Home » » Petunjuk Instalasi Dan Cara pemasangan Mesin TV China

Petunjuk Instalasi Dan Cara pemasangan Mesin TV China

cara merakit mesin tv cina
Mesin tv cina
Petunjuk Instalasi Dan Cara  pemasangan Mesin TV China - Mesin Cina dirancang dan diciptakan 100% secara spesial dan total untuk kemudahan dan kepraktisan anda dalam instalasi di dalam pesawat televisi secara mudah dan menggunakan waktu dan tenaga yang sangat singkat dan ringan.


Setiap pembelian mesin tv biasanya disertakan juga remot, Buku petunjuk, Kabel power dan terminal AV.


PCB TV MINI WANSONIC menggunakan bahan komponen dengan standar kualitas tinggi untuk teknologi TV terkini. semua komponen utama menggunakan kualitas no 1 dan asli.

Sejalan dengan waktu, seri produk PCB TV MINI WANSONIC akan selalu terus mengalami perubahan dan peningkatan segi kualitas dan fasilitas untuk menjadi yang terbaik demi kepuasan anda secara total!

Petunjuk Instalasi / Pemasangan PCB TV MINI WANSONIC :

  1. Pemasangan kabel defleksi yoke. Pastikan resistansi horizontal yoke anda antara 1 ohm - 2,2 ohm, bila tidak, rubah atau ganti yokenya . Hubungkan warna merah dan biru ke bagian horizontal ( 1 - 2,2 ohm ). Hubungkan warna hijau dan kuning ( hitam dan putih ) ke bagian vertikal ( 5 - 25 ohm ). Pasang konektor defleksi yoke pada konektor yang sudah tersedia di PCB Chassis TV secara benar. Pemasangan yang terbalik akan merusak IC vertikal LA 78040 atau R vertikal 180 ohm
  2. Hubungkan kabel ground dari tabung ke pin yang terletak di PCB socket CRT, Pastikan kabel ground tersambung dengan benar ! Apabila tidak, IC Program bisa rusak karena hubungan arus pendek !!!
  3. Hubungkan kop flyback ke tabung CRT dengan benar dan hati-hati. kebocoran pemasangan atau kelonggaran dapat merusak PCB Chassis secara total
  4. Hubungkan kabel antena, panel tombol , sensor remote, dan panel AV dengan benar
  5. Hubungkan power switch ke PCB Chassis TV, dan nyalakan TV
  6. Pada waktu anda melepaskan semua koneksi dari PCB ke tabung TV ( CRT ), setelah pemasangan atau tes, SISA TEGANGAN dari Flyback Transformer harus dibuang terlebih dahulu ke GROUND tabung TV. Apabila anda membuang / menetralisir sisa tegangan Flyback Transformer ke bagian mesin manapun, maka dapat terjadi pada IC Program / IC gambar / Tuner atau bagian regulator
  7. Sisa tegangan 180 volt pada pcb socket RGB juga harus di buang terlebih dahulu ke GROUND tabung TV untuk menghindari kerusakan pada PCB CHASSIS TV

Petunjuk untuk batas KELEBARAN dan KETINGGIAN batas gambar HORIZONTAL& VERTIKAL :
  1. Pada posisi FACTORY , tekan tombol CALL, untuk mengeluarkan pattern KOTAK KECIL HITAM atau PUTIH, pastikan lebar pattern kotak antara kiri dan kanan sama dan seimbang.
  2. Apabila gambar kurang lebar atau terlalu lebar, gunakan 5 pilihan horizontal yang terletak disebelah Flyback Transformer. Pilihlah salah satu pin horizontal ( PIN kabel yoke warna merah ) yang terbaik untuk ukuran lebar gambar yangambarg pas.
  3. Apabila gambar masih kurang atau terlalu lebar sedikit 0,5 - 1,5 cm kiri dan kanan, ganti C bagian kolektor dengan nilai yang lebih besar atau lebih kecil secara bertahap, Pastikan kapasitas tegangan kapasitor 1600 - 2000 volt. Perubahan kapasitor harus dengan hati-hati dan benar.
  4. Apabila gambar kurang lebar atau terlalu lebar lebih dari 4 -5 cm, gunakan tambahan TRAFO YOKE WANSONIC ( opsional ) untuk mengatasi kekurangan atau kelebaran gambar tanpa merubah kapasitor apapun.


