30 July 2012

Cara Mengatasi Masalah Harddisk PS2 yang tidak terdeteksi

 

Cara Mengatasi Masalah Harddisk PS2 yang tidak terdeteksiCara Mengatasi Masalah Harddisk PS2 yang tidak terdeteksi - Sering kali Kita, Menemui beberapa kasus pada PS2 Hardisk, Yang ternyata ketika akan dipakai, Koneksi yang dilakukan antara Hardisk dan Network Adaptor, Menyebabkan Short pada hardisknya, Ketika dipasangkan ke PS2nya, Nah Konsletnya Hardisk ini menyebabkan, Hardisk Tidak mampu dibaca Oleh PS2, Dan biasanya, Fuse pada ps2pun putus, Disini tentunya, yang saya maksudkan adalah, Fuse yang memiliki muatan arus 12Volt [jalur ke HDD].

Akibat tidak terdeteksinya Hardisk Oleh Network Adaptor, Maka game yang disimpan disana, Tidak mampu untuk dibaca, Apalagi untuk dimainkan, Nah solusinya sekarang bagaimana? Adakah solusinya yang sederhana? Yang mudah untuk dilakukan? Baik oleh seorang Newbie sekalipun, Mampu untuk melakukannya?

PERALATAN YANG DI PERLUKAN UNTUK MEMPERBAIKINYA :

1]. Multitester
2]. Solder dan Timah
3]. Obeng bintang
4]. Spare part dioda 1A - 2A
5]. Pasta Lofet

LANGKAH PENGERJAAN :

Cara Mengatasi Masalah Harddisk PS2 yang tidak terdeteksi

1]. Kenali jenis hardisk yang anda pegang, ATA atau SATA?
2]. Kenali Mainboard Dipasang terbalik, Ataukah Terbuka?
3]. Jika Sudah anda kenali Bukalah Semua sekrupnya.
4]. Untuk harddisk konslet yang komponen sudah terlihat secara langsung, Anda tidak perlu membuka boardnya. Konslet pada PS2 harddisk "Seagate" ini, Sering terjadi, Pada bagian DIODA pengaman tegangan 12 volt nya. [FUSE], Untuk tahu yang mana mengandung Tegangan 12 voltnya, periksa, Kabel Power Suply, Yang berwarna kuning. Sedangkan kabel Merah, Tegangannya 5 volt. Kadang DIODA pengaman tegangan 5 volt juga, pernah konslet tapi jarang.


PERHATIKAN :
1]. Kabel berwarna Kuning memiliki arus 12 volt.
2]. Kabel berwarna Merah memiliki arus 5 volt.

Cara Mengatasi Masalah Harddisk PS2 yang tidak terdeteksi



memperbaiki harddisk PS2

Periksalah DIODA pengaman [Fuse] tegangan 12 voltnya. Dan jangan lupa periksa juga DIODA pengaman 5 voltnya. Segera ganti dioda Tersebut. Apabila telah diukur Putus, Sekarang anda tinggal beli dioda 1-2 Ampere, beli saja di toko elektronik banyak. dan pasti ada, Perhatikan posisi anoda dan katodanya. Sebenarnya dengan hanya melepas dioda yang rusak, Tanpa menggantinya, Harddisk anda akan kembali normal. Akan tetapi cara ini tidak dianjurkan, Karena tanpa dioda, berarti Arus masuk tanpa proteksi, Jadi kalau ada kelebihan beban arus yang masuk, atau over voltage. Maka akan jebolnya komponen yang specifik..

Saya berharap, Kebiasaan Jumper, Kebiasaan Nggundukin timah, Mengganti fuse karena putus, Sebaiknya anda hindari. Demi melindungi dompet anda dikemudian hari.

10 comments:
Write comments