20 February 2013

Jenis-jenis kerusakan Pada kipas angin dan cara memperbaikinya

 

cara memperbaiki kipas angin
Berikut ini beberapa kerusakan yang sering kita jumpai pada sebuah kipas angin. (kipas yang dimaksud disini adalah kipas angin yang digerakan oleh arus listrik 220 volt).
  • Kipas angin mati total, kipas angin dengan kerusakan mati total ditandai dengan bila tombol di ON kan Baling baling kipas tidak berputar, tidak ada getaran sama sekali di motor kipasnya.(seperti tidak ada arus listik yang masuk), untuk cara mengatasinya pertama periksa sekring, kabel power (mungkin putus), cek tombol speednya, cek tombol timer (kalau ada). apabila ke empat elemen tersebut dalam kondisi baik kemudian untuk langkah kedua, cek motor kipas ( cek menggunakan multi tester) mungkin gulungannya putus atau bahkan terbakar (kemungkinan paling fatal ).
  • Kipas angin Baling-baling berputar tetapi pelan. Kerusakan seperti ini ditandai dengan : apabila tombol di ON kan motor/dinamo kipas akan bergetar seperti dengung, baling-baling berputar pelan atau bahkan tidak berputar sama sekali. berikut solusi untuk kerusakan seperti ini. Pertama pastikan bahwa AS nya tidak seret / macet (jika macet harus dibersihkan dulu), Kedua pastikan bahwa antara as dengan bos (bearing) nya tidak goyang/ kendor, setelah kedua langkah tersebut sudah oke tetapi kipas ndak mau berputar juga kita ambil langkah berikutnya yaitu ganti kapasitornya ( biasanya ukuran 1 mf, 1.5 mf dansebagainya)
  • Kipas angin salah satu speednya mati, (misal kipas angin mempunyai 3 tombol speed, tetapi speed no 3 mati), kemungkinan pertama kerusakan pada tombol speednya, kemungkinan kedua kerusakan pada motor/dinamo kipasnya.
  • Kipas angin tidak bisa Tengok kanan dan kiri, Untuk kerusakan seperti ini periksa bagian belakang motor/dinamo kipas, biasanya karena terlalu lama dipakai baut pengunci antara dinamo dan roda gigi kendor. untuk kipas angin yang menggunakan dinamo tersendiri, periksa saklar on/off nya dan ada kemungkinan dinamo penggeraknya yang rusak.
  • Untuk kerusakan non tehnis seperti, baling-baling paecah , leher kipas angin patah dan sebagainya , bisa kita ganti / perbaiki.
  • Untuk kipas angin yang sudah menggunakan Remote control, kerusakan pada rangkaian control elektroniknya jarang terjadi, tapi kemungkinan ada juga.
Masih banyak lagi kerusakan-kerusakan pada kipas angin yang belum bisa ditulis disini.
Semoga bermanfaat.

16 comments:
Write komentar
  1. Replies
    1. Salah satu kipas angin dirumah saya kebetulan rusaknya pada point kedua, pas saya coba bersihkan bagian as nya sekarang lancar kembali. Terima kasih atas infonya mas admin

      Delete
  2. Gan, kalo kipas angin ane susah tengok kanan kiri.. Udah ane cek, kyk na yg bermasalah di besi pengaitnya yg nghubungin antara gigi roda sm kpala kipas.. Wkt ane lepas besinya, gigi roda berjalan kenceng, tp pas ane pasang lg, lemot lg.

    ReplyDelete
  3. Coba bersihkan gigi roda nya dan beri sedikit pelicin.

    ReplyDelete
  4. Gan kipas angin ane speed no 3 nya mati.ane ganti kapasitor nyala n ok tp ga kuat lamastgh jam mati dan bau sangit.mhn pencerahannya...

    ReplyDelete
  5. Gan ane pernah ganti kapasitor ane coba kipas angin ok tp setelah stgh jam kipas angin mati dan bunyi dengung kl gt rusak apanya gan..
    Mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
  6. itu kemungkinan roda as nya macet, sehingga menyebabkan dinamo tidak dapat berputar dan menimbulkan bunyi dengung. kalo tetap dibiarkan akan menyebabkan kumparannya terbakar

    ReplyDelete
  7. gan kipas ana tiba'' lemah di speed 3 mati.. Seperti tidak ada arus/dengung/getar, tp kadang'' muter sendiri.. Itu knapa ya

    ReplyDelete
  8. bos kipas angin saya mati stelah saya bongkar ternyata kabel gulungan putus 5bh trus mau nyambung dengan kabel speed kaga tau pasangan nya mohon petunjuk ???..

    ReplyDelete
  9. Gan kipas ane kalo mau dinyalain harus diputar tangan dulu itu knpa ya gan

    ReplyDelete
  10. min ini kipas angin ane ke bakar, kalau mau di perbaiki apanya min ? gulungan dinamo atau yg lain, apa harus lem biru ?

    ReplyDelete
  11. articel nya bagus sekali, ijin copas ya gan . thanks

    ReplyDelete
  12. gan kipas angin saya masih berdegung dan masih ada getaran nya tapi ko tidak mau muter kenapa ya mas

    ReplyDelete
  13. Kalo berdengung itu berarti as nya masih macet itu bisa disebabkan debu atau besi as nya sdh tdk normal lagi

    ReplyDelete
  14. gan kemaren kipas angin ane speed nya jadi ngedrop bgt, jadi pelan banget, trus ane iseng nyoba bongkar ngecek bearingnya, nampaknya aman aman aja, eh pas ane pasang lagi, speed nya makin dongkol, malah ga mau muter sama sekali,, haduuh,.,

    ReplyDelete
  15. Ga, Exhaust Fan ane harus di bantu putar , baru bisa mutar. tapi anehnya harusnya kan bisa In-Out...dah ngga befungsi lagi....apanya yah yang harus diganti ? thanks

    ReplyDelete