PERHATIAN : Perubahan C bagian kolektor horizontalharus dilakukan secara benar dan hati-hati untuk menghindari kelebihan panas yang dapat merusak bagian horizontal PCB CHASSIS TV.

Petunjuk untuk DATA SERVICE - F MODE :

  1. Dari REMOTE tekan tombol di dalam lubang ( disebelah kanan bawah ) berulang-ulang ( 2 - 3x ) atau Tekan tombol MENU berulang kali sampai pada posisi SEARCH / CARI SALURAN.
  2. Tekan tombol P+ / P- untuk memilih TARGET PO S. Tekan angka 2438 atau 6483 atau 6568 atau secara berurutan, maka F 0 akan tampil.
  3. Pada posisi F MODE :
  4. Gunakan tombol P+ /P- dan V+ / V- untuk memilih dan merubah nilai yang diiginkan.
  5. Gunakan tombol 1 -7 untuk masuk ke menu DATA SERVICE F1 - F7.
  6. Gunakan tombol SLEEP untuk menampilkan 4 jenis TEST SIGNAL ( BLACK, WHITE, BOX PATTERN ).
  7. Untuk keluar dari DATA SERVICE F MODE tekan DISP berulang-ulang.
  8. Untuk akses F8 - F15, pada posisi F7, tekan 2438 atau 6483 atau 6568.
  9. Untuk akses F16, pada posisi F8, tekan 6483, adjust VCEN ke 20, apabila diperlukan untuk mengatasi blocking hitam pada bagian bawah layar, pada CRT 14" - 21" / 25" - 34" .

Petunjuk untuk SETTING LOGO DISPLAY :
  1. Pada posisi Audio Video ( A/V ), tekan kode 2483 atau 6483 atau 6568 . Gunakan tombol MENU dan P+, P-, V+, V- untuk pengaturan setting LOGO.
  2. Setelah selesai tekan tombol DISP 1x untuk menyimpan setting logo.

Petunjuk untuk GAMBAR TERKUNCI atau CHILD LOCK :
Untuk menghilangkan posisi gambar ter-KUNCI, tekan tombol CALL 1x, kemudian tekan & tahan tombol CALL untuk kedua kalinya lagi sampai gambar KUNCI di layar hilang.
Tekan & tahan tombol CALL selama kurang lebih 7 detik, dan lepaskan, maka layar akan terkunci dengan ditandainya gambar KUNCI di sebelah kiri bawah layar.

PERHATIAN :
Sebaiknya semua nilai asli setting DATA SERVICE dicatat & disimpan terlebih dahulu. Perubahan nilai setting yang tidak benar baik di RGB atau yang lainnya, dapat mengakibatkan gangguan di PCB Chassis TV.

Uuntuk memperbaiki kerusakan pada IC 24C08 akibat dari setting data service yang salah, IC 24C08 dapat diganti langsung dengan yang baru tanpa perlu untuk diprogram terlebih dahulu. pastikan IC 24C08 yang akan digunakan adalah 100% BARU & KOSONG tanpa isi apapun. Setelah diganti, nyalakan PCB Chassis seperti biasa, kemudian IC 24C08 akan terprogram secara otomatis.

