Home » » Cara pasang jaringan Wi-Fi di rumah

Cara pasang jaringan Wi-Fi di rumah

Wi-Fi akhir-akhir ini bukanlah hal spesial lagi karena harga perangkatnya kian terjangkau dan proses instalasi yang mudah. Rumah-rumah warga pun bisa dengan mudah dipayungi wireless networking 2.4Ghz ini hanya dengan bermodal internet tipe ADSL atau USB modem.

Saya ingat dulu ketika Wi-Fi masih eksklusif, banyak pemilik gadget Wi-Fi yang menyerbu kafe-kafe berlogo Wi-Fi zone, untuk sekedar browsing sambil makan-makan... :D
pasang jaringan Wi-Fi gratis di rumah

Namun sekarang jumlahnya sudah gak banyak lagi karena rata-rata mereka sudah memiliki access point pribadi di rumah. Nah, kali ini saya akan memberikan tips pasang Wi-Fi di rumah anda.
pasang jaringan Wi-Fi di rumah
- Pastikan anda sudah berlangganan internet
Baik dari ISP ADSL seperti telkom speedy atau paket mobile broadband seperti smart.
Saran saya pakai pakai speedy paket unlimited 195 ribu/bulan. Bukan bermaksud promosi, ISP tipe ADSL semacam speedy menjamin sinyal internet tetap stabil, tak terpengaruh cuaca.

- Jangan salah pilih modem Wi-Fi
Setahu saya ada 2 tipe modem Wi-Fi dengan harga yang beda lumayan jauh.

Tipe pertama input ke modem berasal dari output ethernet modem kabel. Jadi untuk bisa Wi-Fi, anda harus menggunakan 2 modem, modem kabel untuk mengakses internet dan modem Wi-Fi untuk memancarkan sinyal internet dari modem kabel tadi.

Saya menggunakan tipe yang ini karena saya sudah punya modem bawaan dari speedy, jadi tinggal beli dan pasang modem router Wi-Finya.. :D
Harga modem ini lumayan murah, sekitar Rp 230 ribu-an.

Tipe kedua input ke modem Wi-Fi bisa langsung dari kabel telepon. Jadi anda tidak butuh lagi modem kabel karena sinyal langsung di transmit oleh modem Wi-Fi. Bentuk umumnya lebih besar dari tipe pertama, harganya lebih mahal, sekitar Rp 600 ribu-an.

- Letakkan modem di posisi yang baik
Posisi yang baik adalah di tengah rumah, biar 1 rumah bisa tercover sinyal. Taruh di tempat yang agak tinggi dan jauh dari peralatan elektronik seperti TV, kulkas, dll karena akan mengganggu kekuatan sinyal Wi-Fi.

- Proteksi jaringan hotspot anda
Lakukan dulu proteksi dasar seperti mengubah password admin dan mengaktifkan security key di jaringan anda. Sebaiknya pilih enkripsi key yang bertipe WPA. Settingan bisa berbeda di tiap modem jadi tidak akan saya jelaskan lebih lanjut.

- Seputar paket internet
Jika anda menghendaki modem Wi-Fi aktif 24 jam, disarankan pilih paket internet yang unlimited biar gak kelebihan quota karena modem tetap aktif mengakses internet secara periodik, walaupun tidak digunakan.

Sepertinya itu dulu yang utama... :D
Dengan adanya modem Wi-Fi, maka perangkat Wi-Fi yang lain seperti ponsel atau PC tablet bisa ikut mengakses internet, tanpa perlu menggunakan jaringan operator lagi (yang menguras pulsa).

Jadi dalam kasus saya yang pakai speedy, cuma bayar 215ribu per bulan (195ribu + pajak.. :D) maka sudah bisa menikmati internet di semua perangkat Wi-Fi secara free 24 jam. Lumayan bukan?

Umumnya ISP sekarang sudah menyediakan bundle modem Wi-Fi dalam promonya. jadi lebih dimudahkan karena tidak usah membeli modem lagi secara terpisah.


Sumber : http://blog-tutorial-menarik.blogspot.com/2011/04/tips-pasang-jaringan-wi-fi-di-rumah.html
Anda Ingin Belajar MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV BERBAGAI MERK ??? inilah yang harus Anda Perlukan, EBOOK PETUNJUK MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV LENGKAP

2 comments:

irfan budianto said...

klo mau cek harganya modem adsl speedy d mn

Akbar Haditya said...

Lokasi pedesaan mempengaruhi kekuatan sinyal ngga?

Post a Comment

 
Support : Johny Template | Mas Template | Ilmu Grafis | Barito Putera | Tutorial Blog | Serba UNIK | Info Properti | Studio Grafis
Copyright © 2013. Elektronik service Center l cara service tv - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger