Harga Laptop terbaru
Hal Yang pertama Kita Lakukan Pada Laptop Baru agar aman - Bagi sebagian orang, laptop adalah kehidupan kedua mereka. 80% pekerjaan mereka bergantung dari kesehatan dan kinerja laptop. Selain itu, meski saat ini harga laptop terbaru cenderung lebih murah, tetap saja membeli laptop baru terkadang bukan pilihan mudah. Bukan cuman soal uang yang harus kita keluarkan untuk membeli laptop, namun juga serangkaian proses yang musti kita lakukan supaya laptop baru kita itu siap pakai.
Baca juga: Tips Pertama Kali Membeli Laptop

Ok, sekarang apa saja yang harus kita lakukan supaya laptop yang baru kita beli itu bisa kita pakai dengan maksimal dan yang penting lagi, aman.
  1. Install Driver
    Tentu saja inilah hal pertama yang perlu kita lakukan supaya semua device yang ada di laptop kita bisa berfungsi dengan baik. Hampir semua pembuat laptop menyertakan driver laptop mereka dalam bentuk CD atau DVD. Namun tidak semua. Akhir-akhir ini saya menemukan HP tidak lagi menyertakan driver dalam paket penjualannya. Kalau memang tidak ada, coba tanyakan pada toko tempat anda membeli laptop tersebut. Biasanya mereka akan memberikan driver yang anda perlukan. Jaga baik-baik CD/DVD tersebut, sehingga jika suatu saat nanti anda harus menginstall ulang OS-nya, anda tidak akan kerepotan. Karena biaya install ulang OS bisa sangat mahal, terutama jika anda membutuhkan yang original. Kalau ternyata tidak ada, maka anda harus mendownload terlebih dahulu driver-driver-nya.
    Yang sebaiknya anda perhatikan adalah, pada paket driver dari pembuat laptop itu, ada banyak sekali aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu kita perlukan. Istilah umumnya adalah bloatware. Dalam beberapa kasus bahkan mereka ini lebih banyak mengganggunya dari pada manfaatnya. Itu sebabnya saya tidak terlalu suka dengan Toshiba.
  2. Install Antivirus
    Yang kedua, adalah antivirus. Sebenarnya anda bisa menukar urutannya dengan langkah pertama tadi. Ini bersifat optional. Tapi install antivirus sama sekali bukan langkah optional. Ini adalah benar-benar keharusan. Tanpa antivirus, laptop anda adalah sasaran empuk dari begitu banyak macam bahaya dan keisengan orang lain. Saya memakai Avira dan Smadav. Tapi bukan berarti antivirus yang lain jelek. Yang perlu diingat adalah sebagus apapun antivirus anda, tanpa update mereka sama saja dengan robot kaku yang ketinggalan jaman. Lakukan update antivirus paling tidak satu minggu sekali.
  3. Install Office
    Nah, ini juga harus. Mau bagaimana lagi, mosok pakai laptop tapi tidak pernah mengetik. Kan lucu. Untuk aplikasi Office, kita punya banyak pilihan. Pertama, tentu Microsoft Office, ini yang paling banyak dipakai orang. Kalau anda mau mencoba aplikasi Office dari yang lain itu lebih baik. Yang jelas, Microsoft Office yang berisi Ms. Word, Excel, Power Point, Publisher, dan lainnya itu kita harus beli, atau pakai yang bajakan. Terserah anda. Kalau anda mau yang gratisan dan legal, silahkan cari aplikasi Office open source. Ada banyak sekali kog, misal Libre Office dan Open Office. 
  4. Install Browser
    Nah, yang ini bisa anda intall belakangan, meski mungkin aplikasi penjelajah internet ini adalah aplikasi yang akan paling banyak anda pakai nantinya. Pilihannya juga banyak sekali. Microsoft secara otomatis menyertakan Internet Explorer ketika Windows 7 anda terinstall. Tapi jujur saja, saya hanya memakainya ketika browser lain belum terinstall. Saya menginstall Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Opera. Terserah anda mau install yang mana. Mereka sama-sama bagus, fitur juga kurang lebih sama, hanya soal kebiasaan saja. Tidak perlu fanantik dengan salah satu dari mereka. Karena di setiap peluncuran versi terbarunya, setiap browser itu akan memperbaiki diri menjadi semakin baik.
  5. Install Aplikasi Optimasi dan Tweaking laptop
    Untuk membuat laptop anda senantiasa dalam keadaan sehat walafiat, anda perlu menginstall aplikasi untuk mengoptimasi laptop anda. Selain itu, meski banyak orang dan terutama Microsoft berfikir bahwa Windows adalah OS yang baik, namun ternyata kita perlu juga melakukan beberapa tweaking untuk membuatnya berjalan lebih cepat dan stabil juga lebih sesuai dengan keinginan kita. Anda tentu setuju, bahwa Windows versi apapun, seringkali membawasertakan banyak aplikasi yang sebenarnya tidak kita perlukan. Saya sendiri memakai CCleaner dan TuneUp Utilities 2012. CCleaner itu aplikasi kecil, ringan, namun sakti, dan gratis. Sementara TuneUp Utilities 2012 adalah aplikasi berbayar, untuk mencoba versi trialnya, anda diberi waktu selama 30 hari. Mereka berdua sebenarnya tidak bisa dibandingkan, karena CCleaner ini tidak sekompleks TuneUp Utilities. Sementara si TuneUp Utilities adalah aplikasi optimasi dan Tweaking Windows yang multifungsi. Tapi ya itu, tidak gratis. Mau gratisnya?
  6. Install Aplikasi Penunjang lainnya
    Apa saja aplikasi penunjang pekerjaan anda? Tentu ini sangat dipengaruhi oleh pekerjaan anda sendiri. Semisal anda guru, maka anda perlu aplikasi Teacher Assistant. Kalau anda blogger, anda perlu menginstall Windows Live Writer. Kalau anda editor video, anda perlu Adobe After Effects dan Adobe Premiere. Kalau anda seorang fotografer tentu anda perlu Adobe Photoshop atau Corel Paint. Dan sebagainya. Tapi sebelum itu semua, yang pasti akan anda perlukan adalah aplikasi penunjang aplikasi utama tadi. Seperti Adobe Flash untuk browser anda. Untuk mendapatkan aplikasi kecil-kecil ini, silahkan coba kunjungi filehippo.com. Cari saja yang anda perlukan, baca deskripsinya, kalau perlu cari review dari aplikasi itu, dan cobalah.
Tentu saja, ada banyak hal lain yang perlu anda lakukan dengan laptop baru anda ini. Semisal mensinkronkan akun email dengan outlook, mensinkronkan bookmark browser, dan sebainya. Tapi paling tidak dengan tips diatas, laptop baru anda sekarang sudah siap pakai.
Satu hal lagi, banyak hal yang bisa anda lakukan tanpa harus membayar orang. Anda akan menghemat beberapa puluh sampai beberapa ratus ribu, jika anda mau sedikit repot bertanya melalui mbah Google dan berani mencoba sendiri. Percayalah, selalu ada resiko dari setiap percobaan anda, tapi keuntungan yang anda dapat akan sangat banyak. Ini bukan hanya soal uang.

Sumber : http://reviewlaptop-id.blogspot.com/2012/06/yang-harus-kita-lakukan-pada-laptop.html
Anda Ingin Belajar MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV BERBAGAI MERK ??? inilah yang harus Anda Perlukan, EBOOK PETUNJUK MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV LENGKAP

0 comments:

 
Top