INFORMASI DETAIL UNTUK FACTORY SETTING WARNA GAMBAR DI F2 :
Nilai ini hanya sebagai acuan dasar ! Untuk hasil warna gambar yang terbaik, setting RGB harus disesuaikan dengan kondisi tabung TV ( CRT ) masing-masing !
RC 32
GC 32
BC 32
GD 64
BD 64
SB -10
PV 0

INFORMASI DETAIL UNTUK FACTORY SETTING BAGIAN PRODUCTION MENU ( P.MENU ) :
FO / FACTORY SETTING 1
SUBJEK KETERANGAN STANDAR

H.PHAS GESER HORIZONTAL 27
V.SIZE PENGATURAN UKURAN VERTICAL 20
V.POS PENGATURAN POSISI VERTICAL 0
V.LIN PENGATURAN LINE VERTICAL 20
V.SC PENGATURAN VERTICAL SYNC 9
HBOW PENGATURAN H BOW 50 Hz 7
HPARA PENGATURAN H PARA 50 Hz 0 Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...




Itulah Tips Petunjuk Instalasi Dan Cara  pemasangan Mesin TV China  semoga bermanfaat.
Anda Ingin Belajar MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV BERBAGAI MERK ??? inilah yang harus Anda Perlukan, EBOOK PETUNJUK MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV LENGKAP

26 comments:

Dodi Irawan p said...

Mau tanya Boz saya pasang di tabung tv sharp 21` kok ada garis putih dibagian atas sama bawah cara ngilangin nya gimana? makasih dan salam kenal

Aziscs1 said...

Garis putihnya apakah menghalangi gambar atau tidak, kalo tidak bisa atur aja Service modenya

Sahrul Chanoen said...

Kang kirmin almat emailny k
Chanoensahrul@gmail.com

Mulya Doa said...

Klw cra merubah soket dri LG ke cina gmna boz

azis saifudin said...

Gan...saya pasang di layar datar ,gambarnya kok cuma kotak kecil ditengah...bagaimana solusinya gan..? Thanks..

Kusnadi Kus said...

mlm pak...
sy ( orang tua sy ) punya tv philip flat 32", menurut keterangan ortu sy abis diservice skrg mati total, blm lama ini sy bawa ke tukang service katanya harus ganti mesin..
yg cocok untuk tv sy kl sy ganti dgn mesin cina merk apa ya ? terus kisaran harganya brp ?
sy sangat mengharap jawabannya, terimakasih

Azis Grafis said...

@Mulya : sesuaikan saja dengan susunan Soket LG tersebut
@azis : itu berarti Yokenya kurang mampu mengangkat, coba tambahkan Nilai dari C bagian kolektor horizontal
@Kusnadi : Semua merk mesin cocok aja asal pilih mesinnya yang sesuai untuk tabung 32". kalo maslah harga beda2 kisaran 250rb-300rb

dede sumarna said...

siang gan.....mau tanya klo tv gambarnay jd kecil melintang di tengah layar apanya tuch??ic vertical bukan???

Mulya Doa said...

bang klw lyar redup apa msih bisa di perbaiki mhon solusinya y

Azis Grafis said...

@Dede : blm pasti juga kalo ic vertikalnya yg rsk, coba cek komponen yang lain di blok vertikal seperti resistor dan elconya.

@Mulya : bisa aja Pak mungkin tegangan G2 (screenya) yang drop

Hens Ardian said...

malam Gan.... mu tanya ne, klu siaran tv nya kadang nyambung trus mati lagi..... padahal dah ganti antene yng bagus pun masih sama .... apa komponennya da yng rusak ? saya ganti tunernya masih sma... kira2 apanya gan... mohon pencerahannya... trims ...

