Hari ini kita akan membedah TV merk SANYO DINAMIC OXY dengan keadaan TV nyala tapi dilayar hanya ada garis mendatar berwarna putih terang.
 

Setelah TV saya bongkar dan tentunya dibersihkan, kemudian Mainboard kita lepas, kitanyalakan mainboardnya (mesin TV ) tanpa menggunakan TABUNG CRT / Layar. Pertama saya lakukan pengecekan tegangan power suplay, semua Normal. kemudian saya cek tegangan out put Vertikal ternyata disitu terukur +/- 27 volt (seharusnya sekitar 12 volt ), kemudian saya  cek lagi tegangan ke IC prosesor ( IC yang paling besar ) disitu seharusnya ada tegangan 5 volt dan 8  volt, tetapi tegangan 5voltnya Hilang, dan setelah saya sentuh IC tersebut ternyata dingin ( sepertinya IC tidak berfungsi). 

kemudian saya langsung cek ke sumber dari tegangan 5 v tersebut, disitu ada IC 7805 ternyata solderanya retak,  langsung ambil soder  + timah , saya  solder IC tersebut, dan jangan lupa juga cek solderan komponen yang lain.

 Untuk selanjutnya pasang mesin pada layar, kemudian langsung saya nyalakan ternyata OKE.
demikian untuk posting kali ini Tentang cara memperbaiki TV SANYO LAYAR HANYA GARIS MENDATAR
                                                                                                                                                                      


Anda Ingin Belajar MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV BERBAGAI MERK ??? inilah yang harus Anda Perlukan, EBOOK PETUNJUK MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV LENGKAP

0 comments:

 
Top