting yang dapat mengakibatkan mobil terbakar.

Nah itulah sekilas mengenai kabel body mobil. Kabel sendiri merupakan komponen yang tidak hanya digunakan untuk mengalirkan listrik saja, akan tetapi juga digunakan sebagai penghubung antara komponen di dalam mobil.





No comments:
Write komentar