cara memperbaiki Mouse
Cara Memperbaiki Mouse dan jenis-jenis kerusakannya - Mouse dengan harga murah sepertinya memang cukup rawan dengan kerusakan. Anda bisa membuktikannya, dengan membeli perangkat ini yang seharga 20 ribuan dan biasanya kelancaran hanya beberapa bulan. Atau bahkan ada yang mengalami kerusakan sampai 2 minggu saja. Artinya memang harga mahal memiliki kualitas baik dan keawetan yang tahan lama. Jika Anda penasaran mengapa mouse rawan dengan kerusakan, Kita akan mencoba mengulas apa saja jenis kerusakan pada mouse dan Cara memperbaiki mouse. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini:

Pointer mouse yang macet
Untuk masalah yang pertama adalah pointer mouse yang tiba-tiba macet. Sebenarnya untuk masalah ini biasanya bukan merupakan kerusakan pada komponen mouse sendiri. Namun kemacetan ditimbulkan oleh penggunaan CPU secara berlebihan maupun adanya aplikasi yang mengalami crash atau komputer yang mengalami hang. Setelah permasalahan crash dan hang selesai, maka pointer mouse dapat dijalankan kembali. Namun jika pointer mouse benar-benar macet atau berjalan tidak normal bukan karena program komputer yang bermasalah, bisa dipastikan bahwa mouse Anda mengalami kerusakan. Masalah tersebut kemungkinan besar terjadi karena banyak debu di bagian bawah mouse maupun mouse pad tersendat oleh kotoran dan debu. Hal ini khususnya apabila Anda memiliki mouse jenis laser maupun optical mouse. Tips jitunya adalah dengan membersihkan debu yang ada di bawah mouse dan jaga mouse pad dalam keadaan bersih selalu.

Jika bukan debu masalahnya, lakukan pemeriksaan mulai dari konektor mouse apakah terpasang dengan baik pada komputer atau apakah driver sudah terinstal dengan benar. Kemungkinan kabel yang terputus juga bisa terjadi. Khusus untuk driver jika bermasalah Anda bisa install ulang.

Pointer mouse yang bisa bergerak namun meloncat-loncat
Salah satu masalah yang cukup menjengkelkan, terutama saat kita sedang melukan pengetikan. Pada kondisi ini tentu saja pengguna tidak bisa mengoperasikan mouse secara tepat dan presisi. Permasalahan ini sebenarnya bisa terjadi karena beberapa hal, namun yang paling umum adalah karena gangguan maupun kotornya komponen bola mouse. Komponen bola ddalam mouse tersebut sering kali bersentuhan dengan mouse pad yang tidak selalu bersih. Tips mengatasinya adalah dengan mengeluarkan bola mouse dan membersihkannya.

Tombol mouse yang bermasalah
Tombol mouse berarti adalah klik kiri dan klik kanan atau klik kursor. Sering kali fitur ini mengalami kerusakan, baik kurang merespon, terlambat maupun ada kesalahan lain seperti satu kali klik namun justru merespon seperti dua kali klik. Permasalahan ini lantaran Push Button-nya yang sudah lemah. Atau bisa juga Anda melakukan pengecekan sendiri dengan membuka sekrup mouse pada bagian bawah, lalu coba periksa posisi tombol kiri atau kanan karena kemungkinan ada yang mengalami selip. Saat ini juga tersedia aplikasi utility untuk membantu meminimalisir kesalahan mouse, diantaranya adalah Mousefix. Aplikasi mini ini sanggup memonitor klik mouse Anda supaya tidak 'salah' ketika meng-klik. Atau jika solusi diatas belum juga membuahkan hasil, sepertinya Anda memang harus mengganti dengan mouse baru.

Lampu indikator mouse yang aktif menyala namun kursor tidak bergerak
Permasalahan ini pada umumnya disebabkan oleh mouse yang rusak karena kabel salah satu mouse yang putus karena tertarik maupun karena penyebab lain. Jika Anda berani, Anda bisa melakukan perbaikan sendiri yang sebenarnya cukup mudah. Cukup lakukan pemotongan pada bagian ujung kabel mouse yang mendekati mouse tersebut, bukan ke arah konektor USB. Langkah kedua tentunya adalah kupas kabel dan lekukan test menggunakan alat multitester. Pastikan Anda menghubungkan beberapa kabel mouse menggunakan multitester, dengan aturan voltage=biru, data=hijau, abu-abu=clock, dan merah=ground. Segera saja ganti kabel USB yang mengalami kerusakan menggunakan kabel yang baru, harganya cukup murah. Atau bisa juga menggunakan kabel lama namun sudah diperbaiki seluruhnya dan sudah tersambung pada bagian yang putus.
Jika Anda membuka kabel pada bagian yang mengarah ke konektor USB tentu Anda harus mengurutkan PCB mouse tempat kabel USB. Untuk menghindari kesalahan pemasangan bisa menggunakan multitester kembali,

Kursor tidak bisa berfungsi namun klik normal
Masalah ini kemungkinan besar adalah karena optik mouse yang rusak. Segera saja bongkar mouse cari optik mouse yang berbentuk seperti LED (lampu kecil) dan lebih baik langsung mengganti optik dengan optik mouse lain yang masih normal. Pastikan jangan terbalik memasangkannya karena terdapat plus (anoda) dan min (katoda).

Demikian beberapa ulasan jenis kerusakan pada mouse dan tips perawatannya. Semoga bermanfaat.

Sumber : http://portal.paseban.com/article/140991/cara-memperbaiki-mouse
Anda Ingin Belajar MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV BERBAGAI MERK ??? inilah yang harus Anda Perlukan, EBOOK PETUNJUK MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV LENGKAP

3 comments:

Putri Zaza said... February 10, 2014 at 5:03 PM

mantab banget gan artikelnya, jadi gak boros nie, coz saya sering banget mouse rusak TOA

Zhay Rochim said... February 10, 2014 at 5:19 PM

Info yang sangat membantu sekali ini, cuma sayang kasus kerusakan mouse saya belum ada di sini yaitu scrolling mouse yang kurang baik, padahal sudah coba bongkar tapi tetap aja masalahnya. Ntar kalo ada pembahasan soal itu jangan lupa infokan ya sob, pake TOA juga boleh biar kedengeran :)

umrohmudahdanmurah said... February 15, 2014 at 11:22 AM

artikel yang menarik, mohon do'anya, semoga saya bisa segera untuk Umroh dan haji ke baitullah... i like umroh murah.

 
Top