24 August 2017

Cara Membuat Inverator dari Trafo Bekas

 

Cara membuat inverator sederhana dari trafo bekas - Inverator pada dasarnya digunakan untuk mengurangi starting up pada perangkat elektronik yang baru dinyalakan. Nah kebanyakan inverator digunakan agar mcb PLN rumah kita agar tidak jeglek.

Inverator di pasaran saat ini banyak macamnya. Dilihat dari harganya pun bermacam-macam. Masyarakat pada umumnya memilih inverator yang penting fungsinya bisa menahan agar tidak jeglek dan sering memilih yang paling murah. Padahal setelah saya buka ternyata dalamnya hanya lilitan yang di bungkus semen. Sesederhana itu namun berfungsi dengan baik. Itu harganya Kisaran 15-20 ribu rupiah.

Dilihat dari penggunaanya inverator hanya digunakan sebagai penahan /tahanan perangkat ELEKTRONIK yang memiliki startting up berdaya watt diatas daya mcb rumah. Sebagai contoh tv tabung dan pc. Atau bisa perangkat yang menggunakan ac matic,spms,.

Nah kali ini kita akan membuat inverator sederahana dari bahan yang mudah didapat, bahkan barang bekas elektronik yang sudah tidak terpakai misalnya trafo,resistor kapur,capasitor ,kabel panjang, defleksi yoke tv,dll. Namun tidak semua part bisa digunakan secara langsung, muski kita harus memahami penggunaqnya terlebih dahulu demi keamanan kita sendiri.

1. Cara memanfaatkan trafo bekas

Inverator menggunakan trafo bekas inilah yang akan kita bahas secara mendalam dalam artikel kali ini. Untuk dijadikan inverator dari tranformator  adalah lilitan output trfo ,bukan yang 220. Ukuranya pun minimal 2ampere dan yang paling baik hambatanya 5-10 ohm. Kalau saya memanfaatkan trafo yang memang sudah tidak bisa di pakai, misalnya putus pada bagian lilitan 220nya.

Bahan yang digunakan pun sangat simple siapkan streker ,kabel,terminal,trafo.

Cara membuat inverator

Cek lilitan trafo dengan menggunakan ohm meter.
Solder kabel ac salah satu saja ke 0-25v. Untuk lebuh jelasnya bisa melihat gambar dibawah.
Ketika tes bisa menggunakan bor listrik untuk memastikan rangkaian inverator dapat bekerja dengan baik.
Demi keselamatan bila sudah slesai berilah isolator pada seluruh body trafo menggunakan lem bakar juga bisa. 

Semoga bermanfaat. Sekedar berbagi bukan menggurui ini hanyalah pengalaman pribadi .Thanks!

rangkaian inverator dari trafo bekas

No comments:
Write komentar