Belajar mengenal bagian-bagian LCD TV
Pada postingan kali ini saya mau mengajak anda untuk mengenali bagian-bagian dalam televisi LCD, dan seperti kita ketahui bahwa perkembangan televisi saat ini sudah sangat pesat, dimana dahulukala pertama kali ada psawat televisi adalah tidak berwarna black white alias hitam putih, dan casingnya pun masih terbuat dari kayu, yang pertama kalikomponennya besar-besar sekarang sudah menjadi kecil-kecil.

dan langsung saja ke pokok pembahasan, mengajak Anda untuk melakukan operasi bedah LCD TV, maksud dan tujuan kali ini adalah agar anda dapat mengetahui bagian-bagian LCD TV. Dan ini adalah share dari pengalaman saya, yang pernah membongkar TV LCD.

Belajar mengenal Blok LCD TV


Lcd tv pada dasarnya terdiri dari 4 blok, yaitu:
1) Blok power suply
Ciri-ciri bagian ini adalah adanya trafo besar, biasa disertai dengan elco yang besar pula, dan pastinya dia adalah yang mensuplay tegangan, jadi akan ada kabel yang melaluinya.

2) Main board
Main board bisa dibilang otak dari rangkaian, dimana ciri khas dari rangkaian ini adalah adanya IC sebagai komponennya, dan terdapat banyak IC pada televisi lcd ini. Semua dikontrol dari rangkaian ini, bisa di bilang rangkaian pengendali.

3) LCD dan Board LED
Pada Lcd tv ada led sebagai penerang gambar, ciri khas rangkaian ini adalah adanya led display yang biasa terdapat di samping kanan atau kiri biasa dibawah, rangkaian memenuhi ruang sisi dari lcd. Sedangkan rangkaian LCD sendiri adalah bagian yang paling besar yang ada pada televisi anda.

4) Blok rangkaian inverter
Rangkaian ini adalah Board dari lcd tv, bisa anda lihat pada gambar adalah bagian yang paling atas, ciri rangkaian ini adalah adanya kabel flexibel yang masuk atau mengontrol rangkaian gambar pada televisi lcd.

Karena lcd memerlukan kestabilan tegangan yang tinggi ( hanya untuk televisi lcd yang berukuran besar), terutama untuk tegangan ke inverter ,maka dari tegangan litrik ke tegangan 220 V di stabil kan dulu dengan switching, setelah tegangan 220 stabil baru di proses di power suply kecil untuk tegangan stanby 5v , dan power suply satu lagi untuk tegangan inventer 24v dan tegangan untuk main board 5v& 12v, ada beberapa merk yang pakai tegangan 3,3v.

Dan apabila ada kerusakan bagian power suplay bisa sobat atasi dengan, menggantinya dengan suplay DVD, dan selanjutnya tinggal mengatur jalur tegangannya.

Nah itulah bagian-bagian dalam televisi LCD , semoga bermanfaat bagi rekan-rekan teknisi.

Sumber : http://dingdongtv.blogspot.com/2013/02/belajar-mengenal-bagian-lcd-tv.html
Anda Ingin Belajar MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV BERBAGAI MERK ??? inilah yang harus Anda Perlukan, EBOOK PETUNJUK MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV LENGKAP

1 comments:

ambal aries said... September 6, 2013 at 6:54 PM

Ass,mau tanya ni,gimana yah,,TV Polytron LCD 24' Type PLM 24M32. punyaku,Bila dihidupkan Screennya Hidup tapi,tampilan MENU dan Gambar tidak Muncul Screennya Cuman Garis-garis Palang-palang warna kebiruan

 
Top