Ketika receiver parabola  anda bermasalah dengan penerimaan, tanpa disadari di rumah anda terinstal kabel paralel ke beberapa receiver dengan asumsi sipemasang bahwa dengan membagi satu kabel ke beberapa penerima (Receiver) tidak menimbulkan masalah seperti halnya penggunaan antenna UHF/VHF outdoor, namun itu tidak berlaku bagi penerimaan menggunakan receiver TV parabola, sebab setiap LNB yang terpasang tidak menyediakan/memiliki switch otomatis guna menyediakan/membagi polaritas yang berbeda bagi masing-masing receiver yang terpasang dan berdiri sendiri.
 
Alhasil ketika anda menggunakan dua atau lebih receiver didalam rumah anda dengan maksud untuk membagi penerimaan ke pesawat televisi disetiap ruang rumah, maka akan mengalami masalah yaitu adanya gangguan penerimaan pada chanel tertentu yang memiliki polaritas berbeda. Polaritas tersebut biasanya kita kenal dengan Vertikal dan Horizontal, polaritas ini biasanya berbeda untuk masing masing channel, Perbedaan Polaritas biasanya dimaksudkan untuk menghemat penggunaan Transponder atau penggunaan kanal TV yang ada di salah satu transfonder Satelit.
 
Sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk mengatasi permasalahan tersebut, namun anda diharuskan mengeluarkan beberapa ratus ribu rupiah lagi agar terlepas dari problem maksud, salah satu caranya adalah menggunakan peralatan tambahan yaitu berupa Mutiswitch sebagai alat untuk membagi penerimaan dari LNB, karena LNB dimaksud bukan jenis LNB biasa (MONO) melainkan sebuah LNB Combo dengan 2 atau lebih output dengan Polaritas berbeda.
pasang Parabola dengan Banyak Receiver tanpa gangguan Polarity

Dari gambar diatas dapat dijelaskan sebagai berikut :
Misalkan saja anda akan memasang 4 buah Televisi masing -masing 1 buah di Ruang tamu, 3 buah yang lain di kamar tidur, dan anda tidak ingin mengalami masalah penerimaan karena disebabkan beda polarity (maka salah satu atau lebih chanel tv tidak dapat diterima) maka anda harus memasang LNB Combo dengan 2 output (Polaritas)
LNB parabola

Kemudian hubungkan kedua output LNB tersebut ke multiswitch misalnya jenis 2×4, yaitu 2 input dari LNB dan 4 output ke receiver,
Atur dan sesuaikan panjang kabel yang dari LNB ke Switch atau dari switch ke Receiver yang disesuaikan dengan ruang dan jarak antar kamar/ruang rumah anda.
penguat LNBF

Dan setelah semua kabel terpasang dan dipastikan sudah benar maka mulailah arahkan antena parabola anda ke satelit yang ingin dicari, jika sudah ketemu (misalnya satelit PalapaD) pastikan semua receiver sudah siap melakukan penerimaan pada saluran PalapaD. dan anda dan keluarga anda akan dapat menikmati semua chanel FTA yang ada di satelit PalapaD tanpa ketergantungan dari salah satu receiver.

Sedikit tambahan buat para pecinta elecktro.terutama buat yang lagi ber xperiment merangkai parabola dengan banyak receiver.dan keluhanya bermacam - macam.ada yang bingung cara rangkainya dan ada juga yang sudah di rangkai malah yang ada gambarnya hanya yang vertikalnya saja  sedangkan yang horisontal'nya ga ada,terus ada lagi multiswitch'ny di letakan di ruang rumah katanya sih biar gak ga kena hujan dan panas,......dan masih masih banyak lagi keluhan yang saya terima lewat sms,sebelum saya tambahin postingan ini,saya ucapkan terima kasih atas waktu anda untuk mengunjungi blog yang sederhana ini.
   okey tampa panjang lebar saya langsung saja tambahin postingnya yang simpel.simak baik-baik,he,,,,,

pada dasarnya kenapa rangkaian ini sering tidak jadi?di karenakan adanya gangguan pada polaritas atau gangguan pada Switch dan lnb.tapi gak ada salahnya kita cek kabel - kabelnya barang kali ada yang putus di tengah jalan (maaf kalo salah),he,,,
untuk lebih jelasnya kita perhatikan gambar di bawah ini
pasang Parabola dengan Banyak Receiver tanpa gangguan Polarity
bagi yang masih belum paham juga.coba perhatikan postingan di atas.baca yang teliti.mungkin kalau ada waktu dan saya menemukan cara baru.pasti saya tambah lagi.okey selamat ber Xperimen semoga berhasil.

Sumber : http://unungdiadi.blogspot.com/2012/07/pasang-parabola-dengan-banyak-receiver.html
Anda Ingin Belajar MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV BERBAGAI MERK ??? inilah yang harus Anda Perlukan, EBOOK PETUNJUK MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV LENGKAP

1 comments:

Marin Kurniawan said... September 24, 2013 at 2:57 PM

Mau nanya nih. Yg di ataskan hanya untuk satu lnb saja. Yg di dapat tentu hanya siaran di satelit palapa saja. Jd bagaimana caranya supaya siaran di telkom bisa kita nikmati juga? Seandainya dgn menambah lnb, bagaimana sambungannya? Trmks.

 
Top