Rangkaian Pemancar FM ini saya persembahkan untuk Anda yang ingin mencoba membuat sendiri transmitter (pemancar) radio FM. Kehadiran pemancar FM saat ini telah menggeser pemancar AM karena ternyata banyak kelebihan dan keunggulan dari pemancar FM. Mungkin ini suatu bentuk lain dari revolusi di bidang transmitter.
Rangkaian Pemancar FM ini telah lulus uji teknis he he he. Jadi gak usah diragukan lagi kehandalannya biarpun rangkaiannya sederhana. Silakan pantengin skema di bawah ini.

Banyak rangkaian pemancar FM telah  diterbitkan di internet. Rangkaian ini beda dari yang lain, sederhana cuma menggunakan dua transistor. Yang pertama dari rangkaian tersebut adalah tahap Preamplifier berdasarkan transistor Q1. Ini adalah kolektor ke tahap penguat basis bias dimana resistor R2 menetapkan arus kolektor dan R1 memberikan kolektor yang  diperlukan untuk bias basis. C1 adalah input DC decoupling kapasitor yang menggandeng sinyal input audio ke basis Q1. C8 adalah catu daya kapasitor by-pass. Tahap selanjutnya adalah tahap osilator modulator yang dibangun di sekitar transistor Q2. 

Electrolytic kapasitor C2 menggandeng output dari tahap pertama ke tahap kedua. R3 dan R4 adalah resistor biasing Q2. R5 adalah resistor emitor dari Q2. Induktor L1 dan pemangkas kapasitor C5 membentuk rangkaian tangki yang diperlukan untuk menciptakan osilasi. Sinyal termodulasi FM tersedia di kolektor Q2 dan itu ditambah dengan antena menggunakan kapasitor C9.
Bagi hobbyist dan praktisi elektronika, coba jajal Rangkaian Pemancar FM Sederhana ini.

Anda Ingin Belajar MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV BERBAGAI MERK ??? inilah yang harus Anda Perlukan, EBOOK PETUNJUK MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV LENGKAP

0 comments:

 
Top