Azis Grafis said...

mungkin trafo if yg bermasalah jadi siaran agak bergeser dan hilang, coba solder kaki trafo

Anggi Ipank said...

halo bang salam kenal,maaf bang saya mw nanya ni,saya baru aja ganti mesin tv,tp kok gambar dg tulisannya kebalik ya bang,apa mslahnya

Azis Grafis said...

itu berarti posis yoke untuk horizontalnya terbalik, coba tukar aja susunannya

anda said...

boss salam kenal, ..ana ganti ic24c08 dengan yg baru beli dari toko, tapi kok ga isi automatis pada wansonic..apa ada settingan yg lain lagi?
syukran..

jimmy parker stronghome said...

selamat malam pak , saya dirumah ada tv goldstar 21 inch , udah jadul banget , mau diganti mesin china apa bisa pak , terus masang socket CRT nya susah nggak , terus harus rubah yoke nggak pak , dan terakhir jenis mesin yang tepat dan harganya berapa? mohon jawabanya pak , Terimakasih..

jimmy parker stronghome said...

selamat malam pak , saya dirumah ada tv goldstar 21 inch , udah jadul banget , mau diganti mesin china apa bisa pak , terus masang socket CRT nya susah nggak , terus harus rubah yoke nggak pak , dan terakhir jenis mesin yang tepat dan harganya berapa? mohon jawabanya pak , Terimakasih.

ans md putra said...

bang apabila kita ganti mesin tv harus dengan yokenya atau menggunakan yoke lama

hery jambi marpiusa said...

guy, aku sdah beli mesin tv pas sdah aku konek semuanya kok jdinya layar gelap dan suaranya dengung aja, saya perhatikan sebentar api ke tabung ada (ada cahaya di kumparan di blakang tabung), skarang bingung jadinya mau diapain tu tv

Azis Grafis said...

Anda : memang biasanya kalo kalo kita beli IC memori dipasaran isinya msh kosong, biasanya bisa kita masukan data pada ic yang kita ganti dengan sebuah alat pengisi / penyalin ic memori

Jimmy : Bisa aja pak, kalo soketnya sesuaikan dengan tabung yg digunakan, untuk yokenya kalo msh bagus lebih baik pakai Yoke yg asal aja biar lbh cocok. untuk merknya macam2 pak harganya juga beda2 150rb- 175rb

Ans : sebaiknya pakai yoke yg lama aja

Hery : maksudnya kumparan yang mana ?? yoke ya ?? apakah semua sdh yakin terpasang, coba atur Scrennya (G2)

Junk182 said...

Syukur masi ad orang baik yg mau bagi2 ilmu... Tetep sharing y gan...gbu..

Gede Semarajana said...

Mau tanya nie gan... saya kan baru ini ganti mesin tv merk wansonic untuk tv 29inch... tapi gambar vertical yang bagian bawah kurang lagi 3cm... sudah saya setting di factory nya tp tetep tidak bisa... tolong pencerahannya gan...

Azis Grafis said...

Coba perkecil ukuran R bagian Input IC vertikal yang mngarah ke IC Jungle,

Miranda Manarisip said...

Mas saya bolEh tanya?
Kok saya ganti ic24c08 yang baru, mw cari siaran lg udah ngga dapat..
Balas ya mas..
Trimakasi sebelumnya..

Miranda Manarisip said...

Mas beleh saya tanya?
Saya salah program tv, terus saya beli ic 24c08 yg baru..
Hasilnya tv udah jadi, tapi ngga dapat siaran..
Bgmna ya mas?

Balas ya mas..
Makasi sebelumnya

4m4r said...

Salam kenal gan.. Maaf tanya ni gan.. aduh udah mentok rasane.. Aku punya garapan tv polytron.. Suara oke, Tapi tak muncul gambar, hanya muncul logo tulisan polytron aja.. Udah aku reset dengan 3101. tetap gak bisa.. Kata empunya setelah ada petir gede, stop kontak kebakar, mulai deh tv gak mau muncul gambar... hanya tulisan polytron doang... Tolong gan pencerahane apa yang perlu di benahi.. Salam kenal.. Amar

Post a Comment

 
Support : Johny Template | Mas Template | Ilmu Grafis | Barito Putera | Tutorial Blog | Serba UNIK | Info Properti | Studio Grafis
Copyright © 2013. Elektronik service Center l cara service tv - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger