Cara Memperbaiki UPS yang Tidak Bisa Menyimpan ListrikCara Memperbaiki UPS yang Tidak Bisa Menyimpan Listrik - Mungkin sudah banyak teman-teman yang tahu cara mengatasi UPS yang tidak bisa menyimpan listrik saat listrik tiba-tiba padam, Tapi Kali ini Saya akan tetep mengulas barangkali ada teman-teman  yang masih  belum tahu. Mau tahu caranya....?

Study kasusnya seperti ini :

Customer saya ada keluhan UPS yang biasanya nyimpen listrik saat PLN mati, ternyata saat PLN mati UPS ikut mati. Ini hanya salah satu contoh kasus.

Berikut ini ciri UPS yang Accunya rusak :

1. UPS nyala, tapi pada saat listrik mati langsung ikut mati tidak bisa menyimpan listrik. misal merk ICA

2. UPS tidak mau dinyalakan. Ini ciri dari UPS dengan merk tertentu, misal APC, dll

Jika anda mempunyai UPS dengan kerusakan seperti itu, berikut cara servicenya :

Cara Servis UPS yang Tidak Bisa Menyimpan Listrik :

1. Bongkar UPS nya

2. Cabut sambungan kabel ke Accu.

3. Catat ukuran Accunya, Accu menggunakan Accu Kering dan biasanya ukurannya 12v 7,2A.

4. Kalau anda masih ragu-ragu, accunya rusak atau tidak, maka ambil accu sepeda motor anda (tentunya yg masih bagus) dan coba sambungkan ke UPS tadi, menggunakan sambungan accu yg lama. Jangan sampe kebalik polaritas kabelnya, negatif dapat kabel hitam, dan positif dapat kabel merah.

5. Kemudian nyalakan UPS, kalau nyala normal, berarti anda tinggal membeli sparepart accu kering sesuai dengan accu UPS anda. Untuk Accu yg rusak dpat anda jual dengan harga 15 ribu-an. Kisaran harga accu kering 12v 7,2A sekitar 175 ribu-an.

Cara Memperbaiki UPS yang Tidak Bisa Menyimpan Listrik
Aki kering

6. Selesai.

Demikian sharing pengalaman
Cara Memperbaiki UPS yang Tidak Bisa Menyimpan Listrik  Buat Teman-teman, semoga manfaat bagi temen2x semua......

Anda Ingin Belajar MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV BERBAGAI MERK ??? inilah yang harus Anda Perlukan, EBOOK PETUNJUK MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV LENGKAP

14 comments:

hariadi gps said... February 21, 2013 at 2:15 PM

Aku punya UPS APC 650 VA (400W),
masalahnya kalau listrik naik turun UPS sering restart terkadang juga Mati.
Tetapi Kalau Listrik Langsung Padam UPS masih bisa bertahan tidak mati, PC juga tetap hidup selama beberapa menit.
Kira-kira apa masalahnya ya??

Azis Grafis said... February 21, 2013 at 3:38 PM

Kalo listrik turun naik itu memang membuat UPS terkadang sering restart, itu disebabkan karena Komponen Relay terlambat berfungsi karena tegangan yg dibutuhkan untuk menghidupkan rangkaian UPS kurang. karena listrik tidak btl2 mati, sehingga mengacaukan sistem Switch UPS

wido said... March 8, 2013 at 11:01 PM

upsku udah aku ganti accunya..nah masalahnya dia gk bs ngecas accunya apa masalahnya..typenya sama ky mas haryadi thank

Azis Grafis said... March 10, 2013 at 4:14 PM

coba cas dulu akinya, tapi sebelum ngecas coba cabut aki dari rangkaian lalu ukur tegangan out pada rangkaian tsb. apakah tegangan keluar (15V) , kalo tidak mungkin rangkaiannya casnya yang rusak.

sapril dwi said... March 11, 2013 at 2:52 PM

gan ups ane ga mau cas, padahal kemarin baik aja tapi tadi pagi ane liat mati dan ga mau cas,

itu ada apa ya ?

Sumber Rejeki said... April 12, 2013 at 7:24 PM

Gan, kalo UPS ane (sama banget ama poto diatas) waktu dinyalakan gak ada masalah, tapi kira-kira beberapa jam, alarmnya bunyi terus walaupun sudah dimatikan powernya, apa yang rusaknya, yaaa ??

thomas abdillah said... May 20, 2013 at 3:07 PM

Mas Azis Grafis ada tau tempat service UPS bagus di Medan ga?

andri eka putra said... June 27, 2013 at 4:43 PM

mas mau tanya saya punya ups vektor ablerex,udah saya ganti batrainya ternyata masih belum mau.penyakitnya sama aja seperti ups lama,lampu ke 4 yang berwarna merah hidup dan bunyi panjang,masalah nya dimana ya mas kalau boleh tau

Azis Grafis said... July 1, 2013 at 9:17 AM

Sapri : coba cek akinya, mungkin sdh drop atau cek kabel colokan listrik mungkin putus.

Sumber Rejeki : apakah ketika alarm berbunyi UPS msh berfungsi atau tidak ?

Thomas : kalo daerah Medan saya kurang tau
Andri : kalo bunyi panjang kemungkian rangkaian outnya ada yang short (konslet)

Pulsasupermurah said... July 3, 2013 at 7:35 AM

maaf mas mau tanya nich..
kenapa ya ups ku merk augen-500DL kok bungyi tit..tit..tit kaya listrik padam ?
padahal listrik nyala lo.
terus voltase nya juga standart.

Azis Grafis said... July 3, 2013 at 11:53 AM

itu kemungkinan arus listrik tidak masuk ke rangkain UPS, coba cek kabel colokan listriknya

Wilson said... October 26, 2013 at 9:08 PM

mas, ups saya mrk kawachi, klo listrik idup dia bisa ngalirin listrik, tp klo listrik mati dia gak ada listriknya. padahal lampu indikator merah sudah idup, trus saya cek aki masih bagus ..

Mukron Syahroni said... December 5, 2013 at 5:51 PM

Mas, tanya, ups saya merk ICA CP700, klo PC saya sambungkan ke UPS dia gak mau nyala. tp klo saya by pass PLN PC saya nyala. Kira-kira kerusakan UPSnya dimana ya?

Iskandar Chandra said... January 29, 2014 at 3:08 PM

mas,minta tolong dong ! UPS saya merk ICA,masalahnya begini,sudah diganti accu yg baru 2 pcs,tapi tetap aja waktu listrik padam itu ups langsung padam juga,kenapa ya ? kira2 bagian mana yg rusak ya ? terimakasih sebelumnya.

 
Top