23 July 2012

Cara Memperbaiki PS3 Overheat / Lampu Kuning Kedip-kedip (YLOD)

 

Cara Memperbaiki PS3 Overheat / Lampu Kuning Kedip-kedip - Kerusakan overheat tidak saja hanya dialami oleh mesin Xbox 360 yang juga biasa disebut dengan 3 RLOD (3 Ring Light of Death) tapi juga PS3, biasa disebut YLOD (Yellow Light of Death). Jika anda mengetikkan kata "PS3 Overheat" atau "PS3 YLOD", anda akan mendapatkan banyak sekali website yang membahas cara memperbaikinya. Namun sayangnya kebanyakan website tersebut berbahasa Inggris. Dan berhubung saya pernah mencoba memperbaiki PS3 yang overheat beberapa kali, maka akan saya buatkan tutorialnya di sini.


Kebanyakan PS3 yang terkena overheat adalah PS3 yang sudah dipakai bertahun - tahun. Debu yang tebal, pasta pendingin prosesor dan GPU yang telah kering, dan sirkulasi udara yang tidak baik diduga menjadi penyebab dari kerusakan ini. Tanda - tanda bahwa PS3 anda terkena overheat: ketika PS3 dinyalakan, lampu power yang tadinya hijau berubah menjadi kuning, lalu merah kedip - kedip. Biasanya yang sering terkena overheat adalah PS3 tebal 40GB sampai 80GB.

Sebelumnya saya ingin ingatkan dulu, setiap mesin PS3 yang mengalami overheat, memiliki tingkat "kesembuhan" yang berbeda - beda. Maksudnya: mungkin saja ketika PS3 tersebut selesai diperbaiki, dia akan bertahan lama, atau malah overheat lagi. Teori saya: PS3 yang sudah terkena YLOD, setelah diperbaiki kondisi komponennya sudah tidak bisa seperti baru lagi.


Langkah 1:

- Ikuti gambar berikut untuk melihat posisi baut pada PS3 tebal (pada beberapa model mungkin ada bagian yang berbeda).




- Untuk gambar di atas, jika PS3 anda memiliki slot memory, akan ada 2 buah baut lagi di dekat baut yang berada di bagian kiri bawah.










- Tanda panah pada gambar di atas menunjukkan bagian dari Prosesor dan GPU. Setelah dibersihkan, gunakan blower untuk memanaskan bagian ini dengan suhu sekitar 350 derajat celcius selama masing - masing 3 menit. Jika anda tidak memiliki blower, anda bisa mencoba menggunakan hair dryer (saya belum pernah mencobanya jadi tidak tahu apakah bisa berhasil atau tidak).
- Setelah selesai, biarkanlah beberapa saat sampai dingin.
- Sambil menunggu Prosesor dan GPU dingin, bersihkan kipas dan besi pendinginnya dari debu supaya proses pendinginan mesin bisa lebih efektif.
- Setelah Prosesor dan GPU dingin, oleskan Thermal Paste yang biasa digunakan pada prosesor komputer secukupnya dan pasang kembali PS3 anda.


Note: Jika belum bisa hidup, ulangi pemanasan Prosesor dan GPU agak lama.

Itulah Tips Solusi untuk Memperbaiki PS3 Overheat / Yellow Light of Death (YLOD)

Sumber http://mr-amen.blogspot.com/

29 comments:
Write comments